Penyebab Bohlam Lampu Mobil Cepat Putus dan Solusinya

Lampu mobil adalah salah satu komponen dalam sistem penerangan pada mobil. Sistem penerangan ini sangat penting karena membantu pengemudi untuk dapat mengemudikan mobilnya ketika malam hari atau ketika cuaca gelap akibat mendung. Selain itu sistem penerangan yaitu lampu depan dan belakang mobil juga berfungsi untuk keselamatan karena dengan lampu tersebut dapat memberitahukan tentang keberadaan mobil kita kepada pengendara lain baik yang berada di depan maupun belakang mobil kita. Dan ketika lampu mobil tersebut mati entah karena rusak pada alur kelistrikannya atau rusak karena bohlam lampunya, tentu sangat mengganggu terlebih jika mau dipakai berkendara di malam hari. Dan lebih mengganggu lagi jika ternyata lampu mobil tersebut cepat mati akibat bohlamnya yang cepat putus. Lalu apa sih penyebab bohlam lampu mobil bisa cepat putus atau mati? Dan bagaimana solusi mengatasinya?


Jika penyebab matinya lampu mobil adalah karena bohlamnya, maka biasanya filamen bohlam lampu tersebut putus, dan ini yang akan Guru Otomotif bahas dalam artikel ini, karena tidak semua lampu mobil mati disebabkan karena bohlam lampu, bisa jadi karena adanya jaringan kabel kelistrikan lampu yang putus, atau penyebab lain di sistem kelistrikan. Untuk itu coba cek terlebih dahulu kondisi bohlam lampunya. Dan jika ternyata memang karena bohlam lampunya, cobalah ganti dengan bohlam lampu yang baru lagi. Namun jika ternyata setelah bohlam lampu diganti tidak lama kemudian lampu mati lagi dan bohlam rusak kembali, maka ada masalah yang harus segera diperbaiki. Apa saja penyebab bohlam lampu mobil tersebut sering putus? Berikut akan coba Guru Otomotif bahas pada artikel ini.

Kualitas Bohlam Lampu yang Jelek

Bohlam lampu yang sering rusak atau putus bisa disebabkan karena kualitas dari bohlam lampu itu sendiri yang jelek dan tidak berkualitas. Bohlam lampu yang harganya murah biasanya tidak tahan dengan panas sehingga filamennya mudah putus, dan bahkan bisa jadi umur bohlam lampu yang kualitas rendah hanya 3 jam pakai saja.

Umur bohlam lampu berbeda-beda dan sangat ditentukan oleh pabrik tempat membuatnya. Semisal ada bohlam lampu yang memiliki pemakaian 4000 jam, jika rata-rata dalam sehari dipakai selama 4 jam maka umur pemakaian dari bohlam lampu tersebut adalah 3 tahun. Itu dalam kondisi yang ideal dan biasanya dituliskan pada bungkus bohlam lampu yang kita beli. Namun pada kondisi yang real terkadang berbeda karena ada banyak faktor. Namun meskipun begitu sebaiknya dalam memilih bohlam lampu usahakan pilih yang berkualitas, jangan tergiur dengan harga yang murah dan perhatikan kualitasnya.

Tegangan Kelistrikan Terlalu Tinggi

Penyebab lain sering putusnya bohlam adalah tegangan pada kelistrikan yang terlalu tinggi, untuk memastikannya maka sobat dapat memeriksa tegangan kelistrikan dengan multimeter atau voltmeter. Jika tegangannya terlalu tinggi atau juga terlalu rendah, telusuri pada komponen lain seperti aki, apakah akinya sudah drop. Kemudian regulator dan juga rangkaiannya. Dan ini sering terjadi pada mobil-mobil dengan sistem yang konvensional. Kerusakan yang diakibatkan pada tegangan kelistrikan yang terlalu tinggi biasanya tidak terjadi pada satu lampu saja, tapi banyak karena tegangan kelistrikannya pasti sama antara lampu sebelah kanan atau kiri.

Soket Lampu yang Kendor atau Kotor

Penyebab lain bohlam lampu yang sering putus adalah pada soket lampu yang kendor atau mungkin kotor. Soket lampu yang kendor dapat menyebabkan panas yang terlalu berlebih pada lampu sehingga lampu akan mudah rusak atau putus. Soket lampu yang kotor juga mengakibatkan suplai listrik ke lampu menjadi terhalang atau nilai resistansinya bertambah. Untuk itu periksa juga kondisi soket lampu mobil dan bersihkan secara berkala.

Penyebab Lain

Selain ketiga penyebab di atas, ada penyebab lain kenapa bohlam lampu sering putus diantaranya faktor cuaca terlalu panas atau juga karena goncangan yang berlebih akibat kondisi jalanan yang jelek, juga dapat mempengaruhi. Pada intinya cek ketiga penyebab di atas terlebih dahulu. Dan oleh karena itu sebaiknya sobat menyediakan multimeter pada mobil untuk keadaan-keadaan darurat yang berkaitan dengan sistem kelistrikan.

Itulah beberapa penyebab bohlam lampu mobil cepat putus dan solusinya, mungkin dari sobat ada yang mau menambahkan berdasarkan pengalamannya? Yuk disharekan di mari melalu komentar di bawah ini. Agar menambah pengetahuan pembaca yang lain. Semoga ulasan artiel ini bermanfaat. 

Label: