Tips Memilih Ban Luar dan Ban Dalam, Jangan Asal Pilih

Ban adalah komponen terpenting dalam kendaraan, tanpa ban maka mobil akan bergerak hanya menggunakan pelek saja, dan tentu ini sangat berbahaya. Oleh karena itu memilih ban untuk kendaraan sebaiknya tidak dilakukan dengan asal pilih saja, namun harus sesuai dengan prosedur.
  

Bagaimanakah jika seandainya mobil, motor atau kendaraan lain tidak memerlukan ban dan hanya berjalan dengan pelek? Tentu kendaraan tersebut akan berjalan dengan kasar dan tidak adanya daya cengkeram dengan permukaan jalan. Karena ban berfungsi untuk menahan berat total kendaraan, memindahkan gaya pengereman dan juga gaya gerak kendaraan ke jalan, ban juga berfungsi untuk mengontrol akselerasi, start, deselerasi, dan berbelok. Selain itu ban juga memiliki fungsi untuk mengurangi kejutan yang disebabkan karena permukaan jalan yang tidak rata. Maka dapat kita ketahui bahwa ban memiliki fungsi yang vital dalam kendaraan yang tidak dapat disepelekan. Dan pada artikel ini Guru Otomotif akan memberikan tips atau cara memilih ban luar dan ban dalam yang baik.

Sebelum kita bahas cara memilih ban dalam maupun ban luar, kita ingat lagi bahwa ban memiliki komponen diantaranya carcass, tread, sidewall, breaker, dan juga bead. Masing-masing komponen tersebut juga berperan dalam kita menentukan atau memilih ban. Jika sobat masih bingung dengan fungsi dan bentuk dari komponen tersebut maka sobat dapat membacanya di artkel fungsi dan komponen ban. Dan berikut ini tips-tips dalam memilih ban:

Tips Memilih Ban Luar

Dalam memilih ban harus didasarkan pada ukuran ban, kelas dan penggunaan ban luar yang didasarkan pada pola tread ban, karena ban memiliki pola tread ban yang fungsinya bermacam-macam, ban untuk keperluan offroad atau ban untuk kendaraan yang hanya digunakan di dalam kota saja tentu berbeda pola treadnya, silahkan baca artikel tentang macam-macam pola tread ban dan penggunaannya, selain itu memilih ban luar juga didasarkan pada hal-hal berikut ini:

Perhatikan Ketentuan dari Pabrik Pembuat Kendaraan

Setiap kendaraan pasti ada ketentuan lengkap tentang penggunaan jenis ban dari kendaraan tersebut, misalnya dari ukuran ban, jenis ban, pola tread ban, dan sebagainya. Maka perhatikanlah ketentuan tersebut, dan pilihlah ban berdasarkan ketentuan dari pabrik.

Anjuran dari Pabrik Ban Sebagai Pemilihan Tambahan

Selain memperhatikan ketentuan pada kendaraan, sobat juga dapat memilih ban berdasarkan anjuran dari pabrik ban atau asosiasi perusahaan ban. Atau bertanyalah kepada penjual ban tentang ban mana yang cocok dengan kendaraan yang digunakan.

Ikuti Petunjuk Pemakaian Ban Luar

Dalam memilih ban luar perhatikan petunjuk pemakaian ban luar, diantaranya:

Khusus ban dengan pola undirectional yaitu ban yang mempunyai pola tread seperti pada gambar di atas, maka pemasangan ban disesuaikan dengan arah putaran ban. Alur ke samping pada ban ini dibuat searah untuk meningkatkan kemampuan ban pada jalan yang basah, sehingga ban ini lebih mudah membuang air. Kemampuan ban ini di jalan basah menjadi tidak baik jika pemasangan arah bannya terbalik.

Tips Memilih Ban Dalam

Dalam memilih ban dalam, perhatikanlah tips dan prosedur pemilihan ban dalam berikut ini:


Ukuran Ban
Tekanan Udara (Kg/cm2) Ban Depan dan Belakang
10.0-20-14PR
6,75
10.0R20-14PR
7,25
11R22.5-14PR
7,00
11/70R22.5-14PR
8,00
11.1-20-16PR
7,00

Ukuran ban pada tabel di atas menggunakan kode ukuran ban, silahkan baca artikel cara membaca kode ukuran ban dan pelek.  Sehingga periksalah kode ukuran ban sobat lalu sesuaikan tekanan ban tersebut dengan ukuran ban.

Demikianlah artikel tentang tips memilih ban luar dan ban dalam, jangan asal pilih, semoga bermanfaat. 

Label: