Tukarkan Ban Mobil Secara Menyilang di Musim Hujan, Mengapa?

Walaupun di beberapa daerah musim hujan sudah mulai berhenti, namun di beberapa daerah lain masih sering diguyur hujan. Di musim hujan memang ada kendala ketika naik kendaraan. karena kondisi jalanan yang basah dan licin, sehingga potensi kecelakaan lebih tinggi. Selain kondisi jalanan basah dan licin, kecelakaan juga terjadi karena faktor kelalaian dari pengendara ketika berkendara di musim hujan.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan ketika berkendara di musim hujan demi keselamatan sendiri maupun orang lain, salah satunya adalah dengan menukarkan ban mobil secara menyilang. Menukarkan disini maksudnya adalah mengganti ban mobil secara menyilang dalam satu mobil. Salah satu tips atau cara yang memang terdengar aneh bagi kita yang belum mengetahui tips ini, iya sangat aneh karena apa hubungannya menukarkan ban mobil secara menyilang ketika musim hujan dengan keselamatan berkendara? Tentu ada.. lalu apa pengaruhnya? Dan bagaimana tips berkendara di musim hujan agar kita lebih safety? Berikut ini ulasannya.


Inilah beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan ketika berkendara di musim hujan, agar kita dapat lebih aman dalam berkendara di musim hujan.

Tukar Ban Secara Menyilang

Sebelum berkendara di musim hujan, kita bisa mengganti atau menukar posisi roda mobil dengan menyilang. Maksudnya adalah misal ban kiri depan kita tukar dengan ban kanan belakang. Atau ban kanan depan kita tukar dengan ban kiri belakang.

Kenapa posisi ban mobil ditukar? Karena ketika roda atau ban berjalan di musim panas, ban yang berada di depan lebih termakan dibandingkan dengan ban belakang. Dan sementara itu ketika hujan handling ada di depan yang seharusnya dapat melakukan berbagai macam. Selain mengganti atau menyilang ban, kita juga sebaiknya melakukan tips lainnya yaitu:

Bersihkan Komponen di Roda

Ketika melakukan penggantian posisi roda, sebaiknya sambil melakukan pembersihan pada komponen-komponen di velg serta sambungan lainnya, bersihkan dari debu-debu atau kotoran lain. Karena jika ada suara akibat kotornya komponen di velg atau roda, bisa saja berdampak pada rem yang menjadi baret dan macet.

Mengisi Tekanan Angin Ban Sesuai Standar

Salah satu hal yang sering disepelakan pemilik kendaraan adalah soal tekanan angin ban. Karena kebanyakan orang beranggapan tekanan angin ban tidak begitu penting dan yang penting ban tidak bocor atau kempes. Padahal seharusnya tekanan angin ban harus sesuai standar pabrikan, sobat dapat melihat spesifikasi tekanan angin ban pada stiker yang ada di pintu mobil sebelah kanan. Jika tidak ada silahkan baca artikel macam-macam tekanan angin ban sesuai ukuran ban.

Poles Bagian Kaca Depan Mobil

Melakukan pemolesan di kaca depan mobil bertujuan untuk memaksimalkan wiper dalam menyampu air. Karena bisa jadi karpet wiper retak ketika lama tidak dipakai saat musim panas. Dan jika wiper retak tentu akan berdampak kurang maksimal dalam menyapu air hujan. Selain itu memoles kaca depan mobil dapat membantu air hujan yang jatuh pada kaca depan untuk mengalir ke bawah atau jatuh dengan sendirinya.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai persiapan ketika berkendara di musim hujan. Demikianlah semoga artikel tentang tukarkan ban mobil secara menyilang di musim hujan, mengapa?, semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: