Perbedaan Ring Kompresi 1 dan Ring Kompresi 2 Pada Piston Kendaraan

Perbedaan ring kompresi 1 dan ring kompresi 2 pada piston kendaraan – Seorang mekanik harus dapat membedakan ciri-ciri antara ring kompresi satu dan ring kompresi dua pada piston, hal ini karena tak jarang mekanik baik yang sudah pengalaman maupun mekanik baru yang belum tahu atau lupa dalam memasang ring kompresi atas dan ring kompresi bawah. Memang harus teliti dalam membedakan ring kompresi 1 dan 2 agar tidak terbalik. Karena jika terbalik dalam memasang ring kompresi 1 dan ring kompresi 2 dampaknya adalah menurunnya performa mesin kendaraan. Pada motor 4 tak, dampak salah memasang ring kompresi 1 dan ring kompresi 2 dapat menyebabkan motor berasap tebal, karena oli mesin masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama campuran bahan bakar dan udara. Oleh karena itu seorang mekanik harus jeli ketika memasang ring kompresi pada piston atau torak.

Bagi yang belum tahu perbedaan ring kompresi satu dan ring kompresi dua, Guru Otomotif akan mencoba menjelaskan perbedaan kedua ring kompresi tersebut berdasarkan konstruksinya. Dari buku automotive encyclopedia, di gambarkan perbedaan kedua ring kompresi tersebut. berikut ini konstruksi atau bentuk ring kompresi 1 dan ring kompresi 2.


Berdasarkan gambar di atas, dapat kita simpulkan bahwa pada ring kompresi 1 bentuk sisi luarnya tumpul, sedangkan pada ring kompresi 2 bentuk sisi luarnya lebih tajam. Dari situlah kita dapat memahami pula seandainya pemasangan ring kompresinya terbalik yaitu ring kompresi 2 dipasang pada ring kompresi 1, maka oli dapat masuk ke ruang bakar. Oleh karena itu ring kompresi yang bentuknya tajam adalah ring kompresi 2 dimana ia dipasangkan di atas ring oli untuk mencegah oli masuk ke ruang bakar.


Sampai di ini paham kan? Semoga artikel tentang perbedaan ring kompresi 1 dan ring kompresi 2 pada piston kendaraan ini dapat dipahami dengan mudah. Jika sobat Guru Otomotif mempunyai tips lain atau cara lain silahkan disampaikan ke kami melalui komentar di bawah ini agar lebih menambah wawasan para pembaca sekalian. Terimakasih

Label: