Mobil Anda Berwarna Putih? Begini Cara Merawat Mobil Warna Putih

Mobil dengan warna putih sangat banyak disukai masyarakat, walaupun tidak semuanya menyukai mobil warna putih karena khawatir akan cepat kotor dan susah dalam perawatannya, namun ternyata tetap saja kita melihat banyak mobil warna putih berseliweran dijalanan, bahkan sepeda motor saat ini juga banyak yang berwarna putih khususnya motor-motor sport atau motor laki-laki.


Banyak alasan orang dalam membeli atau menyukai mobil berwarna putih, ada yang beralasan bahwa warna putih melambangkan kesucian, atau karena warna putih mengindikasikan pemiliknya suka kebersihan, dan sebagainya. Namun merawat mobil dengan warna putih harus dilakukan dengan benar, karena jika tidak dirawat dengan baik dan benar akan menimbulkan beberapa masalah. Dan pada artikel ini Guru Otomotif akan membahas beberapa cara merawat mobil berwarna putih. Bagaimana cara merawat mobil berwarna putih? Berikut tipsnya:

Cara Merawat Mobil Warna Putih

ada beberapa faktor yang dapat merusak cat pada mobil yang berwarna putih, faktor-faktor dan cara merawat mobil berwarna putih yang baik adalah sebagai berikut:

Hindari Memarkir Mobil di Tempat Panas

Mobil dengan warna putih jika terpapar sinar matahari langsung yang sangat terik dan secara terus-menerus maka akan menimbulkan potensi rusaknya cat warna putih. Maka cara merawat mobil berwarna putih paling mudah adalah dengan menghindari memarkir mobil berwarna putih pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Dan sebaiknya parkirlah mobil pada tempat yang teduh misalnya di bawah pohon-pohon yang rindang atau tempat yang beratap yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
Namun jika tidak dapat menemukan tempat yang teduh, maka sobat dapat membungkus atau menutup mobil dengan cover atau penutup mobil yang tersedia banyak di toko-toko aksesoris mobil. Cara ini juga sekaligus mencegah debu melekat pada bodi mobil, sehingga tidak sekedar melindungi bodi mobil dari sinar matahari saja.

Bilas Mobil Setelah Hujan-Hujanan

Ini yang jarang diketahui orang, air hujan ternyata dapat merusak cat mobil yang berwarna putih. Air hujan mengandung  senyawa asam yang dapat menyebabkan cat mobil yang berwarna putih menjadi kusam dan bahkan sampai berkarat. Bekas air hujan terkadang meninggalkan bekas berupa bercak-bercak dan membuat cat putih pada mobil menjadi kekuningan.



Selain itu lumpur yang terciprat dari jalanan yang menempel pada bodi mobil berwarna putih dapat menyebabkan noda yang sulit dibersihkan apabila sudah mengering. Oleh karena itu jika mobil berwarna putih terguyur hujan, maka sebaiknya setelah itu segera dibilas dengan air bersih dan jika perlu langsung dicuci.

Jangan Mencuci Ketika Mobil Panas atau di bawah Sinar Matahari Langsung

Mencuci mobil dalam kondisi mobil masih panas atau mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung akan membuat sampo mobil yang dioleskan menjadi lebih cepat menguap. Akibatnya sampo tadi akan meninggalkan bercak sampo yang mengering dan menjadi susah dibasuh.  Dan apabila tidak tahu ada bercak bekas sampo dan dibiarkan dalam waktu lama akan membuat warna cat putih pada mobil menjadi kurang mengkilap.

Keringkan Mobil dengan Kain Berdaya Serap Tinggi

Mobil dengan warna putih rawan terhadap kotoran dan bekas air sisa bilasan ketika mencuci mobil. Oleh karena itu sebaiknya setelah mencuci, sisa-sisa air yang menempel pada bodi mobil segera dikeringkan dengan lap atau kain yang mempunyai daya serap tinggi. Hal ini bertujuan agar semua sisa-sisa air dapat terserap secara optimal.

Baca Juga: Penyebab Cat Motor Pudar dan Kusam dan Solusinya

Rawat Bodi Mobil dengan Wax

Jika ada anggaran lebih, maka sobat dapat melakukan perawatan tambahan pada mobil yang berwarna putih agar mobil tetap mengkilap dan terjaga catnya. Caranya adalah dengan memoles bodi mobil setelah selesai mencuci dengan wax. Ada dua jenis wax yang biasanya dipakai, yaitu cleaner wax dan waxes. Cleaner wax berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa oksidasi yang ditimbulkan dari proses pencucian mobil. Kemudian setelah selesai cleaner wax dilanjutkan dengan melapisi bodi mobil dengan waxes yang berfungsi untuk membuat bodi mobil tetap mengkilap atau kinclong.
Demikianlah artikel tentang mobil anda berwarna putih? begini cara merawat mobil warna putih, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita, yuuk dishare. Salam Otomotif!

Label: