Sebelum Cek Kondisi Baterai atau Aki, Perhatikan Hal Berikut Ini

Memeriksa kondisi baterai atau aki basah baik pada sepeda motor maupun mobil harus dilakukan secara rutin, karena aki atau baterai mensuplai arus yang tidak hanya dibutuhkan oleh sistem kelistrikan seperti sistem penerangan, lampu indikator, sistem starter, namun juga sistem kelistrikan. Jika baterai atau aki dalam kondisi buruk misalnya tegangannya dibawah standar atau tegangan tekor, maka kinerja dari sistem-sistem tersebut akan terganggu juga. Nah oleh karena itu baterai atau aki harus di cek kondisinya secara rutin.

Dalam melakukan pemeriksaan baterai tidak boleh dilakukan sembarangan, namun harus memperhatikan prosedur yang ada, kenapa? Karena baterai bukan komponen yang dapat kita lepas dan pasang seenaknya, sebab pada baterai ada elektrolit yang berkaitan dengan reaksi kimia. Untuk itu sebelum cek baterai atau aki harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut ini:



Kok banyak sekali ya prosedur atau hal yang perlu diperhatikan sebelum melepas maupun memasang baterai, dan semua itu sesuai dengan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) yang ditentukan agar proses melepas, memasang, mengisi maupun mengosongkan baterai dapat berjalan dengan baik tanpa ada kerusakan apalagi menyebabkan kecelakaan kerja. Untuk itulah cara atau prosedur tersebut harus di taati dan di praktekkan. Demikianlah artikel tentang sebelum cek kondisi baterai atau aki, perhatikan hal berikut ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Label: