Tips Aman Mengemudi Mobil Saat Hujan Lebat

Hujan lebat di bulan Desember ini  melanda hampir semua wilayah di Indonesia, kondisi hujan yang sangat lebat dapat mengganggu pandangan pengemudi mobil. Selain membuat pandangan pengemudi tidak jelas, hujan lebat juga dapat mengakibatkan jalanan digenangi oleh air dan menjadi licin. Sehingga resiko terjadinya kecelakaan ketika mengemudi mobil saat hujan lebat semakin tinggi. Hal ini membuat pengemudi mobil dihimbau agar selalu berhati-hati dan meningkatkan konsenstrasi, serta memastikan semua hal yang menunjang keselamatan dalam berkendara dan mengutamakan safety riding selama berkendara. Di artikel ini Guru Otomotif akan membahas tips aman mengemudi mobil ketika hujan lebat.

Tips pertama adalah periksa karet wiper pada mobil apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karet wiper berfungsi untuk menyapu air yang menempel pada kaca depan mobil dan terkadang ada mobil yang kaca bagian belakangnya juga dilengkapi dengan wiper.  Jika karet sudah berusia lebih dari satu tahun, maka sebaiknya ganti dengan yang baru. Karena karet wiper yang rusak atau aus tidak dapat menyapu air dengan maksimal, dan ini akan mengganggu pandangan pengemudi mobil.


Tips kedua yaitu periksa ban mobil. Memeriksa ban mobil juga penting dilakukan saat musim hujan seperti memeriksa tekanan angin ban, memeriksa kelayakan ban apakah sudah aus atau masih baik. Hal ini penting dilakukan karena kondisi jalan saat hujan semakin licin dan ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan.

Tips ketiga yaitu periksa sistem penerangan mobil, pastikan lampu kepala masih berfungsi dengan normal. Lampu kepala akan membantu pengemudi melihat kondisi jalanan, selain itu sistem penerangan juga membantu pengendara lain agar mengetahui posisi mobil kita. Jika hujan semakin lebat maka lampu hazard dapat digunakan untuk memberi tanda hati-hati kepada pengendara lain.

Tips keempat yaitu jangan pacu kendaraan dengan sangat cepat. Hal ini karena kecelakaan banyak terjadi ketika pengemudi tidak menyesuaikan laju kendaraan saat hujan lebat. Selain itu sobat Guru Otomotif juga sebaiknya menjaga jarak dengan pengendara lain ketika mengemudi mobil saat hujan lebat. Hal ini karena jarak pandang yang buruk membuat pengemudi kehilangan kendali.

Tips kelima adalah waspada terhadap genangan air, karena pengemudi biasanya tidak tahu seberapa dalam genangan air di jalan tersebut. Terutama hindari pinggir jalan karena bisa jadi ada selokan yang tertutup genangan air yang dapat membuat mobil terperosok jika dilewati.


Demikianlah artikel tentang tips aman mengemudi mobil saat hujan lebat, semoga bermanfaat dan mudah dipahami. Terimakasih!

Label: