Penyebab Bodi Mobil Miring, Bahayakah?

Apakah iya bodi mobil bisa miring? Sangat bisa.. mungkin jika diantara sobat ada yang pernah naik mobil angkutan terkadang mendapati bahwa bodi mobil tersebut terasa miring, atau mungkin sobat pernah melihatnya di jalanan. Bodi mobil yang miring adalah salah satu pertanda adanya masalah pada mobil tersebut, lalu berbahayakah? Bisa jadi. Selain menyebabkan mobil menjadi tidak enak di pandang, bodi mobil yang miring juga menebabkan tidak stabilnya mobil tersebut, dan ini harus segera di cek bagian mana yang bermasalah. Lalu apa saja kira-kira penyebab bodi mobil yang miring? Berikut ini Guru Otomotif berikan sedikit ulasan tentang penyebab bodi mobil yang miring.


Sebagaimana yang dilansir di website Toyota, ada beberapa penyebab yang menjadikan bodi mobil miring, apa sajakah itu? Yang pasti, bodi miring disebabkan karena adanya beberapa komponen pada mobil yang rusak, dan yang sering umum terjadi adalah sebagai berikut:

Kerusakan Pada Kaki-Kaki

Kaki-kaki mobil berkaitan dengan sistem kemudi dan roda. Jika mobil terasa miring bodinya ada kemungkinan mobil tersebut pernah terjadi tumbukan yang keras pada komponen kaki-kakinya pada kecepatan tinggi, sehingga menyebabkan bodi mobil tidak seimbang lagi. Untuk mengatasinya segera bawa mobil ke bengkel untuk perbaikan kaki-kaki, bahkan sekarang sudah ada bengkel mobil yang khusus atau spesialis kaki-kaki.

Mobil Sering Lewat Jalan Bergelombang

Penyebab berikutnya kenapa bodi mobil miring adalah karena mobil tersebut sering digunakan pada jalan yang kondisinya tidak rata atau bergelombang (tidak rata) dan hanya terkena pada salah satu sisi mobil saja, misalnya hanya ban sebelah kanan saja yang terlalu sering mendapatkan jalan yang tidak rata. Kondisi tersebut dapat menyebabkan bodi mobil menjadi miring.

Muatan Mobil yang Tidak Stabil

Penyebab lainnya adalah karena muatan mobil yang tidak stabil, bisa jadi si supir yang terlalu gemuk dan menyemudi mobil sendiri, meski terlihat konyol namun ini fakta, selain itu karena muatan mobil yang tidak seimbang atau stabil dan ini yang banyak terjadi. misalnya penumpang semuanya duduk disebelah kanan, atau semuanya duduk disebelah kiri, kemudian dari barang bawaannya. Penyusunan barang-barang dalam bagasi mobil yang tidak seimbang dan ini dilakukan terlalu sering juga dapat menyebabkan bodi mobil menjadi miring.
Hal ini karena ada bagian mobil yang mendapatkan tekanan pada suspensi yang lebih berat. Suspensi kemudian akan kaku ketika bekerja karena mendapatkan tekanan yang berlebihan. Pada titik ini komponen yang bekerja akan lebih cepat aus dari pada sisi sebelahnya.

Itulah beberapa penyebab bodi mobil miring, berbahayakah? Bisa berbahaya karena mobil menjadi tidak stabil dan juga akan mengurangi kenyamanan bagi penumpang maupun supir itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. yuk disharekan.. Salam Otomotif!

Label: