Cara Kerja Sistem Engine Immobilizer Pada Berbagai Keadaan

Cara kerja sistem engine immobilizer pada berbagai keadaan – Kita ketahui bahwa pencuri kendaraan khususnya mobil semakin canggih, dengan berbagai cara mobil yang telah terkunci pintunya pun masih tetap bisa dicuri. Untuk itu berbagai pengembangan teknologi dilakukan khususnya pada sistem keamanan. Dan salah satu hasil pengembangan teknologi pada sistem keamanan adalah sistem engine immobilizer kendaraan. Namun tidak semua kendaraan atau mobil memiliki fitur sistem engine immobilizer ini. Sistem engine immobilizer dipasang guna menunjang keamanan yang lebih pada mobil. Pada prinsipnya, sistem engine immobilizer akan mematikan sistem bahan bakar dan sistem pengapian apabila kunci yang dimasukkan adalah kunci palsu dan bukan kunci asli yang memiliki kode khusus pada chip yang terletak di dalam kunci kontak tersebut. Sebaliknya apabila kunci kontak yang dimasukkan adalah kunci yang sesuai dan kodenya diterima oleh sistem maka mobil dapat dihidupkan.

Komponen sistem engine immobilizer dan wiring sistem engine immobilizer dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Pada artikel sebelumnya Guru Otomotif telah membahas artikel tentang Komponen dan Prinsip Kerja Sistem Engine Immobilizer pada Kendaraan, untuk itu sobat Guru Otomotif yang belum mengetahui komponen-komponen sistem engine immobilizer dan fungsi komponen silahkan baca artikel pada artikel tersebut. Dan kali ini Guru Otomotif akan membahas cara kerja sistem engine immobilizer pada berbagai keadaan. Silahkan dicermati satu persatu beserta gambar cara kerja sistem engine immobilizer berikut ini.

Cara Kerja Sistem Engine Immobilizer Saat Mengaktifkan

Saat kunci kontak pada posisi ACC atau LOCK
Jika kunci kontak diputar dari posisi ON ke posisi ACC atau Lock, maka setelah 20 detik transponder key ECU akan mendeteksi hal ini dari terminal IG, sehingga membuat sistem di dalam engine immobilizer bekerja dan membuat lampu indikator keamanan menyala.

Saat kunci kontak dilepas dari lubang kunci
Pada saat kunci kontak ditarik dari lubang kuncinya, maka saklar peringatan kunci tertinggal tidak akan bekerja. Transponder key ECU akan mendeteksi sinyal ini dan membuat engine immobilizer bekerja sehingga lampu indikator keamanan terus menyala. Perhatikan gambar cara kerja sistem engine immobilizer saat kunci kontak dilepas berikut ini:

Cara Kerja Sistem Engine Immobilizer (Menonaktifkan)
Saat kunci kontak dimasukkan
Ketika kunci kontak dimasukkan ke lubangnya, maka saklar peringatan kunci kontak tertinggal akan bekerja. Transponder key ECU kemudian mendeteksi sinyal ini dari terminal KSW dan melalui terminal VC5 ECU akan mensuplai power ke transponder key amplifier dan meneruskannya ke sinyal operasi melewati terminal TXCT. Dan akibatnya arus mengalir ke transponder key coil dan menghasilkan medan magnet pada sekeliling lubang kunci kontak. Perhatikan gambar cara kerja sistem engine immobilizer pada saat kunci kontak dimasukkan ini.

Saat menonaktifkan sistem engine immobilizer
Dengan adanya medan magnet yang dihasilkan disekitar lubang kunci kontak, maka sinyal kode ID dari transponder chip akan dicatat dan diteruskan ke terminal code dari transponder key ECU. Transponder key ECU kemudian memeriksa kode ID yang diterima dengan kode ID yang sudah didaftarkan. Jika sinyal yang masuk cocok, maka ECU akan meneruskan sinyal ini ke engine ECU dengan menggunakan jalur komunikasi spesial yakni terminal EFIO dan terminal EFII untuk menonaktifkan sistem engine immobilizer. Maka dengan demikian sistem pengapian dan sistem bahan bakar menjadi tidak terkunci. Silahkan lihat gambar cara kerja sistem engine immobilizer saat menonaktifkan.

Mematikan lampu indikator keamanan
Cara kerja sistem engine immobilizer saat mematikan lampu keamanan adalah ketika transponder key ECU menonaktifkan engine immobilizer, maka kedipan lampu kontrol indikator keamanan akan padam. Perhatikan gambar cara kerja sistem engine immobilizer saat mematikan lampu keamanan berikut ini:

Demikianlah artikel tentang cara kerja sistem engine immobilizer pada berbagai keadaan, semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan. 

Label: ,