Cara Tambal Ban Tubeless yang Bagus, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Apa itu ban tubeless? Ban tubeless adalah ban yang tidak menggunakan ban dalam. Jika pada ban biasa pasti ada ban dalam yang berfungsi untuk menahan udara di dalam ban. Sedangkan pada ban tubeless udaranya di tahan oleh suatu lapisan yang ada di dalam ban, yaitu lapisan karet yang kedap udara. Dan oleh karena itu ban tubeless tidak lagi memerlukan ban dalam, baik ban tubeless motor maupun ban tubeless mobil. Walaupun ban tubeless tidak ada ban dalamnya namun tetap menggunakan pentil (air valve), yang mana pentil tersebut langsung dipasang pada pelek roda.

            Ban tubeless terkenal tahan dengan tusukan paku, jika ada tusukan paku atau benda lainnya, maka tidak langsung kempes seperti ban umumnya, hal ini karena adanya suatu lapisan karet tadi yang ada di dalam ban. Itulah yang membuat harga ban tubeless juga lebih mahal dari pada ban biasa. Namun walaupun tahan terhadap tusukan paku atau benda lancip lainnya, bukan berarti ban tetap aman digunakan, lama kelamaan ban akan tetap kempes, oleh karena harus dilakukan perbaikan yaitu dengan cara menambal atau tambal ban tubeless, cara menambal ban tubeless sebenarnya tidak sulit-sulit amat dan sobat dapat menambal ban tubeless sendiri di rumah. Kemudian selama tusukan dari paku atau benda runcing lainnya tidak merobek permukaan ban tubeless atau membuat sobek ban tubeless, maka ban tubeless tersebut masih dapat diperbaiki. Nah bagaimana cara tambal ban tubeless yang bagus? Berikut ini akan Guru Otomotif bahas, dan sobat bisa tambal ban tubeless sendiri di rumah, karena caranya sangat mudah.

Cara atau Prosedur Tambal Ban Tubeless

            Menambal ban tubeless juga harus memperhatikan prosedur yang ada dan tidak boleh asal menambal seperti ban pada umumnya, jika menambal ban biasa mungkin sobat sudah paham, bagi yang belum silahkan baca artikel tentang cara tambal ban kendaraan yang benar. Sedangkan untuk cara menambal ban tubeless silahkan ikuti panduannya berikut ini:



            Itulah cara menambal ban tubeless yang bagus dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Semoga dengan tips ini dapat membantu sobat yang hendak menambal ban tubeless di motor maupun ban tubeless mobil. Yuk disebarkan. Salam Otomotif!

Label: