Tips Merawat Bodi Mobil dengan Mudah

Bodi mobil adalah bagian mobil yang paling sering terlihat, bodi mobil pula yang menjadi salah satu faktor daya tarik orang membeli mobil bekas. Dan oleh karena itulah bodi mobil harus dirawat. Merawat bodi mobil bagaikan merawat kulit manusia, kita biasa melihat berbagai iklan tentang produk yang berkaitan dengan perawatan kulit, ini menunjukkan bahwa kulit pun memerlukan perawatan yang serius. Begitupun dengan bodi mobil, harus ada perawatan yang tepat dan jika salah langkah maka cat bodi mobil bisa memudar ataupun terkelupas. Bahkan dari hal yang sederhana seperti bodi mobil terpapar sinar matahari dan juga dedaunan yang melekat pada bodi mobil akan dapat merusakan cat pada bodi mobil tersebut.


Ada beberapa tips dalam merawat bodi mobil dengan mudah, apa saja tipsnya?

Bersihkan Dedaunan Jika Melekat

Tips yang pertama adalah membersihkan dedaunan yang melekat pada bodi mobil. Daun jika telah mati (lepas dari pohonnnya) akan membuahkan zat asam. Dan jika tidak secepatnya diambil dan dibersihkan, maka zat asam yang dihasilkan sistem biologis daun itu akan meninggalkan bekas yang permanen pada bodi mobil dan kemudian akan meninggalkan noda pada mobil yang sulit dibersihkan.

Hindari Parkir di Bawah Pohon Bergetah

Memarkir mobil di bawah pohon yang bergetah beresiko terkena getah pada bodi mobil, namun jika sudah terlanjur mendapatkan tetesan getah pada bodi mobil, segera bersihkan bekas getah tersebut dengan air dan baking soda, jangan membersihkan bekas getas dengan kuku atau benda tajam lainnya karena akan merusak cat bodi mobil. Kemudian setelah dibersihkan dengan air dan baking soda, poleslah bodi mobil dengan wax.

Baca Juga: Mobil Anda Berwarna Putih? Begini Cara Merawat Mobil Warna Putih

Hindari Menyemprot Air dengan Tekanan Tinggi

Menyemprot air dengan tekanan air yang tinggi ke bodi mobil juga dapat berdampak buruk pada bodi mobil. Maka jika sobat mencuci mobil dengan memakai selang, aturlah bukaan keran pada bukaan maksimal ditengah dan jangan terlalu tinggi tekanan airnya.

Tidak Memakai Sikat Untuk Membersihkan Mobil

Pada umumnya orang sudah tahu jika membersihkan mobil tidak menggunakan sikat, namun hal ini bisa terjadi semisal yang membersihkan mobil adalah orang yang tidak tahu. Membersihkan bodi mobil dengan sikat akan menggores permukaan bodi mobil.

Jangan Memakai Detergen atau Sabun Rumah

Ketika mencuci mobil hindarilah mencuci dengan detergen atau  sabun rumah, karena memakai detergen atau sabun rumah dapat membuat permukaan bodi mobil menjadi ringkih dan juga kering. Pakailah sampo khusus untuk mencuci bodi kendaraan yang banyak tersedia di warung-warung.

Bersihkan Mobil Hingga ke Sela-Sela

Ketika membersihkan mobil, bersihkan permukaan bodi mobil sampai ke sisi bawah pintu, sisi bukaan pintu, sisi pinggir pintu dan tepi serta kap mesin. Karena pada bagian itulah yang sering luput untuk dibersihkan. Jika pada bagian-bagian sempit tidak mendapatkan perhatian dalam membersihkan mobil lama-lama kotoran akan menumpuk dan dibarengi air cipratan maka dapat menjadi berkarat.

Baca Juga: Kerusakan-Kerusakan Pada Karet Bodi Mobil

Jangan Memoles Mobil di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari yang langsung jatuh pada permukaan bodi mobil akan membuat bodi mobil menjadi panas. Memoles bodi mobil ketika suhu permukaan mobil masih panas akan membuahkan sistem kimia dan dapat merusak cat pada bodi mobil.

Itulah beberapa tips merawat bodi mobil dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Salam Otomotif!

Label: