Cara Mereset Hasil Diagnosis Pada Sepeda Motor EFI

Cara Mereset Hasil Diagnosis Pada Sepeda Motor EFI - Sepeda motor EFI menggunakan sistem injeksi dalam suplai bahan bakarnya, sebagaimana pada mesin mobil yang telah menggunakan sistem EFI. Hanya saja, komponen sensor pada mobil EFI pada umumnya lebih lengkap dari pada komponen sensor pada mesin EFI sepeda motor. Namun untuk prinsip kerjanya hampir sama, dan ketika mesin EFI terdapat kerusakan pun, cara mendiagnosisnya hampir sama, silahkan baca artikel tentang cara troubelshoot atau diagnosis mesin EFI sepeda motor. Setelah sobat mengetahui bagaimana cara mendiagnosis mesin EFI pada sepeda motor, maka sobat juga harus tahu bagaimana cara mereset hasil diagnosis mesin sepeda motor EFI tersebut. Karena dengan mereset hasil diagnosis mesin EFI, maka ECU (Electronic Control Unit) tidak akan lagi menyimpan data kerusakan EFI pada ECU yang dapat mempengaruhi kerja mesin EFI kembali. Kali ini Guru Otomotif akan membahas bagaimana caranya mereset hasul diagnosis mesin EFI sepeda motor.

Dan perlu diketahui, bahwa data memori hasil pendiagnosisan yang sobat lakukan sendiri tidak akan terhapus ketika kabel negatif baterai dilepaskan, hal ini sebagaimana anggapan bahwa untuk mereset hasil diagnosisi mesin EFI cukup dengan melepas kabel negatif baterai saja. Namun cara tersebut sebetulnya tidak menghapus data memori pendiagnosisan mesin EFI sepeda mtor. Lalu bagaimana cara mereset agar data-data pendiagnosisan mesin EFI sepeda motor benar-benar terhapus? Caranya adalah sebagai berikut:

Putarlah kunci kontak ke posisi OFF atau mati.
Lepaskan cover utama bagian depan.
Lepaskan penutup konektor dari data link connector (DLC).
Lalu hubungkan special tool (yakni konektor DLC) ke data link connector.
Kemudian putar kunci kontak ke posisi ON.
Setelah itu lepaskan konektor DLC dari data link connector seperti pada gambar berikut ini:


Hubungkan konektor DLC ke data link connector lagi sementara itu Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau lampu indikator akan menyala selama kurang lebih 5 detik dengan pola penerimaan reset seperti pada gambar di atas.
Data memori pendiagnosisan dengan sendirinya akan terhapus, jika MIL atau lampu indikator mati dan mulai berkedip. Ini menandakan bahwa prosedur mereset data telah berhasil. Bentuk dari pola mereset yang berhasil adalah sebagai berikut:

Data link konektor harus disambungkan atau dihubungkan dengan singkat sementara MIL hidup. Dan jika konektor DLC tidak tersambung dalam waktu 5 detik, maka MIL akan mati dan hidup lagi dengan pola kegagalan seperti pada gambar berikut ini:

Langkah terakhir yaitu matikan kunci kontak dan coba lagi mulai dari langkah 4. Dan perlu diperhatikan bahwa data memori pendiagnosaan sendiri ini tidak akan terhapus jika kunci kontak dimatikan sebelum lampu indikator MIL mulai berkedip.
Demikianlah cara mereset hasil diagnosis pada sepeda motor EFI. Semoga bermanfaat dan mudah dipaham, jika ada kekurangan atau koreksi mohon disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Label: