Pengertian dan Manfaat Tune Up Sepeda Motor

Pernah kita mendengar atau membaca mungkin di brosur atau papan pengumuman tentang tune up sepeda motor gratis misalnya ketika musim mudik dan semisalnya. Atau ketika kita baru saja membeli sepeda motor baru mungkin juga mendapatkan bonus tune up sepeda motor setelah kilometer tertentu. Lalu tahu kah kita apa itu tune up sepeda motor? Apakah tune up sepeda motor itu sama seperti servis sepeda motor?. Untuk mejawab itu, artikel Guru Otomotif kali ini akan sedikit mengulas tentang pengertian dari tune up sepeda motor.


Tune up sepeda motor adalah kegiatan perawatan pada sepeda motor yang bertujuan untuk membuat kondisi kerja sepeda motor menjadi optimal. Kegiatan-kegiatan pada tune up sepeda motor meliputi pemeriksaan komponen-komponen pada sepeda motor, perawatan, perbaikan dan penyetelan komponen sepeda motor. Apakah begitu penting tune up pada sepeda motor itu? Sangat penting dan sepeda motor sebaiknya perlu di tune up secara rutin.

Kenapa Sepeda Motor Perlu di Tune Up?

Sepeda motor perlu di tune up karena seiring lamanya pemakaian sepeda motor, pada akhirnya sepeda motor akan mengalami kondisi yang lelah dan keausan pada beberapa komponennya seperti pada mesin, transmisi, kelistrikan, rangka dan lain-lain, sehingga akan mengurangi kinerja dari mesin tersebut.

Dengan tune up maka penyakit-penyakit pada sepeda motor dapat disembuhkan, beberapa penyakit tersebut diantaraya seperti tenaga mesin yang menurun, akselerasi mesin yang melambat, konsumsi bahan bakar yang boros, dan penyakit lainnya yang mana jika penyakit tersebut tidak segera di atasi maka dapat merembet atau berlanjut pada kerusakan beberapa komponen di sepeda motor. Dan jika terlambat penanganannya tentu akan membutuhkan biaya untuk memperbaiki yang lebih mahal agar kinerja dari sepeda motornya dapat kembali ke kondisi semula. Dan oleh karena itu tune up juga dapat kita analogikan dengan medical check up, di mana medical check up juga sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan pada tubuh dan kemudian mengobatinya agar kondisi tubuh lebih fit.

Apa Saja yang dilakukan Pada Kegiatan Tune Up Sepeda Motor?

Tune up pada sepeda motor adalah kegiatan yang dilakukan secara berkala dan tidak harus seminggu sekali. Kegiatan di tune up sepeda motor meliputi:
  1. Pemeriksaan komponen-komponen pada sepeda motor untuk memastikan bahwa komponen tersebut masih berfungsi dengan normal.
  2. Membersihkan komponen-komponen yang kotor agar debu-debu, kerak maupun kotoran lain tidak merusak komponen tersebut dan sistem yang ada.
  3. Penyetelan kompoen yang berubah (tidak sesuai dengan standarnya), agar komponen tersebut dapat kembali lagi dan sesuai dengan standar atau spesifikasinya. Misalnya adalah penyetelan waktu pengapian (timing ignition) dan penyetelan lainnya.
  4. Memperbaiki dan jika perlu mengganti komponen-komponen pada sepeda motor yang telah rusak atau aus dimana keausannya telah melebihi limit yang ditentukan.

Apa Untungnya Melakukan Tune Up Sepeda Motor?

Tentu bukan hal yang sia-sia jika kita teah merelakan waktu dan biaya untuk melakukan tune up sepeda motor, karena dengan kegiatan tune up sepeda motor maka akan diperoleh beberepa keuntungan yaitu:
  1. Usia atau umur dari komponen maupun kendaraan itu sendiri menjadi lebih lama. Karena komponen-komponen yang ada dicek secara rutin.
  2. Konsumsi bensin menjadi lebih hemat atau irit.
  3. Tenaga atau power mein menjadi optimal.
  4. Dengan kondisi mesin yang optimal maka akan dihasilkan kadar emisi gas buang pada sepeda motor yang lebih rendah.

Itulah pengertian dan manfaat tune up sepeda motor, bukan sesuatu yang sia-sia atau buang-buang duit jika kita rela melakukan tune up sepeda motor di bengkel, karena dengan tune up kondisi dari sepeda motor kita terjaga dan juga terhindar dari kerusakan yang lebih parah lagi jika seandainya tidak dilakukan tune up. Jadi jangan tunggu sepeda motor rusak baru diperbaiki. Karena alangkah lebih baik menjaga dari pada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat. Yuuk bagikan jika bermanfaat.
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Tune Up Sepeda Motor"

Poskan Komentar