Cara Memperbaiki Motor Starter yang Rusak Pada Sepeda Motor

            Starter motor berfungsi untuk memutarkan putaran awal mesin melalui flywheel secara elektrik, sehingga memudahkan pengguna sepeda motor dalam menghidupkan mesin sepeda motornya tanpa menekan kick starter secara manual (menggunakan kaki). Sistem starter pada sepeda motor ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna sepeda motor. Sistem starter elektrik ini biasanya merupakan komponen wajib yang harus ada pada sepeda motor saat ini, lain halnya dengan sepeda motor dahulu yang kebanyakan tidak menggunakan sistem starter elektrik sehingga harus menggunakan kick starter. Namun demikian, walaupun sepeda motor saat ini telah dilengkapi dengan sistem starter elektrik, kick starter manual juga terkadang masih digunakan terutama jika sistem starter mengalami kerusakan.


            Motor starter yang rusak tentu sangat membuat jengkel bagi sebagian orang apalagi pada jalanan macet yang kemudian mesin motor sering mati, akan sangat merepotkan. Dan oleh karena itu pada artikel ini Guru Otomotif akan bahas bagaimana cara memperbaiki motor starter yang rusak pada sepeda motor. cara memperbaiki motor starter ini dapat sobat praktekkan sendiri di rumah.

Bagaimana Cara Memperbaiki Motor Starter yang Rusak?

            Sebelum sobat memperbaiki motor starter, hal yang perlu dilakukan adalah sobat harus mengetahui terlebih dahulu gejala awal dari kerusakan motor starter tersebut. Langkah yang paling pertama adalah memeriksa gejala awal matinya motor starter seperti misalnya suara motor starter yang kasar ketika tombol starter ditekan, atau bahkan tidak ada suara sama sekali.

Jika pada saat tombol starter ditekan namun motor starter tetap diam alias tidak mau berputar, maka kemungkinan besar kerusakan tersebut disebabkan karena aki motor yang lemah. Selain itu penyebab kerusakan motor starter bisa diakibatkan oleh empat komponen yaitu baterai, rangkaian kelistrikan sistem starter, relay starter, dan motor starter. Berikut ini masing-masing penjelasan untuk keempat penyebab diatas.

Baterai atau Accu

Baterai atau aki adalah komponen vital yang mensuplay arus listrik pada sepeda motor, karena baterai merupakan sumber arus kelistrikan untuk sistem-sistem pada sepeda motor yang memerlukan dan salah satunya adalah sistem starter. Motor starter yang tidak mau berputar ketika tombol starter ditekan maka komponen yang perlu kita periksa pertama kali adalah baterai atau aki. Cara memeriksanya adalah dengan menggunakan alat multimeter untuk memeriksa tegangan baterai atau aki. Tegangan aki pada sepeda motor standarnya adalah 12 volt. Jika tegangan baterai saat diukur kurang dari 12 volt maka kemungkinan penyebabnya bisa di  sistem pengisian atau karena akinya yang sudah rusak. Silahkan periksa jaringan sistem pengisian dan komponennya atau bawa ke bengkel.

Rangkaian Sistem Starter

Jika pada pengecekan baterai, ternyata baterai motor masih bagus tegangannya 12 volt, maka kemungkinan kerusakan selanjutnya adalah pada rangkaian kelistrikan dari sistem starter tersebut. Periksalah rangkaian sistem starter dari kabel yang putus, sambungan pada soket-soket, ataupun tombol starter yang kotor sehingga saklar atau tombol starter menjadi tidak berfungsi. Untuk memeriksa kelistrikan pada sistem starter gunakan alat multimeter, dan pastikan bahwa arus dapat mengalir dengan benar dan tidak ada arus yang putus.

Jika ditemukan ada arus yang putus, sebaiknya ganti kabel atau sambungkan dengan baik. Dan jika tombol starter yang kotor sehingga saklar tidak berfungsi, maka cobalah bersihkan tombol starter tersebut dengan amplas yang halus.

Relay Starter (Bendik) Rusak

Relay starter atau bendik berfungsi sebagai saklar elektromagnetik dan bertugas memutus serta menghubungkan aliran lisrik dari baterai ke motor starter. Cara memeriksa bendik atau relay starter yaitu dengan menghubungkan dua buah kabel yang biasanya terdapat soket, ke baterai (+ dan – jangan sampai terbalik). Kemudian setelah disambungkan kedua kabel tersebut jika terdengar suara ‘cetak’ berarti kondisinya masih baik. Namun jika tidak terdengar suara ‘cetak’ tadi berarti kemungkinan besar bendik atau relay starter sudah rusak dan harus diganti.

Gambar Relay Starter

Motor Starter Rusak

Kemungkinan terakhir dari rusaknya starter adalah motor starter itu sendiri yang rusak. Cara memeriksa kerusakan motor starter adalah dengan menggunakan alat multimeter, posisikan selektor multimeter di posisi arus, untuk pengukuran caranya yaitu hubungkan probe (+) multimeter dengan kabel yang menuju ke motor starter, sementara probe (–) multimeter dihubungkan dengan massa. Setelah itu pencet atau tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus yang mengalir atau tidak dengan melihat jarum pada multimeter. Jika ada arus yang mengalir maka dipastikan motor starter sudah mati. Kerusakan pada motor starter bisa disebabkan pada komponen sikat atau brush yang sudah aus atau kumparannya putus. Jika brus atau sikat yang aus, maka kita dapat menggantinya dengan brush yang baru, dan jika kumparan atau spull yang putus maka kita dapat membawanya ke tukang servis dinamo untuk dapat diperbaiki.

            Itulah cara memperbaiki motor starter yang rusak pada sepeda motor, semoga artikel ini dapat membantu sobat yang mengalami masalah pada motor starternya, yuk share artikel ini agar orang lain pun mendapatkan manfaatnya. Salam Otomotif!

Label: