Urutan dan Prosedur Melalukan Tune Up Sepeda Motor Bagian Mesin (2)

Postingan ini melanjutkan artikel sebelumnya tentang urutan dan prosedur melakukan tune up sepeda motor bagian mesin 1. Terkadang mekanik di bengkel (oknum) ada yang melewatkan prosedur dalam melakukan tune up, dan ini tentu sangat merugikan pelanggan karena diambil haknya. Untuk itu kita harus mengetahui prosedur-prosedur dalam melakukan tune up sepeda motor agar ketika mekanik lupa ada yang terlewatkan ketika melakukan tune up maka kita bisa mengingatkannya.


Di artikel ini masih membahas tune up sepeda motor bagian mesin, karena komponen yang ada di mesin cukup banyak sehingga prosedur dalam tune up mesin juga lebih banyak dari pada bagian lainnya. Lalu apa saja prosedur dalam melalukan tune up sepeda motor di bagian mesin pada artikel kedua ini?

Membersihkan Karburator

Karburator adalah komponen yang bertugas dalam mengkabutkan bahan bakar dan kemudian mencampurnya dengan udara dengan perbandingan yang sesuai dengan beban kerja atau kebutuhan mesin. Jika kondisi karburator kotor atau ada yang tersumbat maka akan mempengaruhi kinerja karbutator sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih boros. Maka ketika melakukan tune up harus ada langkah membersihkan komponen-komponen yang ada di dalam karburator.

Langkahnya adalah bongkar komponen-komponen karburator, lalu bersihkan dengan menggunakan udara bertekanan, dan langkah terakhir adalah merakit kembali komponen karburator dan jangan sampai ada yang ketinggalan terutama komponen-komponen yang kecil.

Menyetel Katup

Setelah karburator selesai di bersihkan, langkah berikutny adalah menyetel katup, dan ini adalah salah satu langkah yang sering terlewatkan, padahal penting. Cara menyetel katup adalah sebagai berikut:
  1. Buka tutup katup dan tutup magnet di kepala silinder.
  2. Putar terlebih dahulu poros engkol dengan arah putaran searah dengan putaran mesin, lalu posisikan poros engkol pada posisi top (posisi akhir langkah kompresi) dengan melihat tanda “T” yang berada di magnet serta harus tepat lurus dengan garis penyesuaian yang berada di blok magnet. Untuk meyakinkan posisi top, cek katup yakni kedua katup pada posisi tidak tertekan nok alias bebas.
  3. Setel celah katup dengan menggunakan feeler gauge dan kunci ring. Penyelan karup caranya adalah dengan melonggarkan mur kontra, lalu memasang feeler gauge pada celah katup dan putar sekrup penyetel. Setelah penyetelan tepat, tahan sekrup penyetel dan kencangkan mur kontra. Penyetelan celah katup yang tepat adalah ketik feeler gauge ditarik dan rasanya agak seret.
  4. Setelah katup disetel, pasang kembali tutup katup dan tutup magnet.



Menyetel Karburator

Setelah karburator dibersihkan, maka karburator juga perlu disetel campuran bahan bakarnya dan juga disetel putaran stasionernya. Namun penyetelan karburator akan tepat jika memenuhi syarat yaitu:
Saringan bahan bakar dan saringan udara sudah dibersihkan, karburator sudah dibersihkan, katup sudah disetel  dengan tepat, timing pengapian sudah disetel dengan tepat
Cara menyetel karburator adalah sebagai berikut:
  1. Panaskan terlebih dahulu mesin sepeda motor hingga mencapai suhu kerja, hal ini agar penyetelan karburator tepat.
  2. Naikkan rpm mesin hingga kurang lebih 1700 rpm, caranya dengan memutar sekrup pengatur rpm pada samping karburator.
  3. Kemudian putar sekrup penyetel udara searah dengan jarum jam hingga rpm mesin turun dan mesin hampir mati, lalu putar balik sekrup penyetel udara berlawanan arah jarum jam (dengan pelan-pelan) hingga didapatkan rpm mesin yang tertinggi dan stabil. Jika dihitung berdasarkan jumlah putaran, total memutar sekrup udara adalah 1,5 putaran untuk sepeda motor tipe cub, dan memutar sekrup udara 2,5 putaran untuk sepeda motor tipe sport.
  4. Penyetelan putaran stationer yang baik adalah sekitar 1400 rpm.

Setelah selesai menyetel karburator maka langkah berikutnya adalah menyetel kelonggaran kabel gas.

Menyetel Kebebasan Kopling

Langkah terakhir dalam melakukan tune up sepeda motor bagian mesin yaitu menyetel kebebasan kopling. Hal ini bertujuan agar kopling dapat bekerja secara optimal. Penyetelan kopling adalah penyetelan gerak bebas mekanisme penggerak kopling. Ada dua tipe mekanisme penggerak kopling yaitu kopling manual (digerakkan dengan tangan) dan kopling otomatis (tunggal maupun ganda).

Cara menyetel gerak bebas kopling manual adalah sebagai berikut:
  1. Kendorkan mur pengunci yang ada pada tuas kopling atau kabel kopling (di stang sepeda motor).
  2. Putar mur penyetel sampai didapatkan gerak bebas tuas kopling kurang lebih 10-20 mm.
  3. Kencangkan kembali mur pengunci.

Sedangkan cara menyetel gerak bebas kopling otomatis adalah sebagai berikut:
  1. Kendorkan mur pengunci
  2. Putar baut penyetel koplung searah dengan putaran jam kurang lebih 1 putaran.
  3. Putar lagi baut penyetel kopling dengan putaran berlawanan jarum jam hingga terasa ada sentuhan.
  4. Putar kembali baut penyetel kopling tersebut searah putaran jarum jam sampai dengan seperempat putaran.
  5. Tahan baut penyetel kopling dan kencangkan mur pengunci (seperti ketika menyetel celah katup).

Itulah urutan dan prosedur melalukan tune up sepeda motor bagian mesin (2), setelah bagian mesin ini di tune up maka masih ada langkah berikutnya yaitu tune up sepeda motor bagian kelistrikan dan casis. Namun keduanya akan dibahas pada artikel tersendiri. Yuk dishare jika bermanfaat. Semoga prosedur dan langkah-langkah tune up ini dapat kita praktikkan sendiri. Salam Otomotif!

Label: