Tips Menjual Mobil Bekas Agar Harganya Tinggi

Bosan memang salah satu sifat manusia, termasuk salah satunya kepada mobil. Untuk mengatasi rasa bosan pada mobil biasanya pemiliki mobil akan menjual mobilnya dan menggantinya dengan yang baru atau tukar tambah, namun bagi yang memiliki dana lebih mungkin bisa mengatasi rasa bosan dengan melakukan modifikasi mobilnya. Nah bagi yang ingin menjual mobilnya atau hendak menjualkan mobil milik orangtuanya, saudaranya, tetangganya atau temannya bisa lakukan beberapa tips berikut ini tentang bagaimana cara menjual mobil bekas agar harganya tinggi, sehingga pemilik mobil tidak mengalami kerugian yang banyak dengan menjual mobil bekasnya. Bagaimana tipsnya? Simak baik-baik yaa.


Jagalah Penampilan Mobil

Menjaga penampilan mobil sangat penting termasuk penampilan bodi mobil, karena hal yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli mobil biasanya adalah tampilan luarnya alias bodi mobilnya. Sehingga dengan menjaga penampilan mobil dapat mempercepat mobil yang dijual cepat laku dan dapat mempertahankan harganya tetap tinggi. Maka bagi sobat yang hendak menjual mobil bekas sebaiknya bersihkan mobil secara menyeluruh agar dapat memberi kesan bahwa mobilnya baru. Jadi meskipun mobilnya sudah berumur tahunan namun paling tidak dapat memberikan penampilan yang terlihat baru dengan cat bodi yang masih terlihat baru dan bagus. Selain bodi, bagian pelek atau roda juga perlu mendapatkan perhatian. Pelek yang bersih dan kondisi ban yang masih bagus juga dapat memaksimalkan penampilan luar mobil. 

Dan jangan lupa kaca-kaca mobil juga harus diperhatikan termasuk karet-karetnya apakah ada yang putus atau bahkan hilang. Karena karet-karet mobil sangat penting dalam menjaga kedapnya kabin mobil, dimana karet pada kaca mobil maupun pintu mobil dapat mencegah air masuk ke dalam kabin mobil dan juga mencegah suara bising diluar masuk ke dalam kabin.

Memeriksa Kondisi Komponen Mobil

Selain penampilan luar mobil, hal yang harus diperhatikan tentunya adalah komponen-komponen pada mobil, seperti komponen pada mesin. Misalnya sistem AC apakah masih bekerja dengan baik, sistem kelistrikan mobil, sistem penerangan apakah lampu-lampunya ada yang mati, sistem pendingin mobil apakah masih nornal dan dapat menjaga temperature mobil. Yang lebih penting lagi adalah sistem starter. Dan biasanya calon pembeli juga akan melakukan tes starter ketika melihat-lihat mobil yang hendak dibelinya. Jika sekali starter mesin mobil langsung jreng hidup maka calon pembeli tentu akan senang, sebaliknya jika mesin mobil susah hidup meski distarter berkali-kali akan membuat calon pembeli ragu untuk membeli.

Jadi sebelum menjual mobil bekas, periksa terlebih dahulu komponen-komponen pada mobil di atas, dan jika ada kerusakan pada beberapa komponen sistem mobil sebaiknya perbaiki terlebih dahulu bahkan jika perlu diganti kalau memang tidak bisa diperbaiki. Sehingga calon pembeli akan senang karena kondisi mobilnya masih prima dan harga mobil pun dapat melambung tinggi.

Cek Harga Mobil di Pasaran

Tips berikutnya adalah sobat perlu untuk cek harga mobil di pasaran mobil bekas. Cara cek harga mobil di pasaran sangat mudah dan bermacam-macam, sobat dapat melihat di internet misalnya di toko online atau di koran, atau bisa melihat-lihat tempat yang biasa dipakai jualan mobil bekas. Dengan mengetahui harga pasarannya, maka sobat dapat mematok harga mobil bekas yang hendak dijualnya, sehingga tidak terlalu tinggi yang dapat menyebabkan mobil sulit laku, atau bahkan terlalu murah yang dapat menyebabkan kerugian. Oleh karena itu sebelum menjual mobilnya cek terlebih dahulu harga pasarannya.

Cara Menjual Mobil yang Cerdik

Tips selanjutnya setelah tahu harga pasaran mobilnya, tentu langsung action untuk menjual mobilnya. Cara menjual mobil yang cerdik adalah dengan memanfaatkan segala media yang gratis. Sobat dapat memanfaatkan fasilitas toko online yang gratis yang saat ini banyak sekali memberikan fasilitas jual beli online. Selain toko online sobat juga dapat menjual mobilnya melalui akun media sosial yang ada seperti fb, bbm, wa, twitter, instagram dan lain sebagainya. Untuk menjual di sosial media maupun toko online, pastikan foto mobil dengan kualitas yang bagus dan dari sudut pandang yang bermacam-macam serta berilah keterangan kondisi mobil yang selengkap-lengkapnya sehingga bisa meyakinkan calon pembeli dan menambah daya tarik.

Selain melalui internet, menjual mobil juga bisa menggunakan cara manual dengan memarkir mobil di pinggir jalan atau halaman rumah dengan memberi tempelan “Mobil Dijual”, atau mengikuti pameran mobil bekas atau pasar mobil bekas yang biasanya ada ditiap kota. Dengan melalui beragam pemasaran akan membuat mobil cepat laku dari pada hanya menggunakan salah satu cara saja.

Jujurlah Sebagai Penjual Mobil

Tips yang terakhir adalah jujur dalam menjual mobil, jangan sekali kali menjual mobil dengan mengatakan A padahal B. Selain tidak jadi berkah dan dilarang dalam agama, menjual mobil dengan jujur dapat menghindari komplain dari si pembeli di kemudian harinya.

Dan jika memang ada kerusakan pada komponen mobil katakan saja, misalnya baterai sudah tekor dan harus diganti, atau bodi bagian belakang ini ada bekas tabrakan dan belum sempat dicat ulang, dan sebagainya. Dengan begitu pembeli mobil akan tahu dan dapat menerimanya jika memang pada akhirnya membeli. Jangan takut tidak laku sehingga kerusakan harus ditutup-tutupi. Sebaiknya ceritakan semua kondisi mobil apa adanya kepada calon pembeli.

Itulah beberapa tips menjual mobil bekas agar harganya tinggi, semoga dapat membantu sobat yang hendak menjual mobilnya atau menjual mobil orang lain. Adakah dari sobat yang sudah pernah menjual mobil? Silakan bisa berbagi caranya atau tipsnya melalui komentar di bawah.. 

Label: