Apa Itu Kondensor dan Bagaimana Cara Kerja Kondensor Pada Motor?

            Kondensor adalah salah satu komponen pada sistem pengapian konvensional motor yang menggunakan platina. Kondensor motor berfungsi untuk menyimpan arus listrik sementara yang dihasilkan oleh induksi diri pada koil. Kenapa arus listrik yang dihasilkan pada induksi diri disimpan sementara di kondensor? atau dengan kata lain mengapa harus ada kondensor? biar tahu makanya baca sampai selesai yaak artikel yang akan Guru Otomotif bahas kali ini.


            Cara kerja kondensor pada motor berkaitan dengan kerja dari sistem pengapian, yaitu ketika arus listrik mengalir pada kumparan primer koil, dan melewati inti besi maka inti besi tersebut akan menjadi magnet (elektromagnet).  Dengan adanya mekanisme poros nok yang berputar dan menekan kotak platina maka arus listrik diputuskan, dengan terputusnya arus listrik secara tiba-tiba tersebut maka dibangkitkan tegangan tinggi pada kumparan primer sekitar 500 Volt. dari induksi diri pada kumparan primer tersebut akan menyebabkan arus primer tetap mengalir dalam bentuk bunga api di celah kontak platina. Kenapa bisa timbul loncatan bunga api pada celah platina? Karena gerakan pemutusan kontak platina cenderung lebih lambat dari pada gerakan arus listrik itu sendiri yang cenderung ingin melanjutkan alirannya ke massa. Dan apabila terjadi loncatan bunga api di platina ketika platina mulai membuka, maka pemutusan arus primer tidak terjadi secara cepat, padahal tegangan listrik yang dibangkitkan di kumparan sekunder akan naik jika pemutusan arus primernya berlangsung secara cepat.

Sementara itu, ketika terjadi pemutusan listrik (karena platina membuka) maka pada kumparan sekunder yang lilitannya lebih banyak juga terjadi induksi diri yang lebih besar lagi (meneruskan listrik pada kumparan primer yang tinggi), pada induksi kumparan sekunder dihasilkan tegangan listrik yang sangat besar, yakni antara 10-15 kV.

Kembali ke kumparan primer, untuk mencegah terjadinya percikan bunga api di celah platina seperti pada busi, maka diperlukan suatu alat yang dapat menyimpan arus listrik sementara, komponen itu adalah kondensor. Kondensor sepeda motor dipasang pada rangkaian sistem pengapian dan umumnya kondensor dirangkai dengan platina secara paralel.

Prinsip Kerja Kondensor Sepeda Motor

            Prinsip kerja kondensor motor adalah ketika terjadi induksi diri di kumparan primer ketika celah platina terbuka, maka arus listrik hasil induksi diri tersebut disimpan sementara di kondensor dan sekaligus akan meningkatkan atau mempercepat pemutusan arus primer guna menghasilkan induksi diri pada kumparan sekunder.

            Kemampuan kondensor ditunjukkan pada seberapa besar kapasitas kondensor tersebut dalam menyimpan arus listrik. Kapasitas kondensor diukur dengan satuan mikro farad. Misalnya kapasitor/kondensor memiliki kapasitas 0,22 atau 0,25 mikro farad. Kapastias kondensor tersebut harus sesuai dengan spesifikasinya yang telah ditentukan pembuat motor, hal ini agar kondensor benar-benar mampu mencegah terjadinya loncatan bunga api yang dapat menyebabkan kebakaran pada platina.

Demikianlah artikel tentang apa itu kondensor dan bagaimana cara kerja kondensor pada motor?, semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi. Yuuk dishare.

Label: