Fungsi Boster Rem Atau Servo Mobil Dan Konstruksinya

Fungsi boster rem atau servo mobil dan konstruksinya – Brake booster atau boster rem atau bahasa bengkelnya yang sering kita kenal dengan servo rem mobil adalah suatu alat yang mekanisme kerjanya dengan mengguakan perbedaan antara kevakuman mesin dan tekanan atmosfir untuk menghasilkan tenaga yang kuat yang proporsional pada tenaga penekan yang berfungsi untuk mengoperasikan rem. Sehingga secara bahasa yang sederhana, fungsi dari boster rem atau servo mobil adalah untuk membantu memberikan tekanan kepada master rem agar pedal rem lebih ringan ketika diinjak. Bayangkan seandainya sobat Guru Otomotif sedang mengendarai mobil namun untuk mengerem harus membutuhkan tenaga yang berlebih, maka jarak pengereman bisa menjadi besar dan tentu akan membahayakan pengendara atau orang lain.

Boster rem menggunakan prinsip vakum yang dihasilkan oleh beragam intake misalnya pada pompa vakum pada mesin diesel.

Konstruksi Boster Rem atau Servo
Konstruksi dari boster rem dapat sobat Guru Otomotif lihat pada gambar berikut ini:

Berdasarkan gambar  di atas, boster rem atau servo terdiri dari beberapa komponen berikut ini:
  1. Batang pengoperasian katup
  2. Batang pendorong
  3. Piston pendorong atau boster piston
  4. Batang boster
  5. Diafragma
  6. Pegas diafragma
  7. Badan katup
  8. Cakram reaksi
  9. Pembersih udara
  10. Penutup badan
  11. Ruang tekanan variable
  12. Ruang tekanan konstan
  13. Katup cek

Tandem Boster Rem
Tandem rem boster adalah suatu alat yang memiliki dua ruang vakum yang berjajar dan memiliki boos power yang besar dan tidak harus menambah ukuran pistonnya. Gambar tandem boster rem adalah sebagai berikut:

Berkaitan dengan cara kerja boster rem atau servo mobil dapat sobat lihat pada artikel Guru Otomotif selanjutnya yaitu tentang cara kerja boster rem atau servo mobil.
Demikianlah artikel tentang fungsi boster rem atau servo mobil dan konstruksinya, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk tidak pelit dalam berbagi pengetahuan, silahkan dishare.

Label: