Rahasia, Cara Diagnosis Mesin Mobil Hanya dengan Melihat Ujung Knalpot

Pada umumnya orang mendiagnosis atau memeriksa kondisi mesin mobil itu pasti dengan cara membawa mobilnya ke bengkel, atau dengan cara melakukan engine tune up sendiri jika bisa. Nah pada artikel ini Guru Otomotif akan memberikan sebuah rahasia besar, rahasia kok disebar? hehe.. rahasia apa? Rahasia bahwa mendiagnosis mobil ternyata dapat kita lakukan dengan hanya melihat ujung dari sebuah knalpot.  Jika selama ini kita hanya berpikiran bahwa knalpot hanya sekedar komponen yang berfungsi untuk menyalurkan gas buang hasil sisa pembakaran saja, yang panas, yang kotor, dan jarang dilirik apalagi dilihat ujungnya. Kini kita tidak bisa meremehkan knalpot lagi karena ternyata dari ujung knalpot inilah kita dapat mendiagnosis atau memeriksa kondisi dari mesin mobil. Kok bisa? Bagaimana caranya? Agar tidak penasaran dan agar rahasia ini semakin terungkap, bacalah artikel ini sampai selesai ya.


Bagaimana Cara Mendiagnosis Mesin Mobil dari Ujung Knalpot?

Cara ini termasuk unik namun dapat dijelaskan secara ilmiah, karena ini seperti seorang dokter yang mendiagnosis pasiennya. Dimana terkadang seorang dokter mendiagnosis pasien dengan melihat bagian tertentu dari tubuh (seperti mata, lidah, dll) untuk mengetahui gejala penyakit pasiennya. Teknik mendiagnosis dengan cara melihat ini juga dapat diterapkan ketika kita mendiagnosis kondisi mesin mobil, yaitu dengan melihat ujung knalpot. Lalu mengapa yang dilihat ujung knalpot? Kenapa bukan ujung busi misalnya? Karena knalpot adalah komponen yang paling berhubungan dengan ruang bakar dan sebagai saluran buang. Nah dengan melihat ujung knalpot ini lalu kita dapat menentukan jenis penyakit yang menimpa mobil tersebut. caraya adalah berdasarkan warna yang dihasilkan pada ujung knalpot. Berikut macam-macam warna hasil sisa pembakaran pada ujung knalpot.

Jika Ujung Knalpot Berwarna Keabu-Abuan

Semisal sobat melihat pada ujung knalpot bersih atau berwarna keabu-abuan, maka hal ini menandakan bahwa mesin mobil kondisinya masih baik. Komponen-komponen pada mesin mobil berfungsi dengan normal.


Knalpot yang berwarna keabu-abuan menandakan bahwa campuran bahan bakar dan udara serta kualitas pembakaran dalam kondisi yang bagus dan ideal. Selain warna keabu-abuan pada ujung knalpot, mesin mobil yang dalam kondisi baik biasanya ditandai dengan asap mobil yang tidak berwarna.

Jika Ujung Knalpot Berwana Hitam

Jika kita lihat ujung knalpot berwarna hitam, biasanya warna hitam tersebut juga diiringi kerak-kerak karbon yang menempel pada ujung knalpot. Adanya kerak-kerak karbon disebabkan karena pembakaran pada ruang bakar tidak sempurna. Mobil juga akan terasa lebih boros dari biasanya dan menjadi kurang bertenaga. Kemungkinan masalah dari pembakaran tidak sempurna adalah pada filter udara yang kotor sehingga udara yang masuk menjadi kotor. Dan campuran bahan udara yang kotor akan sulit dibakar secara sempurna.


Selain itu kemungkinan masalah yang lain adalah pada sistem pengapian, seperti misalnya kondisi busi yang sudah jelek atau juga aki yang tekor. Karena aki tekor dapat mempengaruhi tegangan pada sistem pengapian. Aki yang tekor menyebabkan tegangan yang dihasilkan sistem pengapian juga lemah akibatnya kualitas percikan api pada busi menurun dan berpengaruh pada proses pembakaran yang tidak sempurna. Jika proses pembakaran tidak sempurna maka ada partikel-partikel bahan bakar yang belum terbakar dan terbuang melalui knalpot sehingga menghasilkan kerak-kerak yang menempel di ujung knalpot.

Jika Ada Rembesan Oli di Ujung Knalpot

Ketika kita melihat ujung knalpot dan mendapati adanya rembesan oli pada ujung knalpot, maka ada masalah pada mesin. Kondisi ini bisa disebabkan karena kerusakan seal katup, ring piston, bisa juga karena adanya baret pada dinding silinder. Yang semua kemungkinan tersebut mengarah pada masalah masuknya oli ke ruang pembakaran.


Kondisi ini dibarengi dengan munculnya asap putih ketika mesin atau mobil dihidupkan. Masalah ini akan berdampak fatal jika mesin terus dibiarkan, karena oli pada mesin akan habis, jika oli mesin habis maka komponen pada mesin bisa rontok karena tidak ada pelumasan. Maka untuk memperbaikinya kita bisa memeriksa seal katup dan ring piston karena komponen tersebut sering menjadi penyebab dari masalah ini. Dan jika memang rusak maka sebaiknya ganti komponen tersebut sebelum kerusakan merembet ke komponen yang lain.

Baca Juga: Tips Berkendara di Jalanan Berkabut

Jika Ada Percikan Kotoran di Ujung Knalpot

Percikan kotoran yang keluar pada ujung knalpot ini biasanya berupa besi karat yang bentuknya seperti kapas terbakar. Hal ini terjadi ketika mesin mobil berjalan atau digas pada rpm yang tinggi. Jika terjadi hal ini, maka penyebabnya adalah saringan knalpot yakni muffler telah keropos karena berkarat. Serpihan-serpihan karat dan peredam glasswool yang berada di dalam muffler terlepas dan keluar bersama asap knalpot.


Adanya percikan serpihan kotoran pada ujung knalpot ini biasanya disertai dengan bunyi berisik pada knalpol. Cara memperbaikinya adalah jika knalpot sudah terlalu banyak keropos maka sebaiknya ganti knalpot yang baru.

Jika Ujung Knalpot Mengeluarkan Percikan Air

Kondisi yang terakhir ini adalah ujung knalpot mengeluarkan percikan air, jika hal ini terjadi maka jangan panik karena kondisi ini adalah kondisi yang wajar. Karena adanya percikan air pada ujung knalpot itu bukanlah dari mesin melainkan karena efek kondensasi atau embun pada knalpot. Dan jika suhu pada pipa atau muffler knalpot naik biasanya percikan air juga akan hilang. Adanya percikan air pada ujung knalpot juga menandakan bahwa saluran pipa knalpot bersih dari kerak atau oli bocor.


Namun yang menjadi masalah adalah jika percikan air tersebut terjadi terus menerus walaupun kondisi knalpot panas, mengapa? Karena bisa jadi ada kebocoran pada paking kepala silinder yang kemudian menyebabkan air radiator bocor dan masuk ke ruang bakar atau silinder. Dampaknya lama-kelamaan dapat merusak mesin karena dinding silinder terjadi korosi.

Baca Juga: Tips Merawat Bodi Mobil dengan Mudah

Bagaimana? Asyik kan mendiagnosis mobil dengan cara melihat ujung knalpot, sekarang rahasia terlah terbongkar. Dan silahkan bagikan rahasia ini ke orang lain agar lebih bermanfaat dan menjadi bukan rahasia lagi. Hehe. Demikianlah artikel tentang rahasia, cara diagnosis mesin mobil hanya dengan melihat ujung knalpot, semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: