Cara Menambah Akselerasi pada Motor Matik Secara Mudah

Motor matik digemari banyak orang karena pengoperasiannya yang mudah, hanya dengan memutar gas saja dan tidak perlu memindahkan gigi transmisi dengan cara menekan menenak pedal gigi transmisi, ataupun tidak perlu menekan tuas kopling. Walaupun motor matik sejak pertama kalinya dikenal sebagai motor wanita, namun saat ini banyak juga laki-laki yang menggunakan motor matik.


Namun dibalik kemudahan motor matik, ada sisi yang banyak dikeluhkan oleh pengguna matik yaitu soal akselerasi motor matik yang lebih berat dan terutama ketika motor matik dipakai untuk berboncengan atau saat membawa beban yang berat. Dalam kondisi itu jika motor digunakan berakselerasi terasa lebih berat. Namun masalah tersebut ternyata ada solusinya. Mau tahu bagaimana cara menambah akselerasi pada motor matik? Berikut ini Guru Otomotif akan membagikannya tips kepada sobat sekalian..

Cara Menambah Akselerasi Motor Matic

Setiap masalah pasti ada solusinya dan begitupun masalah akselerasi motor matic yang kurang mumpuni saat digunakan berboncengan atau beban berat, dan cara yang mudah untuk mengatasi masalah ini adalah sebagaimana yang dilansir dari Welovehonda yaitu dengan mengganti roller transmisi. Dimanakan letak roller matik? Roller matik terletak di dalam rumah kopling, yaitu di pulley depan. Ada tiga komponen khas pada motor matik yaitu dua buah pulley (depan dan belakang) dan satunya lagi drive belt (sabuk).


Pulley pada motor matik dapat dimodifikasi dengan merubah ukuran diameternya. Pulley disini berfungsi untuk menyesuaikan akselerasi kendaraan dengan kebutuhan. Hal ini seperti gear yang dapat diubah ukurannya. Lalu bagaimana cara mengubah ukuran diameter pulley motor matik? Untuk mengubah diameter pulley membutuhkan roller. Dan jika roller diganti dengan roller yang beratnya lebih ringan, maka akselerasi motor matik akan menjadi lebih baik. Bagi yang belum tahu roller pada motor matik dan ukurannya, silahkan lihat gambar berikut ini:


Namun roller pada motor matik mudah rusak jika bentuknya sudah tidak bulat. Jika kondisi roller sudah demikian maka harus diganti dengan roller yang baru lagi. Untuk itulah ketika servis atau perawatan berkala pada motor matik, mintalah mekanik untuk memeriksa kondisi roller matik. Apakah masih normal atau sudah ada kerusakan.

Dan demikianlah cara menambah akselerasi pada motor matik secara mudah, apakah dari sobat ada yang pernah memodifikasi motor matik dengan merubah ukuran rollernya? Adakah dampak lain yang diakibatkan dengan merubah roller tersebut? yuk berbagi pengalaman.. jangan lupa dishare yaa..

Label: