Fungsi dan Cara Kerja Automatic Hot Air Intake (HAI) System

Automatic hot air intake (HAI) adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengurangi kadar emisi karbon monoksida dan hidro karbon pada gas buang kendaraan. Selain HAI, ada juga teknologi serupa yang semuanya bertujuan untuk mengurangi kadar emisi kendaraan, diantaranya adalah fuel evaporative emission control, sistem throttle positioner, sistem EGR, dan lain-lain.

Fungsi Sistem Automatic Hot Air Intake

Ketika temperatur udara turun (rendah), bensin tidak dapat menguap dengan baik sehingga temperatur udara yang dicampurkan harus dipanaskan terlebih dahulu. Kemudian ketika manifold dan komponen yang lain masih dingin, maka bensin menempel di dinding manifold sehingga campuran yang masuk ke ruang bakar adalah campuran kurus. Untuk mencegah hal ini maka manifold harus dipanaskan agar temperatur mesin normal.


Pada sistem HAI, temperatur udara di deteksi oleh katup intake temperatur compensating (ITC), kemudian secara otomatis akan menentukan udara dingin atau panas (yang dipanaskan oleh exhaut manifold) yang kemudian dimasukkan ke dalam ruang bakar, dan bergantung pada temperatur di dalam intake manifold. Hal ini akan berlangsung terus menerus untuk menjaga agar temperatur pada intake selalu optimal setiap saat. Tujuannya agar bensin mudah menguap ketika suhu dingin, dan waktu pemanasannya dipersingkat, peningkatan kestabilan putaran idling sehingga emisi karbonmonoksida dan hidrokarbon dalam gas buang menjadi rendah.

Cara Kerja Sistem Automatic Hot Air Intake

Ketika suhu pada filter udara dingin (di bawah 26 derajat celcius) maka katup ITC akan tertutup dan katup air control (pengontrol udara) panas akan terbuka, sehingga udara panas akan masuk. Dan ketika suhu pada filter udara panas (lebih dari 43 derajat celcius). Maka lubang udara pada katup ITCakan terbuka, dan katup air control (pengontrol udara) dingin akan terbuka sehingga udara dingin akan masuk. Cara kerja dari sistem automatic hot air intake dapat diringkas pada tabel berikut ini:


Suhu di Filter Udara
ITC Valve
Air Control Valve
Intake Air
Dingin (< 26 o celcius)
Lubang udara tertutup
Lubang udara terbuka
Panas
Panas (> 34 o celcius)
Lubang udara terbuka
Lubang udara terbuka
Dingin

Demikianlah fungsi dan cara kerja Automatic Hot Air Intake (HAI) System yang pada intinya berfungsi untuk mengurangi kadar polusi pada gas buang kendaraan. Sedangkan HAI ini bukanlah satu-satunya sistem yang berfungsi untuk mengurangi kadar polusi namun masih banyak sistem yang lain yang fungsinya sama, dan insyAllah akan di bahas semuanya di Guru Otomotif ini. so tetap kunjungi Guru Otomotif yaa. 

Label: