Cara Kerja Generator Pulsa Tipe Cahaya atau Model Iluminasi

Generator pulsa tipe cahaya atau model iluminasi memanfaatkan cahaya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan phototransistor sehingga menghasilkan sinyal tegangan, sinyal tersebut kemudian diperkuat lagi oleh penguat sinyal (amplifier) untuk memicu kerja transistor. Sebelum membahas generator pulsa tipe cahaya lebih lanjut, kita sedikit akan mereview apa itu generator pulsa. Generator pulsa atau penghasil pulsa atau nama lainnya lagi adalah generator sinyal tegangan berfungsi untuk menghasilkan sinyal tegangan ON dan OFF. Generator pulsa ini adalah komponen pengganti platina, jika pada sistem pengapian semi elektronik, sinyal untuk memicu kerja transistornya menggunakan platina. Sedangkan pada sistem pengapian full elektronik ini sinyal untuk memicu kerja transistor menggunakan generator pulsa.

Prinsip Kerja Generator Pulsa Tipe Cahaya

Ketika transistor aktif atau ON, maka arus akan mengalir melalui kumparan primer koil sehingga akan terbentuk suatu medan magnet di koil. Ketika transistor tidak aktif atau OFF, maka arus primer terputus secara tiba-tiba sehingga medan magnet juga hilang dengan tiba-tiba dan menyebabkan terjadinya induksi tegangan tinggi di kumparan sekunder koil.


Sumber cahaya pada generator pulsa tipe cahaya biasanya berasal dari dioda bercahaya seperti LED yang menghasilkan sinar infra merah. Lalu cahaya tersebut diterima phototransistor yang bisa aktif ketika terkena cahaya. Untuk menghalangi agar phototransistor menjadi OFF atau tidak aktif, maka digunakan rotor yang berbentuk bilah-bilah yang memiliki celah sebesar sudut dwell.

Jika cahaya tidak terhalangi (mengenai phototransistor), maka terjadi aliran arus pada kumparan primer koil, dan hal ini identik dengan ketika platina menutup pada sistem pengapian konvensional. Sementara ketika cahaya terhalangi oleh bilah rotor maka hal ini identik dengan saat platina membuka dan arus primer koil terputus pada pengapian konvensional.

Cara Kerja Generator Pulsa Tipe Cahaya

Untuk memudahkan dalam memahami cara kerja generator pulsa tipe cahaya, silahkan perhatikan gambar berikut ini:

Berdasarkan rangkaian pada gambar di atas, cara kerja generator pulsa tipe cahaya adalah sebagai berikut: ketika cahaya mengenai phototransistor, maka phototransistor akan menjadi aktif sehingga transistor 1 dan transistor 2 menjadi aktif. Keadaan ini menyebabkan transistor 3 menjadi tidak aktif atau OFF sehingga transistor 4 menjadi ON. Maka dengan demikian arus dari baterai akan mengalir ke kumparan primer koil dan menyebabkan munculnya medan magnet pada koil. Ketika bilah rotor menutupi cahaya, phototransistor menjadi tidak aktif atau OFF sehingga transistor 1 dan transistor 2 menjadi OFF. Hal ini mengakibatkan transistor 3 menjadi ON sehingga transistor 4 menjadi OFF. Karena transistor 4 OFF maka arus primer pada koil menjadi terputus secara tiba-tiba dan menyebabkan medan magnet pada koil hilang dengan tiba-tiba. Adanya perubahan garis gaya magnet pada koil dengan sangat cepat menyebabkan terjadinya tegangan tinggi pada koil dan kemudian diteruskan ke distributor lalu ke busi sesuai dengan urutan firing order.

Demikianlah artikel tentang cara kerja generator pulsa tipe cahaya atau model iluminasi, semoga mudah dipahami dan bermanfaat. 

Label: