Tips Beli Mobil Baru dan Bekas yang Aman

Membeli mobil pada saat sekarang ini sudah lebih mudah, baik beli mobil baru ataupun mobil bekas, apalagi dengan perkembangan teknologi informasi dimana orang tinggal membuka hp saja sudah bisa membeli mobil. Pengguna mobil pun saat ini sudah merambah ke desa-desa, jika dulu mobil hanya dimiliki oleh orang-orang kaya di kota, kini orang-orang desa pun sudah banyak yang memakai mobil, entah untuk berbisnis atau pun sekedar gaya hidup.


Dengan semakin banyaknya orang yang membeli mobil, maka jalanan pun kini ramai dengan mobil terlebih di kota-kota besar yang akhirnya menyebabkan kemacetan karena tidak diimbangi dengan pembuatan jalan baru atau buruknya sistem lalu lintas. Namun bagaimanapun banyaknya jumlah mobil tidak dapat distop karena industri mobil tetap berjalan, dan dengan begitu maka transaksi jual beli mobil pun semakin ramai, jika sobat termasuk salah satunya yang sedang ingin membeli mobil, maka ada baiknya sobat membaca artikel Guru Otomotif tentang tips membeli mobil baru dan bekas yang aman, agar sobat tidak salah dalam membeli mobil. Apa saja tipsnya? Mari kita bahas satu persatu.

Beli Mobil Berdasarkan Kebutuhan dan Anggaran

Seblum sobat membeli mobil, pastikan bahwa sobat telah mengetahui spesifikasi mobil yang dapat memenuhi keperluan sobat. Karena tidak sedikit orang membeli mobil hanya sekedar ikut-ikutan saja lalu pada akhirnya menyesal karena mobil yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan untuk apa mobil itu digunakan. Jika seperti itu maka yang rugi siapa kalau bukan diri sendiri karena seperti membuang uang saja.

Jadi tips pertama dalam membeli mobil baik mobil baru maupun bekas yaitu tentukan dulu mobil tersebut sesuai kebutuhan, misalnya jika mobil tersebut hanya dipakai untuk keluarga besar maka sobat dapat memilih mobil keluarga seperti Ki*ang In*va, Gran* L*vina, H*nda St*eam yang baru. Namun jika sobat menginginkan mobil berkelas dan terpandang maka bisa memilik mobil T*yota Alp*ard atau Ni*san Elg*and yang menjadi mobil premium dengan harga hampir mendekati 1 milyar. Sedangkan pada kelas menengah  ada banyak pilihan misalnya Su*uki Erti*a, Dai*atsu X*nia, T*yota A*anza, Dai*atsu Lux*o. Dalam memilih mobil selain didasarkan pada kebutuhan, juga harus dipastikan mobil tersebut sesuai dengan anggaran yang kita miliki.

Perhatikan Kondisi Mobil

Jika sobat sudah menentukan mobil yang hendak dibeli, maka tips berikutnya yaitu perhatikan kondisi mobil, terlebih mobil bekas, karena jika sobat membeli mobil baru maka tidak akan banyak permasalahan terkait dengan kondisi mobil, karena mobil baru sudah sudah bisa dipastikan kondisinya baik walaupun tetap harus di cek. Dalam membeli mobil baru sobat hanya perlu mempertimbangkan mobil yang akan dibeli tersebut mesinnya menggunakan bahan bakar diesel ataukah bensin. Memilih mobil bermesin diesel atau bensin sebaiknya dipertimbangkan dimana medan yang sering dilalui, jika medannya perkotaan sebaiknya memakai bensin, dan jika medannya adalah offroad yang penuh tanjakan dan jalan terjal maka sebaiknya memilih mobil bermesin diesel.

Baca Juga: Tips Membersihkan Kabin Mobil Agar Selalu Segar

Namun jika sobat membeli mobil bekas, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan, sebagai tips saat membeli mobil bekas ajaklah rekan atau saudara yang sudah faham atau seikit tahu tentang keadaan dan seluk beluk mobil yang hendak dibeli. Atau bisa juga dengan mencari tahu di internet misalnya, agar sobat tidak tertipu,

Survey Harga Mobil

Dalam membeli mobil pasti sobat menginginkan harga yang murah dengan kondisi mobil yang bagus. Sobat bisa survey harga mobil terlebih dahulu sebelum membeli mobil, baik mobil bekas maupun mobil baru. Karena harga mobil pada tiap dealer bisa jadi tidak sama. Begitupun pada mobil bekas, dan jangan tergiur dengan harga murah, karena bisa jadi mobil tersebut adalah bekas mobil yang kebanjiran, bacalah artikel tentang inilah ciri-ciri mobil bekas banjir. Untuk survey harga mobil sobat bisa melakukannya tanpa harus ke dealer satu persatu, sobat tinggal survey di toko online seperti ol*, bern*aga, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips beli mobil baru dan bekas yang aman, semoga artikel ini bisa membantu dan beranfaat. Yuk dishare.. Salam Otomotif!

Label: