Tips Mengetahui Kondisi Mesin dari Warna Busi

Ternyata warna busi pada kendaraan mengindikasikan kerja mesin, dengan kata lain kita dapat mengetahui kondisi mesin kita dengan melihat warna busi. Lalu apa hubungannya antara warna pada busi dengan kondisi mesin? Keduanya sangat berkaitan, namun sebelum kita membahas tentang cara mengetahui kondisi mesin dengan melihat warna busi, kita bahas terlebih dahulu berkaitan dengan busi.


Busi adalah komponen pada sistem pengapian yang fungsinya untuk menghasilkan percikan bunga api yang dikeluarkan diantara elektroda tengah dan elektroda sisi, percikan bunga api tersebut digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Dari mana asal percikan bunga api pada busi? Percikan bunga api pada busi berasal dari tegangan listrik yang tinggi yang dihasilkan oleh kumparan sekunder pada koil pengapian. Jika tegangan listrik dari koil pengapian berkurang dari keadaan normalnya maka kualitas percikan bunga api pada busi pun akan menurun dan berdampak pada kualitas pembakaran. Lalu dalam jangka waktu tertentu warna busi akan berubah, dari warna busi inilah kita dapat menentukan kondisi mesin. Lalu warna apa sajakah yang timbul pada busi dan apa pengaruhnya pada kondisi kerja mesin?
Berikut ini ulasannya.

Busi Berwarna Coklat atau Abu-Abu

Jika pada ujung insulator busi dan elektroda warnanya adalah kecoklatan atau abu-abu, maka jangan panik karena busi yang berwarna coklat atau abu-abu pada insulator dan elektrodanya menandakan bahwa mesin dalam kondisi kerja yang normal, selain itu penggunaan nilai panas pada busi tepat.

Busi Berwarna Putih Karena Kerak

Jika sobat menjumpai ada kerak yang berwarna putih yang menempel pada ujung insulator dan elektroda busi, maka hal itu menandakan ada yang tidak beres pada mesin sepeda motor. Ujung insulator dan elektroda busi yang berkerak putih menandakan adanya kebocoran oli pelumas yang masuk ke dalam ruang bakar. Sehingga oli pelumas tersebut ikut terbakar bersama dengan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Akibatnya muncul kerak-kerak berwarna putih pada elektroda busi. Untuk membuktikan apakah oli pelumas bocor cobalah cek ujung knalpot jika ada oli maka bisa dipastikan ada kebocoran pada pelumas mesin, segeralah bawalah ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mungkin juga penggantian komponen seperti ring piston.


Penyebab lain adalah penggunaan oli pelumas yang rendah. Solusinya adalah ganti oli pelumas yang berkualitas.

Busi Berwarna Hitam

Dan jika sobat melihat elektroda dan ujung insulator busi berwarna hitam maka ini menandakan campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya, selain itu bisa jadi ada kesalahan pengapian. Solusinya adalah setel kembali campuran udara dan bahan bakar pada karburator agar sesuai dengan kerja mesin. 

Sedangkan untuk kesalahan pengapian maka solusinya periksa tegangan pengapian pada kabel tegangan tinggi yang menghubungkan busi dengan koil pengapian. Jika solusi di atas sudah dilakukan namun pada ujung insulator busi dan elektroda tetap berwarna hitam maka solusi lainya adalah dengan menaikkan nilai dari panas busi.

Busi Berwarna Hitam dan Basah

Kondisi berikutnya adalah elektroda dan insulator berwarna hitam serta basah, ini juga menandakan ada masalah pada mesin sepeda motor, penyebabnya adalah adanya kebocoran oli pelumas atau kesalahan pada pengapian. 

Kebocoran pada oli pelumas selalu meninggalkan jejak berupa oli atau bekas basah pada elektroda busi atau juga pada ujung knalpot. Sedangkan warna hitam bisa disebabkan karena adanya kesalahan dalam pengapian.

Busi Berwarna Putih Mengkilat

Kondisi yang terakhir adalah ujung insulator busi berwarna putih mengkilat serta elektroda yang meleleh. Kondisi ini mengindikaskan waktu pengapian yang terlalu maju, sehingga menyebabkan overheating atau mesin terlalu panas, dan akibatnya elektroda menjadi meleleh karena kondisi mesin apalagi ruang bakar yang terlalu panas. Solusinya adalah dengan menyetel kembali waktu pengapian atau timing ignition, setel juga campuran udara dan bahan bakar agar sesuai dengan campuran ideal, lalu periksa juga sistem pendingingan (bagi yang menggunakan radiator), karena overheating mesin bisa disebabkan karena radiator yang bermasalah.

Namun jika sudah dicek dan diperbaiki dan masih tetap ada warna putih mengkilat pada ujung insulator dan lelehan elektroda, maka sebaiknya gantilah busi tipe dingin.
Selain dengan melihat pada busi, ternyata mendeteksi atau mendiagnosis kondisi mesin juga dapat dilakukan dengan cara melihat ujung knalpot, bagaimana caranya? Silahkan lihat artikel cara diagnosis mesin mobil dengan melihat ujung knalpot. Demikianlah tips mengetahui kondisi mesin dari warna busi, semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: