Cara Mengatasi Mobil Mogok yang Tidak Bisa Dihidupkan

Mobil mogok memang terkadang bikin sebel, apalagi terjadinya mobil mogok pada saat-saat yang genting misalnya ketika mobil mau dipakai. Nah jika sobat Guru Otomotif mengalami hal ini maka jangan panik apalagi emosi, mohon bersabar karena ini ujian, dan silahkan baca artikel ini sampai selesai kemudian praktekkan, jika berhasil maka alhamdulillah. Yaps, kali ini Guru Otomotif akan memberikan sebuah tips atau ilmu berkaitan dengan cara mengatasi mobil mogok yang tidak bisa dihidupkan. Baiklah langsung saja simak artikel berikut ini.

Mobil mogok disebabkan karena banyak hal, sebelum kita memvonis penyebab dari mobil mogok, kita harus mengidentifikasi dulu atau memetakan troubel agar dapat dicari penyebabnya dan kita dapat memperbaikinya.

Gambar Ilustrasi mobil mogok

Apakah Stater Bisa Dioperasikan?
Langkah pertama, apakah mobil sobat dapat distater? Jika staternya macet alias tidak dapat distater maka penyebabnya bisa jadi baterai tekor atau sistem staternya bermasalah. Bunyi stater yang kurang bertenaga bisa menjadi indikator bahwa baterai atau aki sudah tekor, pastikan dengan menuyalakan aksesoris misal lampu sein atau klakson, jika klakson berbunyi lemah atau lampu sein berkedip lemah (redup) maka dipastikan bahwa aki sudah tekor, silahkan charger kembali aki di bengkel atau ganti dengan aki baru. Namun jika bunyi klakson masih keras dan lampu sein berkedip normal dan terang, maka kemungkinan staternya yang bermasalah. Jika demikian silahkan perbaiki terlebih dahulu staternya.

Stater Bisa Dioperasikan Namun Mesin Tidak Hidup
Ini yang juga admin alami pada mobil corolla, bisa distater namun mesin tidak mau nyala atau hidup. Maka berdasarkan pengalaman admin kemarin, cek terlebih dahulu bahan bakarmya apakah masih atau habis. Jika habis minta tetangga silahkan beli bahan bakar bensin dulu lah.
Oke sampai disini saya stop dulu, saya coba jelaskan prinsip penting pada sebuah kendaraan. Ketiga komponen yang wajib ada pada kendaraan bermesin pembakaran dalam:
  1. Ada bahan bakar
  2. Ada pengapian untuk membakar
  3. Timing yang tepat dalam terjadinya pembakaran

Jika ketiga komponen tersebut ada, maka kendaraan bisa hidup. Oleh karena itu jika mobil sobat mogok dan tidak mau hidup, pastikan terlebih dahulu ketiga hal di atas. Caranya sebagai berikut:
Cek apakah bahan bakar ada, seperti yang sudah di bahas di atas. Lihat pada karburatornya (karena mobil yang saya tangani masih berteknologi karburator). ketika saya cek ada bahan bakar atau bensinnya sampai di karburator. Jadi masalah bahan bakar oke. Lanjut ke langkah selanjutnya.
Cek pengapian, caranya buka kabel koil pengapian dan dekatkan dengan massa (jangan menempel). Stater mobil dan lihat adakah percikan bunga api pada kabel tegangan tinggi koil. Jika ada telusuri lagi sampai ke busi. Lepas semua busi pada silinder 1 sampai silinder 4. Tempelkan busi pada massa dan stater kendaraan. Lihat apakah ada percikan bunga api pada celah busi tersebut?

Gambar Busi yang kotor dan perlu dibersihkan dengan amplas

Sedangkan yang saya alami, ada percikan bunga api pada busi namun mesin masih mogok, ternyata percikan bunga api tersebut lemah. Saya cek businya kotor, kemudian saya bersihkan dengan cara diamplas menggunakan amplas halus sampai celah busi (katoda anodanya) menjadi bersih tidak ada jelaganya. Kemudian bersihkan juga lubang busi. Jika sudah pasang kembali busi.

Hasilnya? Jreeng mobil hidup dengan sekali stater, luar bisa. Jadi ada bahan bakar, ada pengapian, dan timing pengapian tidak terlalu bermasalah karena saya tidak mengotak-atik distributor. Misalnya sobat masih bermasalah dan mobilnya tetap mogok, mungkin timing pengapiannya tidak tepat. Caranya stel distributor.
Oya saya juga bersihkan penghantar pada distributor dengan amplas karena sudah kotor, agar tegangan tinggi dapat sampai ke busi dengan maksimal.
Itulah pengalaman cara mengatasi mobil mogok yang tidak dapat dihidupkan. Jika sobat sudah mencobanya dan berhasil silahkan berkomentar ya dan silahkan ditambahkan jika ada yang kurang. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan dibagikan agar bermanfaat untuk orang banyak. Terimakasih.

Label: