Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Elektrik Mirror Kendaraan

Fungsi, komponen dan cara kerja elektrik mirror kendaraan – Semakin banyaknya fitur teknologi tinggi yang dipasang pada kendaraan semakin menambah kenyamanan pengendara ketika mengemudikan kendaraannya, salah satu fitur yang menambah kenyamanan dalam berkendara adalah elektrik mirror atau power mirror. Mungkin sobat Guru Otomotif pernah menggunakannya, biasanya elektrik mirror dipasang pada kendaraan-kendaraan terbaru. Lalu bagaimana cara kerja dan apa saja komponen-komponen elektrik mirror pada kendaraan tersebut?

Elektrik mirror atau power mirror adalah suatu fitur pada kendaraan yang memungkinkan pengemudi mengatur posisi cermin atau kaca spion sesuai dengan yang dikehendaki secara elektrik, dimana pengontrolannya melalui saklar yang terpasang pada panel pintu atau dashboard. Kaca spion yang menggunakan elektrik mirror dapat disetel menggunakan tombol sehingga pengemudi tidak perlu repot-repot mengeluarkan tangannya untuk membetulkan atau mengatur posisi kaca spion mobilnya. Bahkan pada beberapa kendaraan ada yang menggunakan elektrik mirror pada kaca spion tengahnya juga yang terletak di atas pengemudi (untuk melihat bagian belakang mobil). Elektrik mirror ini dapat bekerja tanpa tergantung dengan posisi kunci kontak, artinya walaupun posisi kunci kontak berada pada posisi selain IG maka elektrik mirror dapat digunakan.


Komponen-Komponen Sistem Elektrik Mirror
Sistem elektrik mirror terdiri dari beberapa komponen, diantaranya:
  1. Saklar power mirror yang berfungsi untuk mengaktifkan motor elektrik mirror yang sedang digunakan, saklar ini memiliki 4 posisi yaitu kiri, kanan, atas, dan bawah untuk masing-masing kaca spion kanan dan kiri
  2. Motor elektrik mirror berfungsi untuk menggerakkan tuas penggerak posisi kaca, motor elektrik mirror terletak di dalam spion
  3. Kaca spion dan tuas penggerak digerakkan oleh motor elektrik mirror

Saklar elektrik mirror diletakkan di dashboard dekat dengan pengemudi. Pada saklar ini ada tanda L untuk memilih kaca spion kiri dan tanda R untuk kaca kanan yang ingin disetel. Kemudian setelah kaca spion dipilih (kiri atau kanan) lalu ada saklar berikutnya yaitu tombol untuk menggerakkan kaca spion ke arah kanan, kiri, atas, dan bawah.

Cara Kerja Sistem Elektrik Mirror

Ketika saklar elektrik mirror diaktifkan, maka arus listrik dari baterai akan diteruskan melalui saklar ke elektrik mirror yang dituju. Elektrik mirror kemudian menggerakkan tuas pengontrol posisi kaca. Motor elektrik mirror hanya bekerja ketika saklar ditekan. Dan ketika arus dari baterai yang ke motor tadi dibalik dengan cara menekan saklar elektrik motor pada sisi lainnya maka gerakan dari pengaturan kaca spionnya menjadi berlawanan.

Begitulah cara kerja sistem elektrik mirror, dengan adanya sistem elektrik mirror ini maka pengemudi lebih mudah dalam mengontrol kaca spionnya tanpa harus ‘merogoh’kan tangannya ke luar kaca mobil.
Demikianlah artikel tentang fungsi, komponen dan cara kerja elektrik mirror kendaraan semoga bermanfaat.

Label: