Peralatan-Peralatan yang Sebaiknya Disediakan Pada Mobil

Peralatan-peralatan yang sebaiknya disediakan pada mobil – Kita tidak pernah tahu apa yang mungkin bisa terjadi ketika mengemudi mobil, terlebih dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu sebaiknya sebelum melakukan perjalanan dengan mobil biasakan untuk memeriksa semua kondisi mobil, mulai dari tekanan angin ban, kerja rem, kopling, sistem penerangan, klakson, jumlah bahan bakar, dan sebagainya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu pengemudi sebaiknya juga membawa ban cadangan dan beberapa alat lain yang tidak kalah pentingnya walaupun disepelekan banyak pengemudi mobil. Apa sajakah alat-alat yang biasa dibutuhkan pada saat darurat dalam perjalanan menggunakan mobil?

Senter
Senter sangat penting untuk dibawa selama perjalanan menggunakan mobil, walaupun di siang hari. Dan tidak perlu senter yang besar, cukup senter kecil model LED yang sebaiknya dibawa. Senter LED dapat tahan lama dan juga praktis. Hal ini untuk membantu jika terjadi gangguan pada kendaraan di malam hari maupun di siang hari, karena di siang haripun senter dapat membantu jika kita melakukan perbaikan pada komponen mesin bagian dalam yang tidak terjangkau cahaya matahari.


Pengukur Tekanan Ban
Pengukur tekanan ban juga penting untuk dibawa, alat ini berfungsi untuk mengetahui tekanan ban. Pengukur tekanan ban juga mudah didapatkan karena tersedia di pasaran.

Peralatan Ganti Ban
Peralatan-peralatan untuk mengganti ban juga penting di bawa, karena walaupun kita membawa ban serep tapi kalau tidak membawa peralatan ganti ban maka sia-sia saja kita membawa ban serep. Peralatan ganti ban diantaranya adalah dongkrak, kunci pas dan ban serep tentu saja.

Segitiga Peringatan
Segitiga peringatan bermanfaat jika sewaktu-waktu mobil yang dikendarai mogok di tengah jalan atau harus berhenti di pinggir jalan, dengan adanya segitiga peringatan maka dapat memberikan tanda kepada pengendara lain agar hati-hati karena keberadaan kita. Selain itu segitiga peringatan juga memantulkan cahaya lampu sehingga sangat membantu di malam hari untuk menghindari resiko ditabrak pengendara lain.

Buku Manual
Buku manual juga penting dibawa karena untuk mencari informasi berkaitan dengan gejala yang dialami mobil, atau untuk mencari informasi berkaitan dengan spesifikasi komponen-komponen mobil yang rusak. Terlebih buku manual mobil saat ini juga tersedia dalam bentuk pdf yang dapat disimpan di dalam hp dan lebih praktis.

Pisau Lipat Sebaguna
Pisau lipat yang ada obeng kecil, dan lain sebagainya juga perlu di bawa. Misalnya untuk mengendorkan atau mengencangkan baut-baut, memotong kabel pada sistem kelistrikan atau penerangan,dan sebagainya.

Sekering Cadangan
Membawa sekering cadangan dalam perjalanan  juga penting. Sekering akan dibutuhkan saat terjadi konsleting pada rangkaian kelistrikan. Namun sekering yang di bawa juga sebaiknya bermacam-macam kapasitasnya, mulai dari 5 hingga 30 ampere. Hal ini karena kapasitas sekering yang digunakan pada mobil berbeda-beda.

Kabel Jumper dan Selotip
Kabel jumper dan selotip sangat berguna jika terjadi troubel pada sistem kelistrikan atau penerangan. Atau bahkan untuk mendeteksi kerusakan pada mesin EFI juga dibutuhkan kabel jumper. Nah kedua alat ini sebaiknya dibawa dalam mobil.

Kotak P3K
Kotak p3k tentunya harus diisi obat-obatan yang biasa diperlukan seperti anti mual, dan sebagainya. Ini penting untuk dibawa apalagi yang membawa anak-anak dalam perjalanan.
Demikianlah artikel tentang peralatan-peralatan yang sebaiknya disediakan pada mobil, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan silahkan disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Label: