Pakai 3 Cara Terbaik Ini Agar Aki Mobil Anda Lebih Awet


Aki merupakan bagian penting dari mobil. Adanya aki bisa membuat mesin mobil Anda menyala hingga melaju. Maka jika aki mobil Anda mengalami kerusakan, sudah dipastikan mobil Anda tidak akan bisa menyala apalagi melaju dan mengantarkan Anda pada tempat tujuan yang Anda inginkan. 

Lebih dari itu aki juga berfungsi untuk memaksimalkan kinerja mobil Anda. Karena jika terjadi kerusakan pada aki, mogok atau matinya mesin secara mendadak merupakan akibat yang harus Anda terima. Dengan demikian, pastikan Anda merawat aki mobil Anda, dengan 3 cara terbaik yang bisa membuat aki Anda bertahan lebih lama. 3 cara berikut adalah:


1. Sering Periksa Aki Mobil Anda

Service mobil tentu saja merupakan salah satu perawatan bagi mobil Anda. Dengan demikian, pastikan karyawan dibengkel kepercayaan Anda memeriksa aki Anda dan membersihkan aki secara rutin. Dengan demikian aki tidak akan mudah berkarat dan lebih awet. Lakukan pula pengecekan beban penggunaan aki secara berkala, serta jenis perawatan aki lainnya secara rutin. 

2. Pastikan Aki Di Charge Penuh Namun Tidak Over

Cara merawat aki lainnya yang bisa membuat aki bertahan lebih lama adalah dengan memastikan bahwa aki telah di charge penuh sebelum digunakan. Apalagi jika mobil sudah lama tidak digunakan. Jangan sampai menggunakan mobil dalam keadaan aki belum di charge. Namun, jangan berlebihan pula dalam mengcharge aki mobil Anda. Hal ini justru membuat komponen pada aki lebih mudah rusak. 

3. Rutin Memanaskan Mobil

Cara lain yang bisa dilakukan dalam merawat aki adalah dengan rutin memanaskan aki mobil meski sedang tidak akan digunakan. Dengan demikian ini bisa memperpanjang usia aki. 

4. Matikan Komponen Elektronik Lain Pada Mobil Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Sebelum mematikan mesin mobil Anda, pastikan lampu depan, lampu belakang, radio, dll, dalam keadaan mati. Setelah itu baru matikan mesin Anda. Ini juga bisa membantu memperpanjang usia aki Anda

Sebagai peralatan yang memiliki fungsi yang sangat penting, merawat aki tentu saja menjadi satu kewajiban tersendiri bagi Anda pemilik mobil. Apalagi, aki dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi, namun jangan sampai melupakan untuk merawat kondisi mobil secara keseluruhan juga. Dengan demikian apabila kamu dapat merawat mobil kamu dengan baik, hal itu sama halnya dengan menghemat uang Anda sendiri.

Label: