Tips Cara Mudah Troubelshoot Atau Diagnosis Motor EFI Atau Injeksi

Tips cara mudah troubelshoot atau diagnosis motor EFI atau injeksi  - Motor EFI memiliki cara kerja yang kompleks dimana pengaturan jumlah bahan bakarnya dilakukan oleh komputer. Motor EFI tidak sama dengan motor karburator pada umumnya, oleh karena itu perawatan yang harus dilakukan mesin EFI pun berbeda dengan mesin konvensional yang menggunakan karburator. Terkait teori cara kerja mesin EFI, Guru Otomotif telah membahasnya pada artikel cara kerja mesin EFI sepeda motor. Dan kali ini Guru Otomotif akan membahas tips cara mudah trobelshoot motor EFI yang dapat sobat lakukan sendiri di rumah. Karena jumlah pemilik kendaraan EFI saat ini  semakin bertambah seiring banyaknya pabrikan sepeda motor yang mengeluarkan produk sepeda motor berteknologi injeksi ini. Maka dari itu penting untuk mengetahui dasar-dasar dalam mendiagnosis atau troubelshoot mesin EFI agar ketika sepeda motor EFI yang kita gunakan terjadi kerusakan, kita dapat melakukan langkah-langkah perbaikan atau minimal pertolongan pertama sebelum kendaraan dibawa ke bengkel. Berikut ini langah-langkah prosedur pendiagnosisan motor EFI.

Letakkan Sepeda Motor Pada Standar Utama. Kemudian putar kunci kontak pada posisi ON, maka malfunction Indikator Lamp (MIL) akan berkedip. Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau lampu indikator kerusakan ini akan berkedip ketika kunci kontak di ON kan atau pada putaran mesin di bawah 2000 rpm. Dan pada kondisi yang lain, MIL akan hidup atau tetap menyala. Jika MIL berkedip maka catatlah berapa kedipan dari lampu indikator tersebut untuk selanjutnya akan dicari penyebabnya. 


Sedangkan jika MIL tidak menyala atau tidak berkedip, maka sistem EFI dalam kondisi normal. Dan untuk membaca memori EFI untuk menganalisis data kerusakan, maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini:
Untuk membaca data kerusakan EFI yang telah disimpan, maka putarlah kunci kontak pada posisi OFF.
Lepaskan kover utama sepeda motor bagian depan.
Lepas penutup konektor dari data link connector (DLC) atau sambungan data konektor seperti pada gambar berikut ini:

Lalu hubungkan spesial tools ke data link conector tersebut. Lihat gambar berikut ini:

Putar kunci kontak pada posisi ON.
Sampai di sini, jika ECM tidak menyimpan data memori pendiagnosa sendiri, maka MIL akan menyala atau berkedip terus pada saat kunci kontak diputar ke posisi ON.
Kemudian catat berapa kali lampu indikator MIL berkedip dan tentukan penyebab kerusakan tersebut.

Pada sistem EFI, MIL menunjukkan kode-kode kerusakan pada mesin EFI sepeda motor. jumlah kedipannya adalah antara 0 sampai dengan 54. Ada dua jenis kedipan pada MIL tersebut yaitu kedipan pendek yaitu 0,3 detik dan kedipan panjang 1,3 detik. Jika terjadi satu kali kedipan panjang, dan ada dua kali kedipan pendek, maka arti kode tersebut adalah 12. Karena satu kedipan panjang setara dengan 10, sedangkan kedipan pendek adalah 1.
Sedangkan untuk contoh kerusakan-kerusakan pada diagnosis atau troubelshooting sepeda motor EFI dapat sobat lihat pada artikel tentang contoh kerusakan pada sepeda motor EFI dan penyebabnya. Dengan mengetahui cara troubelshooting mesin EFI sepeda motor ini diharapkan kita dapat melakukan perbaikan sendiri sepeda motor EFI. Demikianlah artikel tentang tips cara mudah troubelshoot atau diagnosis motor EFI atau injeksi, semoga bermanfaat dan silahkan dishare. 

Label: