Cara Memarkir Mobil Saat Berhenti Darurat di Bahu Jalan

Cara memarkir mobil saat berhenti darurat di bahu jalan  - Terkadang yang namanya musibah tidak terduga, seperti ban bocor atau mogok yang bisa saja terjadi di tengah perjalanan. Bagi pengemudi mobil ketika kendaraannya harus berhenti di pinggir jalan atau di bahu jalan karena mogok atau hal lain, maka sebisa mungkin sebaiknya mobil dibawa ke area yang aman dari pengguna jalan lain. Hal ini di maksudkan agar mobil yang mogok atau berhenti di pinggir jalan tidak tertabrak pengendara lain.

Banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh pengendara mobil yang memarkirkan mobilnya yang sedang mogok di pinggir jalan tanpa memberi tanda, sehingga pengendara lain yang sedang melaju tidak mengetahui adanya mobil yang sedang diperbaiki di pinggir jalan atau di bahu jalan tersebut. Oleh karena itu jika sobat Guru Otomotif mengalami suatu hal ketika sedang mengendarai mobil dan terpaksa mobilnya diberhentikan di pinggir jalan atau bahu jalan untuk diperbaiki, maka perhatikanlah beberapa hal berikut ini agar terhindari dari tertabrak pengendara lain. Tips memarkir mobil saat berhenti darurat di bahu jalan:


  1. Parkirkan kendaraan atau mobil di bahu jalan dengan posisi setengah badan di rumput atau tanah, dan ban sebelah kanan lainnya di bahu jalan. Dan jika memungkinkan tempatkan kendaraan  sepenuhnya di area tanah atau rumput.
  2. Semua penumpang sebaiknya keluar dari mobil, kemudian pindah ke tepi jalan pada tempat yang sekiranya aman, hal ini untuk menghindari terjadinya tabrakan. Terlebih di jalanan kota dimana bahu jalan sering dijadikan jalur cepat untuk pengendara-pengendara sepeda motor yang tidak mau mengantri.
  3. Sebagai tanda bahaya, sebaiknya pasang segitiga pengaman di belakang mobil dengan jarak minimal 25 meter. Hal ini bertujuan agar pengendara lain dari arah belakang tahu akan adanya mobil yang mogok atau dalam kondisi darurat di bahu jalan.
  4. Jika sobat tidak tahu cara memperbaiki kerusakan pada mobilnya, tidak perlu panik dan tunggulah petugas patroli atau carilah bengkel terdekat dengan meminta bantuan orang lain.

Demikianlah artikel tentang cara memarkir mobil saat berhenti darurat di bahu jalan, semoga artikel ini bermanfaat.

Label: