Kenapa Tidur di Mobil Menyebabkan Kematian? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Beberapa hari yang lalu ada sebuah berita di facebook tentang seorang supir taksi yang ditemukan meninggal di dalam mobilnya, sementara itu mesin mobilnya dalam keadaan hidup dan AC nya dalam kondisi menyala atau ON, di duga sang supir mengantuk dan tidur di dalam mobil kemudian lemas dan meninggal. Selain itu kejadian serupa sudah banyak terjadi di mana pengemudi atau penumpang yang tidur di dalam mobil kemudian menyebabkan kematian. Namun sebelum melanjutkan pembahasan ini, perlu dipahami bahwa kematian adalah kehendak Allah, dengan cara yang berbeda-beda dan salah satunya adalah berawal dari tidur di dalam mobil dalam kondisi AC yang hidup lalu berujung pada kematian. Lalu pertanyaannya kenapa bisa menyebabkan kematian? Apakah ada yang salah dengan tidur di dalam mobil yang berhenti? Atau bagaimana sebenarnya yang terjadi? Guru Otomotif akan mencoba menjawabnya pada artikel ini.


Bahaya Menyalakan AC Mobil Saat Mobil Berhenti

Banyak kejadian kematian di dalam mobil yang berawal dari rasa kantuk baik itu supir maupun penumpang entah karena lelah selama perjalanan atau karena kondisi jalan yang macet kemudian asal tidur di dalam mobil. Resiko kematian di dalam mobil diakibatkan oleh gas buang mobil yang kemudian masuk ke dalam kabin, dan pada umumnya ini terjadi karena mesin yang justru tidak dimatikan karena tetap menghidupkan AC, padahal menyalakan AC pada saat mobil berhenti itu berbahaya bagi kesehatan.

Dan kenapa tidur di dalam mobil dengan AC menyala bisa mengakibatkan kematian? Ada penejelasan ilmiah yang dapat menjelaskan masalah ini. Seperti yang kita ketahui bahwa gas buang pada kendaraan itu mengandung karbonmonoksida (CO). Emisi CO ini tidak menimbulkan bau dan juga warnanya yang kasat mata tidak sebagaimana asap pekat atau asap putih, sehingga kehadiran polutan CO tidak disadari oleh manusia. Kemudian yang mengerikan adalah ketika dihirup dalam jumlah yang sangat banyak emisi CO dapat mengakibatkan kematian setelah mengalami rasa lemas yang sangat.

Tips Aman Tidur di Mobil dan Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar

Jika sobat hendak tidur di dalam mobil karena lelah selama perjalanan atau karena mengantuk macet maka ada tips aman tidur di dalam mobil, tipsnya adalah dengan mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Dan untuk mengantisipasi suasana kabin yang kurang nyaman karena AC mobil juga wajib di matikan, maka caranya adalah dengan menurunkan sedikit kaca mobil agar suasana kabin mobil tidak pengap. Hal itu agar menjadi celah yang membantu sirkulasi udara dari dalam kabin mobil keluar dan masuk. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka pastikan pintu mobil dalam keadaan terkunci dan jendela mobil yang dibuka jangan terlalu banyak atau buka sedikit saja.

Selain itu, agar tetap aman dan nyaman selama istirahat atau tidur di dalam mobil, parkirlah mobil pada tempat yang aman dan jauh dari kriminalitas. Memilih lokasi parkir mobil pada tempat yang tidak terlalu sepi. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan rem tangan ketika parkir agar mobil tidak bergeser. Itulah cara aman tidur di dalam mobil.

Sedangkan jika sobat ingin menghidupkan mobil, maka cara menyalakan AC mobil yang benar adalah ketika mobil tersebut digunakan untuk berjalan dan tidak dalam kondisi berhenti. Demikianlah artikel tentang kenapa tidur di mobil menyebabkan kematian? berikut  penjelasan ilmiahnya semoga bermanfaat bagi kita. Silahkan di share artikel ini agar tidak terjadi lagi kasus kematian di dalam mobil lantaran bahaya menyalakan ac mobil dan mesin mobil ketika mobil berhenti. Salam Otomotif!

Label: