Masalah yang Sering Dijumpai Pada AC Mobil

Sebagaimana sistem lain pada kendaraan yang mendapat perawatan berkala, sistem AC pada kendaraan atau mobil juga harus diperiksa secara rutin karena jika bermasalah tentu akan membuat kinerja AC mobil tersebut menjadi terganggu bukan? Nah ngomong-ngomong soal kerja AC mobil, pada artikel sebelumnya Guru Otomotif telah membahas cara kerja AC mobil dan sirkulasi freon pada sistem AC kendaraan. Sistem AC juga memiliki beberapa komponen yang jika komponen tersebut terjadi kerusakan maka akan mengganggu kerja sistem AC, silahkan baca di artikel  Guru Otomotif berikut: komponen-komponen AC kendaraan dan fungsinya. Oleh karena itu komponen-komponen pada sistem AC mobil juga harus diperiksa secara berkala.


Dengan melakukan pemeriksaan komponen secara berkala pada siklus pendinginan maka akan dapat mendeteksi jika ada masalah atau trouble yang belum disadari oleh pemilik kendaraan atau mobil. Selain itu pemeriksaan berkala dapat berguna untuk mengetahui lebih awal dan dapat memperbaiki dengan benar, sehingga dapat memperpanjang umur komponen. Cara yang paling mudah untuk menemukan masalah di sistem  AC adalah dengan cara melihat dan mendengarkan sistem AC tersebut. Berikut ini adalah masalah yang sering dijumpai pada sistem AC mobil:

Suara Berisik di Dekat Kompresor AC

Suara berisik yang ada di sekitar kompresor biasanya disebabkan karena bantalan telah aus atau oli pelumas di dalam sistem AC telah berkurang. Cara untuk memperbaiki adalah dengan membongkar kompresor dan lakukan perbaikan atau penggantian bantalan jika perlu. Suara berisik di dekat kompresor AC juga disebabkan karena tidak adanya oli di dalam kompresor AC, maka sebelum membongkar hendaknya memeriksa jumlah oli di kompresor.

Tali Penggerak (Belt) Kendor

Tali penggerak yang kendor dapat menyebabkan slip dan aus, cara memperbaikinya adalah dengan melakukan penyetelan jika belt kendor, atau dengan cara diganti jika belt telah rusak.

Sirip Kondensor dan Evaporator Tertutup Debu Atau Kotoran

Jika sirip-sirip yang ada pada kondensor atau evaporator kotor oleh debu atau kotoran lain, maka akan menyebabkan pendinginan menjadi berkurang drastis. Cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan kotoran dan debu. Ketika membersihkan kondensor atau evaporator menggunakan sikat maka lakukan dengan hati-hati jangan sampai menyebabkan sirip menjadi rusak atau bengkok.

Saringan Udara Tersumbat

Tersumbatnya saringan udara akan mengakibatkan aliran udara berkurang dan kapasitas pendinginan menjadi menurun. Cara memperbaikinya adalah dengan melepaskan saringan udara dan mencucinya sampai kotorannya hilang.

Noda Oli Dapat Dilihat Pada Sambungan Siklus Pendinginan

Adanya noda oli menunjukkan adanya kebocoran di tempat tersebut. Hal ini karena refrigerant yang keluar menjadi bercampur dengan oli dan meninggalkan noda oli. Jika ditemukan noda oli, maka pengencangan ulang perlu dilakukan atau ada komponen yang perlu diganti untuk menghentikan kebocoran. Gasket kompresor dan tempat persambungan pipa biasanya sering terlihat ada noda oli karena ditempat tersebutlah sering terjadi kebocoran, karena itu lakukan pemeriksaan pada tempat atau komponen-komponen tersebut.

Suara Berisik di Dekat Blower

Nyalakan blower pada kecepatan rendah sampai tinggi atau low, medium dan high. Kemudian ganti blower motor jika ada suara berisik atau putaran blowernya tidak nornal. Ada benda lain yang tersangkut dan dapat menyebabkan suara menjadi berisik, pengencangan baut yang kurang sempurna akan mengakibatkan suara menjadi abnormal. Periksa lokasi-lokasi tersebut di atas sebelum melakukan penggantian komponen motor blower.

Memeriksa Jumlah Refrigerant Melalui Sight Glass (Kaca Pengintai)

jika terlihat gelembung yang banyak, artinya refrigerant kurang, caranya adalah menambahkan refrigerant lalu periksa noda oli seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika gelembung sudah tidak terlihat walaupun kondensor disiram air, berarti refrigerant terlalu berlebih, oleh karena itu kurangi lagi refrigerannya sampai jumlahnya tepat. Dan hati-hatilah dalam mengeluarkan refrigrant dari katup servis bertekanan rendah agar tidak terlalu banyak yang keluar atau oli kompresor akan tertiup keluar.

Demikianlah artikel tentang masalah yang sering dijumpai pada ac mobil, semoga bermanfaat ya, silahkan dishare dan jika mau mengcopy harap tuliskan sumber link dari artikel ini. 

Label: