Pengertian Sumber Listrik AC dan DC pada Sistem Penerangan Sepeda Motor

Sepeda motor pasti memerlukan sumber listrik untuk mensuplai bahan bakarnya ke seluruh sistem yang membutuhkan kelistrikan, semisal sistem penerangan, sistem pengapian, dan sebagainya. Sedangkan pada sistem penerangan ada beberapa sumber listrik yang digunakan. Ada sumber listrik AC dengan pengontrolan pada main switch atau saklar utama, sumber listrik AC dengan pengontrolan pada regulator, ada sumber listrik AC dan DC dengan pengontrolan pada lamp switch atau saklar lampu, dan terakhir sumber listrik DC. Masing-masing pengertian sumber listrik pada sistem penerangan tersebut akan Guru Otomotif bahas satu persatu.



Sumber Listrik AC dengan Pengontrolan pada Saklar Utama

Sumber listrik AC pada sistem penerangan yang menggunakan pengontrolan pada saklar utama hampir semuanya menggunakan arus listrik AC, terkecuali pada komponen sistem peringatan seperti lampu sein. Sumber listrik AC model seperti ini banyak diaplikasikan pada motor kecil yang menggunakan flywheel magnet. Berikut ini gambar rangkaian sistem penerangan dengan sumber listrik AC dan memakai pengontrolan pada saklar utama.


Lampu-lampu pada gambar di atas, akan menyala jika mesin sedang hidup dengan posisi saklar utama pada nomor II atau nomor III. Pada sistem ini tidak ada pengaturan arus dan tegangan keluar dari flywheel magnet. Dan karena itu, jika pada kecepatan rendah output listriknya terbatas dan lampu menyala agak redup. Dan sebaliknya pada kecepatan tinggi lampu akan cenderung lebih terang.

Sumber Listrik AC dengan Pengontrolan pada Regulator

Sumber listrik AC pada sistem penerangan dengan pengontrolan pada regulator adalah tipe yang juga banyak dipakai pada sepeda motor saat ini. Arus dan tegangan yang keluar dari sumber listrik AC tersebut dipakai untuk lampu kepala, lampu belakang, lampu rem, lampu dashboard dan sebagainya. Berikut ini gambar rangkaian sistem penerangan dengan sumber listrik yang dikontrol regulator:


Tegangan pada lampu-lampu dikontrol oleh regulator sehingga dapat memperpanjang umur pemakaiannya.

Sumber Listrik AC dan DC dengan Pengontrolan pada Saklar Lampu

Pada sistem penerangan sistem ini memakai sumber listrik DC dari baterai untuk lampu sein, lampu dashboar dan lampu belakang. Sumber listrik AC dipakai untuk lampu kepala. Rangkaian dari sistem penerangan dengan sumber listrik AC dengan pengontrolan pada saklar utama adalah sebagai berikut:


Pengontrolan lampu-lampu dilakukan secara terpisah pada saklar lampunya. Pada lampu sein, lampu dashboard, lampu belakang dapat dihidup-matikan dengan saklar utama seperti pada gambar di atas.

Sumber listrik DC

Sistem penerangan dengan sumber listrik DC saat ini banyak dipakai pada sepeda motor ukuran sedang sampai sepeda motor besar. Semua lampu-lampu atau sistem penerangan sumber listriknya berasal dari baterai. Dan jika pada putaran tinggi, daya listriknya dapat langsung digunakan untuk sistem penerangan karena semua output listriknya sudah dalam arus DC. Itulah salah satu kelebihan dari sistem penerangan dengan sumber listrik DC.


Setelah mengetahui macam-macam sumber listrik pada sistem penerangan, lalu tipe apakah yang digunakan pada sumber listrik sistem penerangan dari motor Sobat?  yuk share artikel pengertian sumber listrik AC dan DC pada sistem penerangan sepeda motor, semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: