Dampak Mesin Terlalu Dingin Atau Terlalu Panas, Jangan Anggap Remeh Suhu Mesin

Selamat pagi sahabat Guru Otomotif, 2 hari tidak bertemu ya, mohon maaf selama 2 hari terakhir ini Guru Otomotif tidak dapat memberikan update tentang otomotif karena harus terbaring lemah dan beristirahat di rumah sakit, kini dengan sisa-sisa tenaga yang ada, Guru Otomotif akan kembali berusaha memberikan artikel-artikel berkualita berkaitan dengan pengetahuan seputar otomotif. Yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah tentang dampak mesin baik sepeda motor maupun mobil jika suhunya terlalu dingin atau terlalu panas, dampak yang dihasilkan ternyata cukup serius seandainya suhu mesin tersebut tidak sesuai dengan suhu kerja mesin. Dan oleh karena itu pada mesin kendaraan dilengkapi dengan sistem pendingin yang mengontrol suhu mesin agar senantiasa berada pada kondisi ideal atau suhu kerja.


Sebelum kita sebutkan apa saja dampak yang dihasilkan dari mesin yang terlalu dingin atau terlalu panas, ada sedikit gambaran tentang penggunaan panas mesin hasil dari pembakaran di dalam silinder. Bahwa panas (hasil pembakaran di ruang bakar) yang dipakai atau diubah menjadi energi mekanik pada mesin hanyalah 25 persen saja. Kok Cuma sedikit? Memang sedikit, lalu panas sisanya untuk apa? Adapun sisanya dari panas hasil pembakaran akan keluar melalui gas buang sekitar 34 persen, kemudian melalui sistem pendingin 32 persen dan sisanya lagi adalah kerugian pemompaan dan gesekan. Silahkan perhatikan neraca panas pada mesin berikut ini:

Berdasarkan neraca panas di atas, maka fungsi dari pendingin pada mesin itu sangat penting karena panas yang diserap oleh sistem pendingin sendiri mencapai 32 persen.

Dampak Mesin Terlalu Panas

Dan jika suhu mesin tidak di dinginkan maka akan terjadi panas yang berlebihan atau yang kita kenal dengan overheating, panas yang berlebih ini dapat mengakibatkan gangguan diantaranya:
Selain itu jika mesin terlalu dingin juga akan berdampak negatif, sehingga suhu mesin harus senantiasa pada suhu ideal.

Dampak Mesin Terlalu Dingin

Jika suhu mesin terlalu dingin maka akan terjadi masalah sebagai berikut:
Itulah beberapa dampak mesin terlalu panas atau mesin terlalu dingin, untuk mengatasi mesin terlalu dingin maka langkah sederhana adalah memanaskan mesin di pagi hari dengan menyalakan mesin selama sekitar 5-10 menit, karena iklim di Indonesia adalah tropis dimana tidak ada musim salju sehingga untuk mengatasi mesin terlalu dingin ini tidak begitu sulit. Sedangkan jika mesin terlalu panas atau overheating, maka kemungkinan ada penyebab pada sistem pendingin, cek air radiator atau kipas pendingin. Jika sistem pendingin dapat berfungsi dengan baik dan normal maka seharusnya tidak terjadi masalah overheating.
Demikianlah artikel tentang dampak mesin terlalu dingin atau terlalu panas, jangan anggap remeh suhu mesin, semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: