Jenis-Jenis Sirkuit Power Pada Mesin EFI

Jenis-jenis sirkuit power pada mesin EFI – Sirkui power adalah suatu rangkaian yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke ECU (Electronic Control Unit) pada kendaraan atau mesin EFI. Komponen sirkui power EFI adalah sumber tegangan atau baterai, kunci kontak, dan relay utama EFI. Di dalam penggunaannya sirkuit power ada dua jenis yaitu jenis sirkuit power yang arusnya mengalir langsung dari kunci kontak ke relay utama koil EFI untuk mengoperasikan relay utama EFI (tipe ini disebut juga sirkuit power tanpa ISC). Sedangkan tipe kedua adalah sirkuit power dimana ECU mengoperasikan secara langsung relay utama EFI (jenis ini disebut juga sirkuit power dengan ISC valve tipe motor stepper). Kedua jenis sirkuit power tadi akan Guru Otomotif bahas dalam artikel ini dengan rangkaian atau sirkuit kelistrikannya.

Sirkuit Power Tipe Tanpa ISC Valve
Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, sirkuit power tipe tanpa ISC valve ini adalah tipe yang kunci kontaknya dapat secara langsung mengoperasikan relay utama EFI. Jika kunci kontak di ON-kan, maka arus listrik akan mengalir ke koil relay utama EFI dan menyebabkan titik kontak menutup. Kemudian arus listrik disuplai ke terminal +B dan ke +B1 engine ECU. Terminal BATT engine ECU selalu mendapat tegangan dari baterai agar kode diagnosa dan data lain pada memori tidak terhapus jika kunci kontak di OFF-kan. Ada dua jenis sirkuit pada tipe tanpa stepper atau tipe ISC valve ini dan tergantung model kendaraannnya. Berikut ini adalah rangkaian sirkuit power tipe tanpa ISC valve atau tipe tanpa stepper mesin EFI.


Sirkuit Power Tipe ISC Valve
Sirkuit power dengan ISC valve adalah tipe dimana relay utama EFI dioperasikan dari engine ECU. Pada mesin kendaraan dengan stepper motor tipe ISC valve ini, kontrol pengetesan awalnya dilakukan saat kunci kontak OFF. Dan oleh karena itu arus listrik akan dialirkan ke ECU 2 detik setelah kunci kontak di OFF kan. Jika kunci kontak ON maka tegangan baterai akan diteruskan ke terminal IGSW pada ECU, dan sirkuit kontrol relay utama EFI di dalam ECU akan mengirim sinyal ke terminal M-REL pada ECU, sehingga relay utama EFI menjadi ON. Sinyal ini akan menyebabkan arus listrik mengalir ke koil, sehingga titik kontak relay akan menutup dan arus listrik akan mengalir ke terminal +B dan +B1 engine ECU.

Tegangan baterai juga selalu berhubungan dengan terminal BATT ECU, hal ini sama dengan sirkuit power tanpa ISC valve pada model pertama, dan tujuannya adalah agar kode diagnosa dan data lain yang ada di dalam memori tidak terhapus ketika kunci kontak di OFF kan. Berikut ini adalah sirkuit kelistrikan dari sirkuit power dengan ISC valve.

Demikianlah artikel tentang jenis-jenis sirkuit power pada mesin EFI, semoga bermanfaat dan dapat dipahami. Jika ada tambahan atau koreksi silahkan disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih

Label: