Penyebab Motor Knocking atau Detonasi dan Solusinya

Sudahkah sobat mengetahui pengertian dari knocking? Knocking adalah nama yang biasa dipakai untuk istilah detonasi. Knocking atau detonasi adalah keadaan dimana campuran bahan bakar dan udara di dalam mesin terbakar lebih awal sebelum waktu penyalaan yang seharusnya. Atau bisa disebut juga penyalaan dini pada mesin. Semisal waktu penyalaan mesin atau timing ignition yang seharusnya adalah antara 8 sampai dengan 10 derajat sebelum piston mencapai Titik Mati Atas (TMA), maka jika campuran udara dan bahan bakar sudah terbakar sebelum waktu penyalaan tersebut, maka akan muncul getaran atau suara ngelitik pada mesin. Lalu apa saja penyebab motor knocking atau detonasi? Dan bagaimana solusinya agar tidak muncul knocking pada mesin motor?


Gejala knocking atau detonasi sendiri sebetulnya adalah gejala umum yang sering dialami oleh siapa saja, baik sepeda motor maupun mobil dengan segala merk atau tipe, mesin ber CC besar ataupun kecil, semuanya memiliki potensi terjadinya gejala knocking. Namun di artikel yang Guru Otomotif bahas disini adalah khusus untuk sepeda motor.

Ciri Mesin Mengalami Detonasi atau Knocking

Ciri-ciri mesin yang mengalami knocking baik pada motor maupun mobil diantaranya adalah adanya suara ngelitik di mesin motor yang cukup keras, selain itu ada getaran pada mesin yang seirama dengan suara ngelitik tadi. Suara ngelitik dan getaran pada mesin ini muncul akibat penyalaan dini campuran bahan bakar dan udara di dalam mesin, campuran tersebut menyala sendiri sebelum waktunya. Penyalaan dini tersebut membuat siklus pembakaran menjadi tidak tepat. Pada mesin yang normal pembakaran terjadi hanya sekali dalam satu siklus mesin. Silahkan baca artikel tentang cara kerja motor 4 tak dan 2 tak.

Dengan adanya detonasi atau knocking pada mesin, maka mengakibatkan terjadinya beberapa kali pembakaran dalam satu siklus. Hal ini berakibat pada timbulnya gelombang tekanan dalam ruang bakar yang sangat drastik serta tidak teratur. Akibatnya muncul getaran pada mesin disertai suara mengelitik.

Penyebab Mesin Mengalami Knocking

Terjadinya knocking ada beberapa faktor. Maka jika sepeda motor sobat mengalami knoking atau detonasi, periksalah komponen-komponen berikut ini, dan alangkah baiknya lagi untuk membawa sepeda motor ke bengkel terdekat. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya knocking pada mesin sepeda motor.

Nilai Oktan Bahan Bakar

Karena knocking atau detonasi terjadi pada proses pembakaran, maka terjadinya gejala knocking tidak terlepas dari bahan bakar. Knocking atau detonasi bisa disebabkan karena nilai oktan bahan bakar terlalu rendah. Hal ini seperti misalnya mesin diesel yang berbahan bakar solar lalu kita isi dengan bensin, maka bensin akan cepat terbakar sebelum waktunya. Maka begitupula pada motor bensin, memilih bahan bakar yang bernilai oktan terlalu rendah. Solusinya adalah pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Apakah harus menggunakan bahan bakar bensim premi*m, pertama*, pertama* plus, dan sebagainya.

Mesin yang Overheating

Knocking juga bisa disebabkan karena tekanan dan suhu mesin yang terlalu tinggi (overheating). Panas yang berlebih atau overheating pada mesin menyebabkan bahan bakar lebih cepat menguap dan mudah terbakar dengan sendirinya yang berujung pada knocking. Oleh karena itu jika mesin sepeda motor mengalami panas berlebih misal karena perjalanan jauh, maka istirahatlah dahulu sambil mendinginkan mesin. Overheating juga ada penyebabnya, silahkan baca penyebab motor overheating dan cara mengatasinya.

Saringan Udara Kotor

Penyebab knocking yang lain yaitu saringan udara pada karburator yang kotor, hal ini menyebabkan udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bersih dan terkadang ada partikel-partikel yang ikut terbawa masuk ke ruang bakar. Adanya partikel tersebut lalu menempel pada butiran-butiran campuran bahan bakar dan udara akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Masih ada butiran bahan bakar yang menempel di ruang bakar yang sewaktu-waktu akan terbakar.

Demikianlah artikel tentang penyebab motor knocking atau detonasi dan solusinya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Yuuk dishare. Salam Otomotif!

Label: