Google Ulang Tahun, Inilah Sejarah Perusahaan Google (Edisi Spesial dari Guru Otomotif)

Hari ini admin agak terkejut dengan halaman home dari google, pasalnya doodle yang tampil adalah tentang ulang tahun, dan ternyata google sendiri yang ulang tahun. Yups, hari ini hari ulang tahun google yang ke 18. Usia yang masih muda jika diibaratkan manusia, namun yang luar biasa adalah walaupun masih muda namun google sudah menunjukkan beberapa prestasinya, dan prestasi tersebut tentu diraih dengan proses yang panjang. Di artikel ini admin Guru Otomotif tidak membahas tentang otomotif dulu, karena di artikel ini admin Guru Otomotif akan kadokan artikel tentang google sebagai ucapan terimakasih dan sebagai artikel spesial atas ulang tahun google ke 18 ini.


Pagi ini Guru Otomotif mengunjungi salah satu laman dari google yang menjelaskan tentang sejarah dari google dari tahun ke tahun, yang setelah admin baca, ternyata hadirnya Google tidak serta merta seperti yang kita kenal saat ini, Google dibangun secara bertahap hingga menjadi perusahaan besar seperti saat ini dengan berbagai produk dan layanannya. Sobat mau tahu juga bagaimana dan seperti apa sejarah Google? beginilah sejarah google:

Tahun 1995
Larry Page (umur 22 tahun) dan Segey Brin (21 tahun) yang bertemu di Stanford. Larry yang merupakan lulusan Universitas Michigan tengah mempertimbangkan tentang universitasnya tersebut dan Larry ditugaskan untuk menemaninya.

Tahun 1996
Larry dan Sergey mulai berkolaborasi dalam membuata mesin telusur yang disebut BackRub yang beroperasi di Stanford dalam waktu lebih dari satu tahun.

Tahun 1997
Pada tahun ini google terdaftar sebagai doain pada tanggal 15 September 1997. Dan kenapa bernama google? Google berasal dari nama permainan groogol, yaitu sebuah istilah matematika untuk menyebut jumlah yang ditunjukkan mulai dari angka 1 yang diikuti 100 angka nol, artinya Larry dan Sergey ingin menunjukkan misi untuk mengelola jumlah informasi web yang tak terbatas.

Tahun 1998
Tahun 1998 meluncurkan Buletin Google Friends untuk menginformasikan tentang perusahannnya kepada para penggemarnya. Kemudian google menghentikan buletin tersebut dan menggantinya dengan blog, Google +, dan berbagai media berita lainnya. pada tahun ini pula PC Magazine memberitakan bahwa Google memiliki bakat yang luar biasa dalam memberikan hasil yang sangat relevan dan mengakui bahwa Google merupakan mesin telusur pilihan pada 100 Situs web teratas pada tahun 1998.

Tahun 1999
Pada tahun ini Google pindah kantor baru di 165 University Avenue di Palo Alto dengan pegawai yang jumlahnya terbatas yaitu delapan orang yang selanjutnya semakin bertambah dengan adanya suntikan modal sebesar 25 juta US dollar dari Sequoia Capital dan Keliner Perknis, John Doerr dan Michael Moritz yang bergabung juga.

Tahun 2000
Google mengumumkan MentalPlex yakni suatu kemampuan Google untuk membaca pikiran pengunjung ketika memvisualisasikan hasil penelusuran yang diinginkan oleh pengunjung. Di tahun ini pula Google memenangkan Webby Award pertamanya. Kemudian versi Google di tahun ini ada 10 bahasa yakni bahasa Prancis, Jerman, Suomi, Swensk, Italia, Spanyol, Portugis, Belanda, Dansk, dan Norsk. Pada bulan Oktober Google meluncurkan Google AdWords dengan jumlah pelanggan ada 350. Progam iklan tersebut menjanjikan aktivitas online dengan kartu kredit, penargetan kata kunci dan adanya masukan kinerja.

Tahun 2001
Tahun 2001 Google menambahkan fitur penelusuran dan perambanan, juga penelusuran gambar diluncurkan pada tahun ini dengan menawarkan akses 250 juta gambar. Lalu pada tahun 2001 ini Google membuka kantor pertama Internasionalnya yang berlokasi di Tokyo Jepang.

Tahun 2002
Pada tahun 2002 Google merilis produk perusahaannya yang pertama yaitu Google Search Appliance, yaitu sebuah kotak kuning yang dapat terhubung ke jaringan komputer bisnis, untuk mengaktifkan kemampuan penelusuran untuk dokumen mereka. Juga Google merilis perubahan besar tentang AdWordsnya termasuk penentuan harga atau biaya per kliknya. Selain itu Google merilis Google API, Google Labs, Google Berita, serta Froggle atau Google shoping.

Tahun 2003
Pada tahun ini Google mengakuisisi Pyra Labs sang pembuat Blogger. Saat itu lebih dari 300 juta orang mengunjungi Blogger setiap bulannya. Dan pada tahun ini lah Google memperkenalkan Google Adsense –yang juga Guru Otomotif minati-, sebuah layanan yang ditargetkan untuk konten baru yang memungkinkan penayang besar dan kecil dapat mengakses jaringan iklan Google yang sangat besar. Selain Google Adsense, Google juga meluncurkan Google Grants dan Google Print atau Google Buku pada tahun 2003.

Tahun 2004
Para tahun 2004 Google meluncurkan Gmail yang pada mulanya hanya undangan saja, dan saat ini telah berkembang menjadi lebih dari 425 juta pengguna Gmail. Pada tahun ini pula Google mengakuisisi Picasa yang membantu para pengguna untuk mengelola serta menampilkan foto secara online. Selain Picasa, Google juga mengakuisisi Keyhole dan meluncurkan Google SMS serta mendirikan Google.org.

Tahun 2005
Bagi sobat yang tertolong dari nyaras dengan adanya Google Maps, maka di tahun 2005 inilah Google Maps dirilis untuk pertama kalinya di Eropa. Dan di tahun 2005 ini pula video pertama tayang di Youtube yang saat itu belum menjadi bagian dari Google.
Google Analytics juga dirilis di tahun 2005 ini, yang berfungsi untuk mengukur dampak situs web dan kampanye pemasaran.

Tahun 2006
Google Finance, Google Terjemahan serta Google Kalender diluncurkan pada tahun ini, Google terjemah tentunya sobat pernah memakai dong untuk menerjemahkan bahasa-bahasa, dan tentunya sangat bermanfaat.

Tahun 2007
Fortune memberitakan bahwa Google berada di peringkat 1 sebagai perusahaan terbaik untuk bekerja selama tiga tahun berturut-turut. Pada tahun ini pula Google menambahkan informasi lalu lintas ke Google Maps. Adense untuk seluler dikenalkan pada tahun ini. Platform Android yang saat ini sangat menjamur juga diperkenalkan di tahun 2007 ini.

Tahun 2008
Progam magang BOLD diluncurkan pada tahun 2008 yang memberi kesempatan kepada para pelajar untuk meningkatkan kemahiran dalam bidang teknologi. Google ternyata juga memberikan layanan berupa berita dan alat online untuk pemilu di seluruh dunia dengan diluncurkannya google.com/election.

Tahun 2009
Jika kemarin kita sedang booming dengan hadirnya hallo google yakni sebuah teknologi perintah suara, sebetulnya pada tahun 2009 Google telah meluncurkan penelusuran google suara di android dan Google Voice, walaupun kita baru menggunakannya pada tahun-tahun 2010 ke atas.

Tahun 2010
Dalam hal sosial, Google memberikan layanan dengan membuat Person Finder yang digunakan untuk membantu orang-orang mencari korban pada bencana gempa di Haiti. Dan teknologi tersebut juga dipakai pada bencana-bencana lain termasuk gempa Tohuku dan Tsunami di Jepang.  Sayangnya admin tidak tahu apakah di Aceh juga dibantu dengan teknologi tersebut oleh Google atau tidak. Pada tahun 2010 ini Google mengakuisisi AdMob yang merupakan perusahaan iklan bergambar seluler.

Tahun 2011
Pada tahun 2011 meluncurkan Google Art Project yang dapat membawa kita melakukan tur virtual ke beberapa musium di dunia. Dan jika sobat mengenal ice cream sandwich untuk android, maka di tahun ini andorid 4.0 tersebut di luncurkan dan membuat andrid semakin menarik.

Tahun 2014
Pada tahun 2014 android market berubah nama menjadi Google Play seperti yang kita kenal saat ini, dengan Google Play tersebut kita dapat menemukan berbagai aplikasi, game, buku, dan hal lainnya. Google Drive juga diluncurkan pada tahun 2014, sebuah alat yang dapat memungkinkan kita membuat, dan menyimpan file ke dalam satu tempat, dan ini sangat bermanfaat terlebih bagi seorang pelajar atau mahasiswa.

Tahun 2013 dan Tahun 2014
Pada tahun 2013 ini aplikasi Google Maps diluncurkan untuk ponsel cerdas dan tablet.  Sehingga aplikasi Google maps dapat diakses dengan mudah melalui ponsel. Andorid Kitkat diluncurkan pada tahun 2013 sedangkan pada tahun 2014 Google meluncurkan android Lollipop.

Dan itulah perjalanan sejarah Google dan hingga kini Google tetap eksis. Semoga Google semakin baik dalam memberikan layanan serta manfaat kepada masyarakat dunia dengan berbagai produk serta kegiatan sosialnya. Selamat ulang tahun Google ke 18, Suskses Selalu.


Referensi: http://www.google.co.id/about/company/history/

Label: