Cara Setting Suara atau Audio Mobil Agar Kencang

Ketika admin berkunjung ke pulau Sumba, terutama di kota waingapu memiliki mobil angkutan yang unik, yaitu mobil angkutan tersebut dilengkapi dengan sistem audio yang sangat keras suaranya untuk menghibur penumpangnya yang rata-rata adalah para pelajar. Dan kata masyarakat setempat, semakin kencang suara dari audio mobil angkutan tersebut akan semakin senang dan ramai penumpangnya, jika audio mobil angkutannya sepi maka penumpang akan enggan naik. Dan karena itulah jangan heran jika berada di Kota Waingapu, Sumba Timur, setiap pagi atau jam pulang sekolah ada banyak suara musik yang sangat keras di jalanan yang bersumber dari angkutan-angkutan umum.


            Nah ngomong-ngomong soal audio mobil, komponen tersebut sebenarnya bukan komponen utama, melainkan aksesoris untuk menambah kenyamanan pengemudi atau penumpang mobil. Selain berupa audio yang digunakan untuk memutar mp3, pada mobil-mobil mewah biasanya juga dilengkapi visual semacam gadged yang diletakkan di panel dashboard maupun dibagian belakang sandaran kepala pada kursi mobil. Bahkan mobil-mobil keluaran sekarang banyak yang telah dilengkapi gadged baik untuk hiburan maupun untuk navigasi dan instrumennya. Namun yang akan Guru Otomotif bahas pada artikel ini adalah soal audionya. Dimana audio lebih umum dan mobil kelas menengah ke bawah pun banyak yang dilengkapi dengan audio ini.

            Audio mobil sering dimodifikasi demi mendapatkan kualitas suara yang bagus dan kencang, namun perlu dipahami bahwa audio mobil juga memerlukan suplai listrik, semakin kencang suara pada audio mobil semakin besar pula konsumsi listriknya, untuk itu ada beberapa hal atau cara yang harus diperhatikan sebelum setting suara atau audio mobil agar kencang. Menurut Erwin Sugiharto selaku pemilik bengkel Digital Audio di daerah Jakarta, mengungkapkan bahwa ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam setting audio mobil.
“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengganti audio mobil. Mulai dari baterai hingga kapasitas mesin mobil. Hal itu sangat penting untuk menjaga kualitas mesin mobil dan juga audio mobil,” Jelasnya seperti yang dilansir di Viva.co.id. Berikut ini cara setting audio mobil agar suaranya kencang.

Menambah Baterai atau Aki Mobil

            Jika harus mengganti sistem audio pada mobil yang cukup ekstrim, maka mobil memerlukan aki atau baterai tambahan. Menambah baterai atau aki mobil berfungsi untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan oleh audio mobil tersebut. Sehingga tidak mengganggu kinerja dari baterai bawaan mobil dan juga tidak mengganggu sistem lain yang membutuhkan baterai seperti sistem kelistrikan, sistem starter, sistem penerangan, dan lain-lain. Karena jika hanya menggunakan aki atau baterai bawaan mobil saja, maka dengan kapasitas audio yang cukup ekstrim tidak akan mampu mensuplai listrik sehingga dapat mengganggu kinerja sistem-sistem yang lain pada mobil yang juga membutuhkan suplai listrik dari baterai.

Mengganti Alternator Berkapasitas Tinggi

            Setelah langkah pertama tadi sudah dilakukan, yaitu menambah baterai, maka otomatis daya yang diperlukan untuk proses pengisian baterai menjadi lebih besar lagi karena ada baterai tambahan. Dan oleh karena itu langkah kedua dalam setting audio mobil agar lebih kencang yaitu dengan mengganti alternator dengan kapasitas yang lebih tinggi lagi. Dengan begitu akan membuat sistem kelistrikan menjadi tetap optimal karena daya pengisian sesuai dengan besarnya kebutuhan listrik pada baterai. Namun dengan alternator yang berdaya besar akan berpengaruh pada kinerja mesin, yaitu kinerja mesin menjadi lebih berat.
Untuk itu Erwin menyarankan kepada pemilik mobil jangan memaksakan memasang audio mobil yang dilengkapi dengan banyak subwoofer jika kapasitas mesinnya kecil.

            Kesimpulannya, pabrikan mobil sudah menghitung sedemikian rupa kapasitas audio mobil yang sesuai dengan kapasitas mesin. Sehingga untuk meningkatkan kapasitas audio mobil tetap berdampak pada kinerja mesin itu sendiri. Itulah hal yang perlu dipertimbangkan. Dan demikianlah artikel tentang cara setting suara atau audio mobil agar kencang, semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: