Cara Mengganti Pentil Atau Dop di Ban Tubeless yang Benar

Pentil atau dop (air valve) pada ban berfungsi sebagai sumbat udara atau air check valve. Cara kerja pentil atau dop ban adalah sumbat udara tersebut akan membuka ketika mendapatkan tekanan udara dari luar dan otomatis akan menutup ketika tekanannya dilepas. Sedangkan konstruksi pentil pada ban tubeless sendiri dapat dilihat di gambar berikut ini:


Penggantian pentil pada ban tubeless biasanya dilakukan jika ada kebocoran udara pada dasar pentil, jika terjadi demikian maka diperlukan penggantian pentil karena tidak bisa ditambal. Sedangkan jika kebocorannya terjadi pada permukaan ban maka masih bisa ditambal asalkan paku atau benda lancip yang menusuk ban tubeless tersebut tidak membuat permukaan ban tubeless robek. Untuk cara menambal ban tubeless sendiri sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah asal memiliki peralatannya, sobat dapat membaca artikel tentang cara tambal ban tubeless yang bagus sebagai panduan untuk menambal ban tubeless.


Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika kebocoran terjadi di dasar pentil maka mau tidak mau kita harus mengganti pentil atau dop ban tubeless. Penggantian dop atau pentil ban tubeless sangat mudah dilakukan dengan menggunakan SST (special service tool) yaitu berupa sebuah pengungkit. Gambar cara mengganti pentil ban tubeless dengan alat pengungkit dapat sobat lihat pada gambar berikut ini:


Prosedur Mengganti Pentil atau Dop Ban Tubeless

Untuk prosedur atau cara penggantian pentil ban tubeless adalah sebagai berkut ini:
Demikianlah prosedur atau cara mengganti pentil atau dop di ban tubeless yang benar, semoga bermanfaat. Apakah sobat terbantu dengan artikel ini? Yuk dishare..

Label: