Tips Mengganti Warna Mobil Agar Tidak Menyesal

Rasa bosan atau jenuh memang ada pada diri manusia, terlebih jika sesuatu itu menjadi rutinitas. Dan karenanya pada beberapa hal kita perlu melakukan perubahan, bukan mengganti. Misalnya perubahan suasana kamar, kantor, meja belajar, atau bahkan kendaraan seperti mobil. Terkadang seseorang juga merasa bosan dengan mobil yang dimilikinya, terlebih ketika sudah muncul berbagai jenis mobil terbaru sehingga pilihan mobil semakin beraneka macam baik di pasar mobil baru maupun bekas. Bagi orang yang berduit mungkin mudah saja untuk menjual mobil lamanya dan membeli mobil lain lagi. Namun bagi yang memiliki budget pas-pasan dan tak ingin mengalami banyak kerugian dengan menjual mobilnya, mengecat ulang mobil kesayangan bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengurangi kebosanan dan mendapatkan sensasi baru, sehingga serasa memiliki mobil baru lagi.


Mengganti warna mobil dengan yang baru sangat digemari juga oleh orang yang menyukai dunia modifikasi. Lantaran kurang puas dengan warna lama dan ingin mobilnya nampak berbeda. Nah dalam urusan mengecat kembali atau mengganti warna mobil jangan dilakukan dengan sembarangan agar tidak menyesal. Sebab biaya mengecat ulang atau mengganti warna mobil yang mahal. Berikut ini Guru Otomotif akan memberikan tips bagaimana mengganti warna mobil agar sobat tidak menyesal kemudian.

Sesuaikan dengan Anggaran

Sebelum memutuskan untuk mengganti warna mobil, hitunglah terlebih dahulu biaya yang hendak dikeluarkan. Karena mengganti warna mobil dapat menguras isi dompet lantaran biaya pengecatan atau pengerjaan body paintingnya yang mahal, ditambah juga dengan harga cat mobil dan kelengkapannya seperti epoxy. Kemudian ketika mengganti warna mobil tentu sobat harus mengurus perubahan warna mobil di surat kendaraan.

Prosesnya yang lumayan ribet itu tentu harus menjadi pertimbangan, sehingga sebelum benar-benar eksekusi pengecatan, pikir matang-matang dahulu tentang warna yang hendak diambil dan juga pertimbangkan biayanya untuk disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, bisa dengan bertanya pada ahlinya atau kepada bengkel resmi yang menyediakan layanan body repair painting.

Memilih Warna Sesuai dengan Karakter

Dalam memilih warna mobil, sobat juga dapat mempertimbangkan berdasarkan karakter sobat. Hal ini agar sobat dapat menonjolkan sisi diri pada mobilnya. Seperti misalnya warna biru, hitam atau warna-warna gelap lain untuk orang yang kalem. Kemudian warna merah untuk orang yang penih ambisi.

Usahakan Pilih Warna Terang

Kenapa memilih warna terang? Walaupun sebenarnya tidak masalah kita memilih warna-warna gelap yang kalem. Namun salah satu alasan memilih warna yang terang ketika mengecat ulang mobil adalah karena warna terang lebih mencolok, sehingga akan cenderung menghindarkan mobil dari kecelakaan lalu lintas. Karena warna terang akan lebih mudah terlihat dari pada warna gelap sehingga selain dapat menghindari kesan monoton pada mobil, warna terang dapat menambah keselamatan. Namun beberapa orang mungkin tidak menyukai warna yang terang karena terlihat lebih norak.

Memilih Warna Metalik

Selain warna terang, warna metalik juga disarankan untuk dipilih karena warna metalik pada mobil dapat menambah kesan elegan dan juga mewah. Selain itu warna mobil yang metalik juga dapat menyamarkan noda debu atau kotoran yang sulit pudar.
Warna metalik juga membuat kesan mobil bekas menjadi tetap mewah, sehingga seolah-olah sobat baru membeli mobil baru lagi.

Pertimbangkan Memilih Warna yang Umum

Memilih warna mobil yang banyak di pasaran alias umum ini kurang disarankan, sebab sama saja ketika kita memutuskan mengecat ulang warna mobil dengan biaya yang mahal namun pada akhirnya warna yang didapat adalah warna mobil yang sudah umum pada mobil dijalanan atau pasaran. Maka pilihlah warna mobil dengan menghindari warna mobil di pasaran, untungnya adalah mobil dapat mudah dilacak jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecurian.

Itulah beberapa tips tentang mengganti warna mobil agar tidak menyesal, namun semua kembali pada pemilik mobil, karena pertimbangan orang berbeda-beda dalam memilih warna mobil, hal ini sesuai dengan selera masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengganti Warna Mobil Agar Tidak Menyesal"

Poskan Komentar