Tips Agar Kuat Berkendara Jauh Ketika Berpuasa

Beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan 1437 Hijriyah, bulan puasa yang ditunggu-tunggu dan semoga kita semua dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan 1437 H nanti. Anggapan bagi sebagian orang tentang bulan puasa yang selalu lemas dan malas beraktivitas sangatlah keliru, sebab walaupun berpuasa namun kita harus tetap bisa untuk melakukan segala aktivitas seperti biasanya, termasuk salah satu diantaranya adalah berkendara. Dan bagi orang yang berkendara jauh baik dengan mobil atau sepeda motor memang diberi keringanan untuk tidak berpuasa dan menggantinya pada hari yang lain. Namun bagaimana halnya jika berkendara jauh tersebut adalah rutinitas kita misalnya karena jaraknya kantor atau tempat bekerja yang jauh, maupun karena memang pekerjaannya tidak lepas dari berkendara. Nah untuk itu beberapa tips berikut ini semoga dapat membantu sobat-sobat yang bekerja atau beraktivitas dengan berkendara jauh agar tetap kuat menghadapi puasa serta tidak lemas atau loyo setelahnya. Apa saja tips kuat berkendara jauh ketika berpuasa?


Hindari Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Jangan terlalu banyak memakan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi putih pada saat sahur. Sebab makanan berkarbohidrat tinggi akan memacu tubuh untuk mencerna makanan di dalam perut lebih keras, sehingga rasa kantuk bisa datang ketika sedang berkendara. Hal ini sudah umum terjadi seperti setelah makan nasi tubuh akan lebih mudah mengantuk. Dan terlebih jika perjalanan jauh dengan kendaraan itu dilakukan di pagi hari. Oleh karena itu makanlah secara tidak berlebihan, yakni sepertiga lambung untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk udara. Selain itu makanlah sayuran dan juga buah.

Kualitas Tidur yang Baik

Pada bulan puasa ada waktu sahur karenanya jam tidur sedikit bergeser walaupun bagi sebagian orang bangun di waktu-waktu sahur sudah terbiasa, untuk itu usahakan untuk tidur yang cukup dan berkualitas. Jangan tidur terlalu larut malam pada malam harinya agar ketika berkendara tidak mengantuk, lebih-lebih berkendara dengan mobil yang lebih nyaman. Jika sobat terbiasa dengan menonton tv sampai larut malam maka hindari kebiasaan tersebut. Tidur di awal waktu tentunya setelah melakukan ibadah tarawih dan witir. Jika dirasa belum bisa tidur maka bisa gunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat seperti membaca Al-Quran. 
Nah dengan tidur yang lebih awal di malam hari dapat membuat tubuh lebih segar di pagi harinya sehingga tubuh akan lebih siap untuk berkendara baik dengan sepeda motor atau mobil.

Hindari Minum yang Manis-Manis

Saat sahur hindarilah meminum minuman yang manis karena dapat membuat tubuh menjadi cepat haus. Lebih baik adalah meminum air putih secukupnya untuk melancarkan metabolisme dan juga mencegah tubuh kekurangan cairan. Karena saat berkendara di jalanan membutuhkan konsentrasi yang tinggi, terlebih bagi yang berkendara membawa muatan seperti truk dan kendaraan berpenumpang sepeti bis.

Jangan Paksakan Diri Jika Lelah

Jika sobat merasa lelah atau mengantuk jangan paksakan diri untuk meneruskan perjalanan atau berkendara, sebaiknya istirahatlah terlebih dahulu. Karena jika memaksakan diri berkendara ketika lelah apalagi mengantuk dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Maka langkah yang tepat adalah berhenti istirahat dulu dan jika memungkinkan dapat tidur dulu, tentu juga dengan mengamankan kendaraan dan barang bawaan lainnya. Setelah di rasa segar berwudhulah dan perjalanan dapat dilanjutkan kembali.

Itulah beberapa tips agar kuat berkendara jauh ketika berpuasa, dan bagi musafir atau yang melakukan perjalan jauh, ingatlah bahwa ada keringanan untuk tidak berpuasa pada saat melakukan perjalanan jauh (safar) dan kemudian menggantinya dengan berpuasa pada hari yang lain. Namun jika mampu untuk berpuasa maka silahkan berpuasa dan semoga tips di atas dapat membantu.
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Kuat Berkendara Jauh Ketika Berpuasa"

Poskan Komentar