Tips Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Pada Bodi Mobil

Tips cara menghilangkan bintik-bintik pada bodi mobil – Memang sangat mengganggu pandangan jika ada bintik-bintik pada bodi mobil yang berbentuk lingkaran kecil-kecil pada permukaan cat. Bintik-bintik lingkaran kecil pada bodi mobil ini disebut dengan water spot. Munculnya water spot pada permukaan cat mobil juga dapat menurunkan harga jual mobil tersebut. Bintik-bintik pada bodi mobil tidak muncul begitu saja, tapi ada penyebabnya yaitu air.  Pada beberapa jenis air terlebih di kawasan kota atau pinggir pantai, air lebih berpotensi menimbulkan bintik-bintik pada bodi mobil. Hal ini karena kandungan kalsium dan metalnya tinggi. Ancaman water spot akan semakin tinggi jika air hujan mengandung asam cukup tinggi.

Jika bintik-bintik pada bodi mobil tersebut sudah terlanjur muncul, tentu kita akan berpikir keras bagaimana cara menghilangkannya, hal ini sebagaimana jika kulit wajah kita muncul bintik-bintik entah itu komedo atau jerawat, pasti kita akan berusaha untuk menghilangkannya. Nah pada artikel ini Guru Otomotif akan bahas tips bagaimana cara menghilangkan bintik-bintik pda bodi mobil. Berikut ini caranya:


Langkah yang pertama adalah cuci bodi mobil yang terdapat water spotnya dengan menggunakan air hangat. Lalu bersihkan secara merata mulai dari bodi bagian bawah, engsel lalu ke bagian tepinya. Kemudian cuci mobil dengan sampo khusus yang berbusa rendah. Setelah itu bilas kembali bodi mobil dan lap dengan kain yang jangan kasar, lap hingga benar-benar tuntas. Ingat, jangan menggunakan sampo yang berbusa tinggi untuk mencuci mobil.

Perlu diperhatikan juga tentang pemoles mobil. Banyak pemiliki kendaraan atau mobil yang memoles bodi mobil dengan poles bodi yang berbahan lilin (wax) untuk merawat cat bodi mobilnya. Padahal hal ini dapat merusak cat, jika terlalu sering menggunakan poles bodi yang berbahan lilin maka cat mobil dapat terkikis dan memudar.

Untuk menghindari hal tersebut, hindari produk poles mobil yang mengandung silikon atau amonia silica. Obat poles yang kandungan bahan kimianya dominan justru dapat merusak cat mobil karena bersifat abrasif atau mengikis. Kedua bahan di atas sulit diurai oleh tanah dan air sehingga tidak ramah lingkungan.

Bahan yang baik untuk poles bodi mobil adalah yang berbahan resin yang memiliki kandungan polimer. Bahan polimer berfungsi ganda dan cukup efektif. Selain memberi perlindungan terhadap partikel-partikel yang merusak cat, bahan polimer juga bisa mengkilapkan bodi mobil.

Demikianlah artikel tentang tips cara menghilangkan bintik-bintik pada bodi mobil, semoga bermanfaat.
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Pada Bodi Mobil"

Poskan Komentar