Modifikasi Motor Menjadi Ambulans, Mau Tau Seperti Apa Tampangnya?

Ambulans adalah salah satu jenis angkutan atau kendaraan yang khusus digunakan untuk membawa korban-korban kecelakaan, atau mengangkut orang sakit dalam kondisi darurat, ibu-ibu hendak melahirkan, atau untuk operasional lainnya yang mana dalam kondisi darurat dan berkaitan dengan rumah sakit. Ambulans juga termasuk salah satu kendaraan yang mendapatkan keistimewaan di jalan raya, di mana ia berhak mendapatkan keutamaan (mendahului) karena dibutuhkab kecepatan untuk segera menolong korban atau orang sakit.


Ambulans yang biasa kita lihat di jalanan adalah ambulans dalam bentuk mobil, namun ada hal yang berbeda dari sang modifikator asal Subang Jawa Barat ini, pasalnya produsen sepeda motor khusus roda tiga yakni PT Nozomi Otomotif Indonesia ini menawarkan sepeda motor roda tiga yang dimodif menjadi ambulans.

Menurut Joko Rismanto selaku Core Team Leader PT NOI, ambulans roda tiga tersebut adalah bagian dari produk resmi pabrikan yang terletak di Cipeundey Subang Jawa Barat ini. Dalam proses produksinya, pembuatan ambulans roda tiga ini berkerja sama dengan karoseri.

“Ini disesuaikan dengan permintaan. Kita membuat seperti ambulans hanya saja lebih kecil. Sedangkan isinya (perlengkapan ambulans) itu adalah tambahan dan bukan dari kita yang menyediakan, namun dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah),” ungkap Joko di Pabriknya (10/12).

Joko juga meyatakan bahwa permintaan motor ambulans roda tiga tersebut sesuai dengan permintaan berdasarkan kondisi wilayah yang mana tidak bisa digunakan kendaraan ambulans roda empat. Sehingga munculnya ide motor ambulans roda tiga ini juga sebagai solusi mengatasi kondisi daerah yang tidak bisa digunakan mobil ambulans.

Ada yang unik dari bentuk motor ambulans roda tiga ini, apa itu? Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, biasanya motor roda tiga pada bagian belakangnya berupa bak terbuka, namun untuk motor ambulans roda tiga ini, bagian baknya dibuat tertutup. Dengan desain yang tertutup tentu disesuaikan dengan prosedur, yakni untuk membawa orang sakit atau pasien pada posisi terlentang, ditemani seorang perawat dan ada beberapa perlengkapan standar pada ambulans seperti umumnya.

Untuk menambah nuansa ambulans, motor ambulans roda tiga tersebut dicat dengan warna putih dan diberikan aksen warna merah. Motor ambulans tersebut juga ditambah sirine yang diletakkan di bagian atap untuk kondisi darurat. Maka motor ambulans roda tiga tersebut sudah mirip dan layak sebagaimana mobil ambulans pada umumnya.
Demikianlah artikel tentang modifikasi motor menjadi ambulans, mau tau seperti apa tampangnya?, sebuah modifikasi yang bermanfaat. Apakah sobat sudah pernah menjumpai motor ambulans roda tiga ini di daerah sobat?

Label: