Bahaya Mencuci Kaca Mobil dengan Sampo Rambut, Mengapa?

Sudah menjadi fitrah manusia untuk selalu tampil menarik, disamping penampilan diri yang dijaga dengan mandi dan sebagainya, penampilan kendaraannya pun dijaga agar tetap tampil menarik. Salah satu cara agar kendaraannya tampil menarik adalah dengan menjaga kebersihannya, selain itu dengan menjaga kebersihan kendaraan tentu akan membuat kendaraan dalam kondisi prima dan menjaga bodi kendaraan tetap awet atau tahan lama. Oleh karena itu sebagai pemilik kendaraan yang perlu diperhatikan adalah perawatan secara rutin dan salah satunya mencuci kendaraan yaitu mobil.

Dalam mencuci mobil ternyata tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena jika salah dalam mencuci mobil baik tekniknya maupun sabun yang digunakan, maka bukan bersih yang didapat justru kerusakan cat atau komponen bodi mobil yang di dapat, tentu hal ini tidak ingin kita alami bukan? Nah oleh karena itu pada artikel ini Guru Otomotif akan memberikan sebuah tips tentang bahaya mencuci kaca mobil dengan sampo rambut.

Biasanya pemiliki mobil memcuci atau membersihkan bagian kaca mobil menggunakan sampo rambut setelah terkena air hujan, kemudian ditambah temb4kau yang konon dapat membersihkan kaca mobil secara efektif. Dan memang pada kenyataannya cara tersebut dapat membersihkan kaca mobil. Namun sebenarnya cara tersebut sangat tidak dianjurkan karena ada dampak negatifnya, apa itu?

Menurut General Service Manager Department, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurrahman, membersihkan kaca mobil dengan sampo rambut dan ditambah temb4kau dapat memiliki efek samping selain dapat membersihkan kaca mobil.
“Jadi begini, temb4kau atau sampo memang benar dapat membersihkan kaca. Hanya saja terus terang kami belum ada riset tentang zat-zat di dalamnya apa saja. Lagipula saat ini kan sudah banyak sampo khusus untuk kaca mobil,” jelasnya seperti yang dilansir di situs resmi Toyota.

Lalu selain itu, dampak yang ditimbulkan ketika membersihkan kaca mobil dengan sampo rambut dan temb4kau adalah kaca dan karet wiper menjadi tidak kering setelah dicuci dan dapat membuat kerja dari wiper menjadi maksimal. “Sebenarnya sifatnya memang benar membersihkan. Namun kaca dan karet wiper menjadi tidak kering setelah terkena sampo rambut, temb4kau atau bahkan sabun khusus kaca sekalipun. Dan ini akan membuat kerja dari karet wiper menjadi lebih maksimal,” Jelasnya.

Namun meski begitu, Iwan memberikan saran agar pemilik mobil lebih baik menggunakan sampo khusus untuk membersihkan kaca mobil. Hal ini karena bahan dan juga kandungan pada sampo khusus kaca mobil tersebut pasti telah diuji melalui riset dan disesuaikan dengan peruntukannnya, sehingga lebih pas dan sesuai.

“Saran saya adalah mending memakai sampo khusus kaca mobil saja. Karena seperti ini, kalau kita memakai sampo rambut misalnya, tentu air sisa pembersihnya akan jatuh ke sekitar kaca, dan di sana ada karet seal kaca, ada cat bodi mobil juga. Kita kan tidak tahu seperti apa dampaknya. Mungkin kaca menjadi bening, namun efeknya juga bisa ke yang lain,” jelas beliau. Jadi, bagaimana menurut pendapat sobat sendiri? Yuk sharing-sharing..

Label: