Cara Cek Mesin EFI Mati Karena Pompa Bahan Bakar Mati

Pernahkah sobat mengalami mesin EFI nya mati padahal semua businya masih berfungsi dengan baik? Nah kali ini Guru Otomotif akan menceritakan pengalaman berkaitan dengan mesin EFI yang mati karena pompa bahan bakar. Jadi ceritanya ketika engine stand yang akan digunakan untuk praktikum siswa mengalami trouble atau masalah yaitu tidak mau hidup. Jika seperti ini sebaiknya cara mendiagnosisnya dengan hal-hal yang sederhana seperti menentukan apakah ada ketiga unsur yang menjadi syarat pembakaran, yaitu adanya bahan bakar, api, dan udara serta waktu yang tepat. Pertama yang kami lakukan saat itu adalah menstarter engine stand dan melihat pada intake yang sepertinya tidak ada bahan bakar setelah dicek dengan menggunakan tangan ketika distarter. Dan untuk meyakinkannya kami coba memancingnya dengan meneteskan bahan bakar ke majun atau kain dan ditempelkan pada intake, sesaat mesin EFI mau menyala dan sebentar kemudian mesin mati kembali, sehingga kita semakin curiga bahwa yang bermasalah adalah pada sistem bahan bakarnya yang tidak sampai ke ruang bakar. Karena sistem pengapian tidak bermasalah yang dapat dibuktikan dengan mesin yang hidup ketika dipancing dengan tetesan bahan bakar pada majun.

Lalu bagaiamana cara mencari tahu letak troubelnya yang pasti dan bagaimana cara memperbaikinya? Nah jika sobat mengalami masalah yang sama dan telah memastikan letak masalahnya ada pada sistem bahan bakar, maka sebaiknya sobat periksa dan cek komponen-komponen bahan bakar pada mesin EFI berikut ini:


Cek Pompa Bahan Bakar

Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan memeriksa kerja pompa bahan bakar, yaitu cukup dengan meng-ON-kan kunci kontak, kemudian apakah ada suara pada tangki bahan bakar (suara pompa bahan bakar) dan rasakan adanya getaran pada tangki bahan bakar sebagai tanda terjadi pemompaan bahan bakar. Jika tidak maka artinya pompa bahan bakar bermasalah. Kemudian cara cek pompa bahan bakar lainya yaitu dengan menghubungkan (menjumper) terminal IG positif  dn terminal fuel pump atau FP pada soket diagnosis EFI. jika bingung mana terminal positif IG dan FP, lihatlah pada tutup kotak diagnosis karena biasanya ditulis lengkap di sana. Setelah di cek dan jika tidak ada tanda-tanda seperti tadi berarti pompa bahan bakar bermasalah.

Cek Bahan Bakar Apakah Sampai ke Ruang Bakar

Langkah yang mudah selanjutnya adalah memastikan apakah bahan bakar atau bensin masuk ke ruang bakar atau tidak, tentu bukan dengan cara membuka ruang bakarnya, cukup perhatikan pada intakenya (seperti karburator di mesin konvensional), jika kering maka artinya bahan bakar atau bensin tidak sampai ruang bakar, cobalah buka salah satu sambungan pada selang bahan bakar, dan ON-kan kunci kontaknya. Jika bensin tidak menyemprot maka artinya bahan bakar tidak dipompa. Maka ada beberapa kemungkinan misalnya: pompa bahan bakar rusak, saringan pada bahan bakar kotor, selang bahan bakar ada yang buntu atau tersumbat, soket-soket atau sistem kelistrikan bahan bakar terputus atau ada yang tidak terhubung. Dan lainnya.

Cek Fuse atau Sekering

Cek fuse atau sekering yang terdapat pada kotak sekering dan biasanya ada di sebelah relay. Pastikan semua sekering masih normal dan tidak ada yang putus.


Cek Relay Pompa Bahan Bakar

Relay pompa bahan bakar letaknya ada di kotak relay dan ada salah satu kabel relay yang terhubung dengan pompa bahan bakar, cek kerja relay dengan cara menghubungkan terminal 85 ke positif dan terminal 86 ke negatif baterai. Pastikan relay masih bisa aktif dengan tanda biasanya bunyi ‘cetik’ atau bunyi kontak relay terhubung. Jika demikian maka relay masih normal dan masalahnya bukan pada relay.

Cek Kabel-Kabel Sistem Bahan Bakar

Periksa kabel-kabel yang menghubungkan pompa bahan bakar hingga ke relay dengan multimeter. Jika tidak ada yang eror alias masih terhubung semua, maka langkah selanjutnya bukalah pompa bahan bakar dengan cara melepas mur-mur pengikat pompa bahan bakar pada tangki bahan bakar. Di sana ada terminal positif dan negatif, periksa juga kerja pompa bahan bakar secara langsung dengan cara menghubungkan terminal positif ke positif baterai dan terminal negatif ke negatif baterai. Jika pompa bahan bakar tidak bekerja memompa alias diam maka dapat di pastikan pompanya bermasalah.


Perhatikan Kondisi Pompa Bahan Bakar

Yang tidak kalah penting yaitu perhatikan kondisi fisik pompa bahan bakar, apakah kotor atau tersumbat oleh kotoran atau bersih. Buka pula selang-selang pada pompa bahan bakar. Dan tiup untuk memastikan selang-selang tidak ada yang tersumbat.


Nah setelah di hubungkan dengan baterai secara langsung pun menunjukkan bahwa pompa bahan bakar tidak memompa, maka langkah terakhir yaitu lakukan penggantian pompa bahan bakar injeksi. Karena dapat dipastikan bahwa pompa bahan bakarnya sudah tidak berfungsi dengan baik alias sudah rusak. Setelah ganti pompa bahan bakar yang baru, cek terlebih dahulu dengan cara menghubungkan terminal positif pompa bahan bakar ke terminal positif baterai, dan menghubungkan terminal negatif pompa bahan bakar ke terminal negatif baterai. Dan jika pompa bekerja yaitu memompa maka langsung saja pasang kembali ke dalam tangki bahan bakar.


Sebagai catatan, ketika kami melakukan penggantian, ternyata model soketnya tidak sama, terminal positif ternyata negatif dan terminal negatif pompa ternyata positif, akibatnya pompa tidak memompa bahan bakar justru menyedot bahan bakar. Maka langsung potong saja kabel terminalnya dan ganti sesuai dengan positif dan negatifnya. Maka dari itu untuk memastikan bahwa pompa benar-benar bekerja adalah dengan memasangnya kembali ke dalam tangki bahan bakar (jenis pompanya adalah pompa bensin yang direndam di dalam tangki bahan bakar) ke dalam tangki bahan bakar. Lalu hubungkan terminal positif pompa bahan bakar ke positif baterai dan sebaliknya seperti penjelasan di atas. Kemudian ON-kan mesin dan bahan bakar akan menyemprot melalui selang bahan bakar, maka artinya pompa bahan bakar tidak ada masalah.

Jika demikian maka pasang kembali pompa dan selang-selangnya jangan sampai ada yang ketinggalan. Jika semua sudah terpasang dengan baik, cobalah ON-kan lagi kunci kontaknya, dan pastikan pompa bahan bakar bekerja dengan baik dengan adanya suara pompa pada tangki bahan bakar. Lalu hidupkan mesin. Dan sukses....

Itulah cara cek mesin EFI mati karena pompa bahan bakar, semoga dapat membantu, dan jika dari sobat ada solusi lain silahkan dishare lewat komentar di bawah ini yaa..

Label: