Sepeda Motor Berbahan Bakar Air, Hanya 1 Liter Air Mampu Menempuh 500 Km

Berbagai kreasi dan inovasi dilakukan banyak orang untuk menemukan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Seperti yang kita ketahui bahwa pencemaran udara kita saat ini sudah semakin parah, dan salah satu produsen polusi tersebut adalah kendaraan yang jumlahnya semakin hari semakin meningkat. Laju pertumbuhan populasi kendaraan bahkan lebih besar dari pada laju pertumbuhan populasi kuda. Jika kuda memerlukan waktu berbulan-bulan untuk dapat melahirkan kuda baru, maka kendaraan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit bahkan beberapa detik (pada produsen kendaraan terkenal) untuk menghasilkan kendaraan baru.


Masalah lainnya adalah penggunaann BBM yang semakin banyak sementara persediaan BBM di bumi semakin habis, membuat harga BBM semakin mahal. Dari itulah kemudian banyak orang berpikir keras hingga menemukan alat-alat canggih seperti yang dilakukan pria asal Sao Paulo Brasil ini. Dialah Richardo Azevedo yang melakukan inovasi pada motornya. Inovasi yang dilakukan Richardo adalah sepeda motornya tidak lagi memakai bahan bakar bensin atau BBM melainkan menggunakan air. Ya, dengan air sebagai bahan bakar utama bukan tambahan kok bisa?  Berikut ini Guru Otomotif akan beberkan rahasianya.

Inovasi sepeda motornya tersebut diberi nama ‘T Powe H20’. Dengan teknologi hasil kreasinya tersebut, sepeda motornya dapat melaju hingga 500 kilometer hanya menggunakan 1 liter air. Luar biasa. Bahkan yang lebih mencengangkan lagi adalah yang digunakan bukan hanya air bersih, tapi air yang tercemar limbah pun bisa digunakan. Richardo menggunakan air limbah yang berasal dari Sungai Tiede.


Inovasi T powe H20 tersebut menggunakan baterai atau aki untuk menghasilkan listrik dengan air sehingga memisahkan hidrogen dari molekul air. Dan hasilnya adalah pembakaran bukan berupa asap karbon lagi, namun hasilnya adalah uap air. “Kelebihan dari motor ini, asap yang dihasilkan bukan bensin yang menghasilkan karbon monoksida (polutan). Melainkan uap air,” jelas Richardo.

Teknologinya tersebut awalnya sempat mengundang keraguan dari pengamat yang mengatakan bahwa mesin sepeda motor sudah dimodifikasi dulu. Namun hal tersebut dibantah ketika seorang profesor kimia dari Universitas Sao Paulo, Emesto Gonzales menjelaskan bahwa yang dilakukan Richardo adalah penemuan yang masuk akal. Cara kerja teknologi inovasinya tersebut adalah air yang melewati mesin motor dengan bantuan baterai yang menghasilkan pembakaran, tidak akan bermasalah dengan mesin motor.

Penemuannya tersebut juga sudah ditawarkan ke pabrikan kendaraan. Richardo sudah melakukan kontak dengan pabrik motor untuk menguji dan siap dijelaskan bagaimana cara kerjanya sepeda motornya tersebut. Richardo berharap ada produsen motor yang mau memperoduksi sepeda motor berbahan bakar air tersebut secara massal karena ramah lingkungan.

Demikianlah artikel tentang sepeda motor berbahan bakar air, hanya 1 liter air mampu menempuh 500 km. Sebuah inovasi yang keren ini semoga menginsiprasi kita berharap inovasi-inovasi serupa dapat dilakukan anak bangsa ini.

Label: