Cara Cat Helm Sendiri Menggunakan Pilox

Jika sobat bosan dengan tampilan helm yang sobat miliki, tak perlu untuk membeli helm baru. Karena akan lebih menyenangkan jika kita dapat mengecat helm sendiri menggunakan pilox sesuai dengan keinginan dan kreativitas kita sendiri, sehingga helm kita akan tampil lain dari yang lain. Lalu bagaimana caranya serta apa saja alat dan bahan yang mesti disiapkan sebelum mengecat helm sendiri menggunakan cat pilox? Berikut ini Guru Otomotif akan sajikan artikelnya berdasarkan pengalaman admin sendiri dalam mengecat helm menggunakan cat semprot alias cat pilox.


Alat dan Bahan Untuk Cat Helm

Sebelum memulai pengecatan helm menggunakan pilox, ada beberapa alat dan bahan yang harus sobat persiapkan, diantaranya:
  1. Helm yang akan dicat tentu saja
  2. Cat pilox
  3. Clear
  4. Amplas paling kasar dan amplas paling halus
  5. Masking tape atau solasi kertas
  6. Mal tulisan atau hiasan




Cat pilox yang admin gunakan waktu itu ada dua, yaitu silver metalik sebagai warna dasar, kemudian biru metalik untuk warna tambahannya (hiasan). Clear disini berfungsi untuk mengkilapkan permukaan helm, clear diaplikasikan diakhir pengecatan setelah pewarnaan selesai. Sedangkan amplas digunakan untuk menghilangkan warna dasar helmnya, sehingga sebelum disemprot dengan cat pilox, permukaan helm sudah benar-benar bersih dari cat dasarnya. Bahan selanjutnya yaitu masking tape atau solasi kertas yang berfungsi untuk menutup area yang tidak dicat sehingga bagian tersebut tidak terkena semprotan cat. Yang terakhir yaitu mal tulisan atau hiasan ini hanya pelengkap saja, jika sobat ingin memberikan sentuhan atau ciri khas pada helm, maka buatlah mal menggunakan kertas karton misalnya, dan admin sendiri membuat mal yang bertuliskan nama admin sendiri, haha.


Itulah beberapa bahan yang perlu disiapkan dahulu sebelum melakukan pengecatan helm menggunakan pilox. Semua alat dan bahan di atas dapat sobat beli pada toko cat mobil, karena berdasarkan pengalaman jika membeli di toko material bangunan, akan sulit menemukan masking tape atau solasi kertas walaupun bahan-bahan lain seperti pilox, amplas bisa didapatkan di toko material.

Jika semua alat dan bahan untuk mengecat helm sudah sobat siapkan, maka langkah selanjutnya adalah action tentu saja. Gimana caranya? Okee langsung saja menuju TKP...

Persiapan Sebelum Pengecatan Helm

Sebelum mengecat ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dahulu, yaitu melepas semua komponen-komponen helm seperti kaca helm, busa pelindung yang terletak di bagian dalam, dan semua hal yang bisa dilepas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses pengecatan helmnya. 


Setelah semua komponen helm dilepas, langkah selanjutnya yaitu menghilangkan warna dasar atau warna asal dari helm tersebut menggunakan amplas kasar. Amplas pelan-pelan sehingga didapatkan hasil yang rapi, jika warna asal helm tersebut sudah hilang, lalu langkah berikutnya haluskan permukaan helm tersebut dengan amplas yang halus. Proses penghalusan permukaan helm menggunakan air atau amplas basah, karena biasanya dalam aplikasinya amplas halus harus menggunakan air, dan berikut contoh hasil helm yang sudah dihilangkan warna dasar atau warna asalnya serta sudah di haluskan.


Setelah warna dasar dari helm tersebut hilang dan permukaan helm yang akan di cat sudah bersih dan halus, maka langkah berikutnya adalah masking helm.

Masking Helm Sebelum Dicat

Pada langkah ini, masih termasuk dalam persiapan sebelum helm dicat. Maksud dari langkah ini adalah melindungi atau menutup bagian-bagian dari helm yang tidak di cat menggunakan masking tape atau solasi kertas, dan jika perlu diberi kertas masking agar penutupannya sempurna. Sebagai contoh bagian yang tidak dicat adalah bagian saluran udara helm, bagian tali helm, dan lainnya. Lakukan pengisolasian dengan rapi agar sewaktu aplikasi pengecatan, semprotan cat tidak terkena bagian-bagian yang seharusnya tidak dicat. Dan berikut ini contoh helm yang sudah dimasking dan siap untuk menuju tahap selanjutnya, yaitu pengecatan.


Pengecatan Helm Menggunakan Cat Pilox

Langkah berikutnya yaitu pengecatan helm dengan menggunakan cat pilox yang sudah dibeli, ada dua macam cat seperti yang sudah dijelaskan di atas, yaitu cat dasar dan cat kedua untuk hiasan.

Aplikasian cat dasar dengan hati-hati, namun perlu diperhatikan, sebelum disemprotkan, kocok terlebih dahulu piloxnya. Kemudian ambil posisi pengecatan yang tegak lurus dengan permukaan yang akan dicat dengan jarak antara 20-30 cm. Kemudian aplikasikan cat atau semprotkan cat secara horizontal, ingat jarak pengecatannya, sehingga dalam aplikasinya tangan akan melengkung mengikuti permukaan helm yang melengkung. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat, untuk percobaan silahkan cat satu kali secara horizontal, lihat hasilnya jika terjadi “ndelewer” alias meleleh catnya, amplas ulang dan ulangi lagi pengecatannya dan tambah kecepatan pengecatannya. Aplikasikan pengecatan 3 kali untuk memberikan hasil pengecatan yang maksimal, karena jika satu kali biasanya cat masih tipis.


Memang sangat susah sekali aplikasi pengecatan, karena benar-benar diperlukan skill dan kelenturan tangan serta percobaan yang berulang-ulang. materi-materi teori tentang pengecatan insyaAllah akan admin share di Guru Otomotif berikutnya sebagai bekal belajar.

Setelah pengecatan warna dasar selesai, keringkan terlebih dahulu, agar hasil maksimal, admin melakukan pengeringan selama kurang lebih 5 jam. Kemudian menuju proses berikutnya yaitu pengecatan hiasan menggunakan warna lain, disini admin menggunakan warna biru. Langkah-langkahnya yaitu: tempelkan mal yang telah dibuat tadi di bagian helm yang ingin dihias, lalu lindungi bagian lain dengan masking tape dan kertas koran atau kertas masking. Jika sudah aplikasikan pengecatan kedua seperti pada pengecatan warna dasar tadi. Ingat sebelum disemprotkan, kocok terlebih dahulu piloxnya. Ingat, jika cat ndlewer atau meleleh berlebih, tidak ada yang bisa dilakukan selain mengamplas ulang dan mengecat ulang, jadi benar-benar harus hati-hati. Jika proses pengecatan sudah selesai (sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu, admin membiarkan helm selama satu hari sebelum ke tahap berikutnya) maka lanjut ke tahap berikutnya yaitu aplikasi clear.

Semprotkan Clear Untuk Mengkilapkan Permukaan

Setelah pengecatan benar-benar sudah kering dan hasilnya bagus tidak ada lelehan cat, maka langkah berikutnya yaitu aplikasi clear untuk mengkilapkan permukaan helm. Mengkilap di sini yaitu helm serasa bisa digunakan untuk berkaca, cahaya akan memantul dengan jelas pada cat yang mengkilap. Cara aplikasinya sama seperti pada tahap pengecatan, dengan arah pengecatan secara horizontal dan tegak lurus dengan permukaan dengan jarak sekitar 20-30 cm. Aplikasikan clear selama 3 kali untuk hasil yang maksimal, ingat jangan terlalu lama atau tebal karena clear juga bisa meleleh atau dlewer dan akan merusak pengecatannya alias sia-sia harus diulang dari amplas.


Jika proses aplikas clear sudah selesai, keringkan helm dengan cara dijemur selama satu hari agar hasilnya maksimal. Jika sudah selesai maka lanjut ke tahap terakhir.

Lepas Masking Tape dan Pasang Komponen Helm

Selamat, sobat sudah menyelesaikan pengecatan dan kini saatnya melihat hasil akhir pengecatannya, tahap terakhir yaitu lepas semua masking tape, bersihkan semua permukaan dan komponen helm, lalu pasang kembali komponen tersebut. dannnn violaa... helm sobat sudah berubah tampilannya sesuai dengan yang sobat inginkan. Jika masih ada cacat pengecatan bagaimana? Ya itu wajar, kecuali jika sobat sudah ahli dalam hal pengecatan body mobil atau sejenismya. Jangan kecewa jika masih ada yang cacat dan kurang sempurna dengan hasilnya, karena admin pun belum mahir dalam pengecatan menggunakan pilox.

Baik cukup sekian dulu artikel tentang cara cat helm sendiri menggunakan pilox, jika ada yang kurang atau mau mengkoreksi berdasarkan pengalaman sobat sendiri silahkan via komentar ya. Semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: