Cara Kerja Generator Pulsa Tipe Hall Effect atau Efek Hall

Generator pulsa atau penghasil pulsa tegangan adalah salah satu komponen penting pada sistem pengapian full elektronik yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan ON dan OFF untuk mengontrol kerja transistor. Komponen lain dari sistem pengapian full elektronik yaitu igniter atau transistor yang berfungsi untuk mensuplay dan memutus arus ke kumparan primer, koil berfungsi untuk menaikkan tegangan dari baterai menjadi tegangan tinggi yang akan disalurkan ke busi, distributor berfungsi untuk mendistribusikan tegangan tinggi dari koil ke masing-masing busi sesuai dengan firing order. Komponen terakhir busi yang berfungsi untuk menghasilkan bunga api.

Pada artikel sebelumnya Guru Otomotif sudah membahas model lain dari generator pulsa yaitu tipe induktif, sobat dapat membacanya pada artikel cara kerja generator pulsa tipe induktif. Dan pada artikel ini Guru Otomotif akan membahas cara kerja generator pulsa tipe efek hall. Generator pulsa tipe efek hall dapat digambarkan sebagai berikut:


Cara Kerja Generator Pulsa Tipe Efek Hall

Jika bahan semikonduktor tersebut dialiri arus listrik dari arah kiri ke kanan dan semikonduktor tersebut ada dalam suatu medan magnet, maka pada arah tegak lurus dari aliran arus tersebut akan muncul tegangan yang disebut dengan tegangan hall Vh. 


Jika medan  magnet yang ada di sekitar semikonduktor tadi dihilangkan, maka tegangan yang tegak lurus terhadap arus juga akan hilang. Medan magnet tersebut dihalangi oleh plat logam sehingga tidak melewati semi konduktor (dalam hal ini Vh=0). Jika bilah logam dihilangkan maka medan magnet bisa melewati semikonduktor dan Vh ≠ 0. Dan jika logam secara teratur melintasi medan magnet maka tegangan hall akan muncul dan akan hilang membentuk suatu pola atau pulsa tegangan kotak-kotak. Pulsa tegangan ini yang digunakan untuk memicu rangkaian transistor untuk menghubung dan memutus arus primer pada koil.

Generator pulsa model efek hall ini memiliki tiga terminal atau kabel. Satu kabel adalah sebagai sumber arus untuk dialirkan ke bahan semikunduktor yang ada di dalam sistem hall. Satu kabel lagi adalah output tegangan, dan kabel ketiga sebagai ground. Demikian artikel tentang cara kerja generator pulsa tipe hall effect atau efek hall, semoga menambah wawasan kita tentang otomotif.

Label: