Cara Setel Servo Atau Boster Rem Pada Mobil

Cara setel servo atau boster rem pada mobil – Servo atau booster rem adalah komponen pada rem yang berfungsi untuk meringankan pengereman dengan cara memberi tekanan pada master rem. Dengan adanya boster rem atau servo maka ketika pedal rem diinjak atau ketika melakukan pengereman menjadi lebih ringan. Dan jika pada sistem rem tidak ada servo atau boster rem maka dalam pengereman akan terasa keras dan kurang pakem. Boster rem atau servo bekerja dengan cara memanfaatkan kevakuman dari intake manifold  pada mesin bensin, sedangkan pada mesin diesel boster rem memanfaatkan kevakuman yang dihasilkan oleh blower yang ada pada dinamo pengisian.  Untuk lebih jelasnya berkaitan dengan cara kerja boster rem mobil, silahkan lihat artikel Guru Otomotif sebelumnya tentang cara kerja booster rem atau servo mobil.

Tanda-tanda atau gejala booster rem mengalami kerusakan diantaranya adalah pedal rem terasa keras ketika diinjak atau ketika dilakukan pengereman, sehingga pengereman tidak maksimal. Selain itu jika seal booster mengalami kebocoran maka akan muncul bunyi desis udara ketika mobil dalam keadaan hidup, baik pada saat rem diinjak maupun saat rem tidak diinjak. Nah mobil sobat mengalami gejala atau tanda-tanda tersebut, maka segera lakukan pemeriksaan pada boster rem atau servo, dan jika kerusakannya berupa seal yang bocor langkah perbaikannya adalah dengan mengganti seal boster tersebut. Selain itu cara perbaikan dari gejala-gejala di atas adalah dengan melakukan penyetelan pada boster rem atau servo mobil. Dan jika tidak dilakukan penyetelan boster rem maka rem bisa macet.

Cara Menyetel Servo Atau Boster Rem
Lalu bagaimana cara menyetel servo atau boster rem pada mobil? Sangat mudah, yakni dengan cara mengatur panjang pendek as pendorong. Setel as pendorong tersebut hingga pas, tidak terlalu renggang dan tidak mendorong master rem. Letak dari as pendorong dapat sobat lihat pada gambar berikut ini:


Selain as pendorong bagian depan, setel juga as pendorong bagian belakang servo, jika masih bingung ini gambar letak as pendorong bagian belakang.


Silahkan atur as pendorong tersebut dengan tangan atau dengan kunci pas, jika sudah lakukan pengujian pengereman dengan cara mengangkat roda ban mobil menggunakan dongkrak, putar roda mobil dan lakukan pengereman sampai rem dapat bekerja dengan baik. Demikian artikel tentang  cara setel servo atau boster rem pada mobil semoga bermanfaat, silahkan dishare

Label: