Mengenal Tipe-Tipe Rem Parkir Pada Kendaraan

Rem parkir adalah rem yang berfungsi untuk menahan atau mengunci kendaraan ketika di parkir, sehingga kendaraan tidak dapat digerakkan baik ke depan maupun ke belakang. Hal ini untuk menghindari mobil bergerak atau jalan sendiri seandainya mobil diparkir pada jalan atau tempat yang kondisinya miring atau tidak datar. Pada artikel sebelumnya Guru Otomotif telah membahas tentang prinsip dan cara kerja rem parkir kendaraan. Untuk melanjutkan pembahasan artikel tersebut, kali ini Guru Otomotif akan bahas tipe-tipe rem parkir yang digunakan pada kendaraan baik mobil maupun kendaraan niaga.



Tipe-Tipe Rem Parkir Kendaraan

Ada dua jenis atau dua tipe rem parkir pada kendaraan, yaitu rem parkir tipe roda belakang dan rem parkir tipe center brake. Kita bahas satu persatu kedua tipe rem parkir tersebut.

Rem Parkir Tipe Roda Belakang

Rem parkir tipe ini dikelompokkan menjadi dua tipe struktural yang bergantung pada penggunaan apakah berupa rem tromol, rem piringan atau rem kaki, dan komponen rem yang terpisah. Berikut ini penjelasannya:

Rem tipe sharing atau rem kaki
Tipe rem parkir ini bersatu atau digabung dengan rem kaki. Rem parkir dihubungkan secara mekanik yaitu pada sepatu rem di kendaraan yang memiliki rem tromol, atau di piston untuk mobil yang menggunakan disc brake.

Kendaraan dengan rem tromol
Tipe rem parkir ini sepatu rem akan mengembang oleh tuas sepatu rem dan shoe strut. Sedangkan kabel rem parkir dipasangkan pada tuas sepatu rem dan daya kerja dari tuas rem parkirnya dipindahkan lewat kabel rem parkir ke tuas sepatu rem. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini:

Kendaraan dengan rem piringan
Pada kendaraan dengan rem piringan, mekanisme rem parkirnya digabungkan dengan caliper rem piringan. Untuk memudahkan dalam memahami cara kerjanya, perhatikan terlebih dahulu gambar berikut ini:

Cara kerjanya adalah gerakan dari tuas kemudian menyebabkan poros tuas atau lever shaft berputar dan menyebabkan spindel menggerakkan piston. Hal ini mengakibatkan pad terdorong menekan rotor piringan atau disc rotor. Jika pad menjadi aus maka langkah rem parkir akan bertambah, maka untuk menanggulangi ini pada rem piringan dilengkapi dengan mekanisme penyetelan otomatis pada mekanis rem parkirnya, ini untuk menjaga langkah spindel agar senantiasa tetap konstan setiap waktu.

Tipe rem parkir deveted
Tipe rem parkir deveted ini, tromol rem parkirnya terpisah dari rem piringan belakang. Adapun cara kerjanya adalah sama dengan tipe rem parkir seperti pada rem tromol di atas. Konstruksi dari rem parkir ini dapat dilihat pada gambar berikut:

Rem Parkir Tipe Center Brake

Tipe kedua dari rem parkir adalah tipe center brake ini, tipe ini banyak dipakai pada kendaraan-kendaraan komersil. Tipe center brake ini adalah salah satu dari tipe rem tromol namun dipasang diantara belakang transmisi kendaraan dan bagian depan propeller shaft.
Pada rem parkir tipe center brake, daya pengeremannya terjadi ketika sepatu rem diam dan ditekan dari bagian dalam terhadap tromol yang berputar bersama output shaft transmisi dan propeller shaft. Cara kerja rem parkir center brake sama dengan rem parkir tipe sharing pada kendaraan yang memakai rem tromol.

Itulah tipe-tipe rem parkir pada kendaraan, semoga memberi manfaat dan menambah pengetahuan kita. Salam Otomotif!

Label: